9 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Kamu Tanam Sejak Dini

Ilustrasi orang sedang membaca majalah bisnis
9 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Kamu Tanam Sejak Dini. Photo by @austindistel
Waktu baca: 3 menit

Di zaman serbacanggih dan praktis seperti sekarang kamu bakal lebih mudah mewujudkan impian. Buktinya bisa kamu lihat dari jumlah wirausaha nasional yang sudah mencapai lebih dari 8 juta orang (data dari Kemenperin pada 2018).

Namun, menjadi wirausaha atau entrepreneur butuh pengorbanan juga. Maka dari itu sebelum memulai, disarankan untuk mempelajari faktor keberhasilan wirausaha sebagai salah satu langkahnya. 

Faktor-faktor yang bikin wirausaha sukses

Ilustrasi dua orang sedang berdiskusi
Faktor keberhasilan wirausaha. Photo by Pexels

Ketika ditanya apa yang bikin wirausaha sukses atau berhasil, apa jawaban yang terlintas dalam benakmu? Pasti ada yang menjawab biaya, ada juga yang bilang keberuntungan. Namun, masih ada faktor-faktor lain yang perlu kamu ketahui dan bakal dibagikan dalam artikel ini!

Baca juga: Inilah Tips dan Trik Sukses Jadi Reseller Baju Online Tanpa Modal Bagi Pemula

  1. Wawasan dan skill berwirausaha

Ketika hendak mempelajari sesuatu, kamu pasti harus tahu materi dasarnya, bukan? Hal ini berlaku juga buat wirausaha. Kewirausahaan membutuhkan wawasan dalam membangun usaha, mengelola finansial, hingga menjaga stabilitas keuntungan.

Selain itu, disarankan juga buat mengembangkan skill atau keterampilan yang berhubungan dengan wirausaha. Misalnya strategi pemasaran, alokasi modal, perhitungan kas, sampai pembukuan.

  1. Berani ambil tindakan dan risiko

Kalau pengin jadi wirausaha sukses, berarti kamu tidak boleh jadi penakut! Keberanian mengambil tindakan dan risiko menjadi faktor keberhasilan wirausaha yang harus kamu perhatikan baik-baik. Pasalnya berani dalam hal ini tetap membutuhkan pertimbangan matang.

Tujuannya adalah menekan kemungkinan-kemungkinan yang berpotensi menimbulkan kerugian besar tanpa menghalangi prospek bagus buat perkembangan usahamu.

  1. Mampu berinovasi dan berkreasi

Kreativitas dan inovasi adalah dua kunci sukses yang kamu perlukan mengingat persaingan dalam berwirausaha sangat tinggi. Sebagai contoh, kamu yang pengin punya usaha retail sebaiknya tak hanya fokus di satu produk seperti pakaian.

Kembangkan ke produk-produk lain yang masih punya hubungan dengan pakaian, misalnya kaus kaki, sepatu, dan aksesori. Langkah ini dijamin bakal membuat pelanggan setia, sebab mereka tak akan repot mencari item lain di usaha pesaingmu.

  1. Cerdas menghadapi berbagai situasi

Menjalankan usaha memang penuh rintangan, tetapi hambatan ini yang justru akan mengasah wirausaha agar cepat mencapai tujuannya. Oleh karena itu, kamu harus cerdas dalam menghadapi berbagai situasi, dari modal terbatas, penurunan pelanggan, dan tren yang ditinggalkan.

Punya banyak pelanggan juga bisa jadi ‘ujian’, sebab kamu harus pandai mempertahankan kepercayaan mereka. Tanpa faktor ini, usahamu akan cepat gulung tikar alias bangkrut.

  1. Kemampuan kerja sama dengan tim

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah mampu bekerja dengan tim. Ya, dalam membangun dan mengembangkan usaha, kamu memerlukan bantuan orang lain, apalagi buat mengurus hal-hal yang belum kamu kuasai.

Kerja sama tim sangat penting, baik untuk usaha skala kecil dan besar. Selain itu, kamu juga bakal dilatih buat tidak egois dan mampu memahami pemikiran anggota lain untuk menggerakkan usaha bersama.

  1. Kenali usaha dan target konsumen

Punya niat berwirausaha tanpa mengenali usaha dan target konsumen tak bakal mengundang keuntungan dan bikin usaha jalan di tempat. Untuk itu, disarankan buat mempelajari produk (barang atau jasa) dan jenis audiensi yang sekiranya membutuhkannya.

Dari sini, kamu bakal lebih mudah menentukan strategi pemasaran, termasuk memanfaatkan media sosial yang kini sudah dilengkapi berbagai fitur buat menargetkan konsumen sesuai faktor-faktor yang diperlukan.

  1. Disiplin menjalankan usaha

Menjadikan disiplin sebagai budaya kerja terdengar mudah, padahal tak semua orang mampu menerapkannya. Akan tetapi, bukan tak mungkin kamu bisa melatih diri agar disiplin mengatur usaha yang sedang dirintis.

Selain buat kamu, disiplin juga sebaiknya ditanamkan pada karyawan-karyawan yang bekerja di bawah pengawasanmu. Tanpa faktor keberhasilan wirausaha ini, kamu justru bakal susah mencapai tujuan dan menghambat kegiatan operasional.

  1. Tak mudah menyerah 

Produk tak lagu, susah balik modal, sampai dimarahi klien adalah segelintir hambatan yang sering kali menurunkan semangat wirausaha. Namun, seperti yang sudah disebutkan, rintangan-rintangan ini yang akan melatihmu supaya lebih tangguh dan siap saat menghadapi cobaan yang lebih berat. Di sisi lain, kamu juga berhak mengambil jeda atau istirahat sambil mempersiapkan diri untuk mengatasi masalah dalam usahamu.

  1. Asah jiwa kepemimpinan

Sebagai wirausaha, kamu punya tanggung jawab besar terhadap usaha maupun karyawan yang bekerja. Walau dalam prosesnya kamu bakal sering menemukan kesulitan, bukan berarti kamu tak bisa mengasah jiwa kepemimpinan.

Bukan cuma membantu karyawan mengerjakan tugas-tugasnya, kepemimpinan yang menentukan arah usaha yang sedang kamu rintis. Bayangkan kalau kamu tak punya skill ini, usahamu pasti cepat berantakan dan mudah disalip kompetitor.

Itulah sembilan faktor keberhasilan wirausaha yang perlu kamu tahu saat hendak memulai usaha. Jangan lupa berdoa dan meminta restu dari orang-orang terdekat supaya jalanmu berkah, ya!

Artikel Lainnya