Begini Caranya Membuat Akun Bisnis di WhatsApp untuk Komunikasi Bisnismu

akun bisnis WA
Begini Caranya Membuat Akun Bisnis di WhatsApp untuk Komunikasi Bisnismu. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Permasalahan utama pelaku bisnis salah satunya adalah mencari komunikasi yang paling cepat, lancer dan efektif ke konsumennya. Komunikasi yang baik tentunya akan memperlancar transaksi.

Namun, faktanya banyak pelaku bisnis yang masih kewalahan untuk menanggung komunikasi dengan konsumennya. Hal ini dikarenakan banyaknya pesan yang datang dari pihak konsumen, namun terbatasnya kapasitas untuk menjawabnya dengan efektif.

Canggihnya teknologi kian memberikan segala macam solusi untuk permasalah, salah satunya dengan memperlancar komunikasi antara pebisnis dan juga pelanggan.

Aplikasi WhatsApp menyediakan layanan khusus untuk pelaku usaha dengan memberikan layanan akun bisnis.

Lalu apa sebenarnya akun bisnis tersebut? Dan bagaimana cara bikin akun bisnis di WA dan apakah akun bisnis dapat membantu bisnis yang dijalankan menjadi lebih baik?

Baca Juga: Cari Tahu Penghasilan TikTok Berdasarkan Jumlah Pengikutnya

Apa Itu WhatsApp Bisnis

WhatsApp bisnis adalah salah satu layanan yang diberikan oleh aplikasi WhatsApp untuk mempermudah penggunanya dalam menjalankan bisnis. Sama hal nya dengan Aplikasi WhatsApp biasa, WhatsApp bisnis dapat diunduh secara gratis. Seperti namanya, fungsi utama dari WhatsApp bisnis adalah memenuhi kebutuhan bisnis dalam perihal komunikasi.

WhatsApp bisnis mempermudah penggunanya dengan fitur yang disediakannya. Mulai dari menghubungkanmu secara mudah dengan pelanggan, dapat mempromosikan produk ataupun layanan yang kamu beri hingga menjawab pertanyaan konsumen secara cepat dan efektif selama berbelanja. Bahkan banyak fitur yang dapat dijalankan secara otomatis sehingga pihak penjual tidak kewalahan.

Perbedaan Akun Bisnis dan Biasa di WhatsApp

Jika dilihat dari kegunaanya, akun bisnis dan akun biasa di WhatsApp terlihat sama. Keduanya memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan. Namun, jika dilihat lebih saksama, keduanya tidaklah mirip.

Lalu apa yang membedakan akun bisnis dengan akun biasa di WhatsApp? Berikut ini perbedaan dari akun bisnis dan juga akun biasa, diantaranya;

  • Chat Labels

Hal pertama yang membedakan akun bisnis dan juga akun biasa adalah fitur chat labels. Fitur ini hanya terdapat pada akun bisnis di WhatsApp saja. Fitur chat labels memiliki peran untuk membuat akun kamu tetap rapi.

  • Tayangan Profile Pengguna

Akun biasa pada WhatsApp pada umumnya hanya memiliki nama, foto profile dan juga deskripsi. Berbeda dengan tayangan profile pengguna akun bisnis. Dalam akun bisnis, tayangan profilenya dapat kamu buat sendiri dengan menyesuaikan produk ataupun layanan bisnis yang kamu tawarkan.

  • Sistem Quick Reply

Kapasitas pesan yang masuk di akun bisnis dan juga akun biasa tentunya berbeda. Akun bisnis relatif memiliki jumlah pesan yang masuk dengan banyak. Tentunya sebagai admin yang memegang akun tersebut akan terasa kewalahan. Oleh karena itu, akun bisnis di WhatsApp menyediakan sistem quick reply. Sistem ini tidak terdapat pada akun biasa. Keunggulan dari sistem quick reply adalah memudahkanmu dalam menjawab pesan dengan waktu cepat. Sehingga konsumen tidak merasa diabaikan.

  • Adanya Sistem Automatic Reply

Berikutnya ada sistem automatic reply. Sistem satu ini tidak tersedia di akun biasa. Automatic reply merupakan fitur yang dapat menjawab pesan di WhatsApp secara otomatis.

Bahkan kamu dapat menentukan dan mengubah format pesan dari automatic reply ini sesuai keinginanmu.

  • Away Messages

Adanya fitur away messages membuat perbedaan antara akun bisnis dan akun biasa terlihat jelas perbedaanya. Fitur away messages memiliki fungsi untuk dapat mengatur pesan dan memberitahu konsumen bahwa kamu akan menghubungi mereka kembali.

Cara mengaktifkan fitur ini juga sangatlah mudah. Kamu dapat menyalakannya dengan membuka fitur pesan di akun bisnis lalu nyalakan away messages. Lalu kamu dapat mengatur format pesan otomatis yang akan diterima oleh konsumen selama kamu tidak tersedia.

  • Greeting Messages

Perbedaan yang terakhir antara akun bisnis dan akun biasa adalah fitur greeting messages. Layaknya quick reply dan juga automatic reply, fitur ini memberi pesan secara otomatis. Namun greeting messages pada umumnya muncul saat konsumen baru saja meng-add nomor akun WhatsApp bisnis tersebut. Pesan yang disampaikan merupakan sebuah sapaan. Bahkan kamu dapat mengatur dan mengubah sapaan tersebut.

Cara Membuat Akun Bisnis di WhatsApp

Bagaimana cara bikin akun bisnis di WA? Faktanya membuat akun bisnis di WhatsApp tidaklah sulit. Berikut ini cara membuat akun bisnis di WhatsApp.

  • Mengunduh lalu mebuka aplikasi WhatsApp Bisnis

Langkah pertama ialah mengunduh aplikasi WhatsApp. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store atau di Apple App Store. Setelah kamu mengunduhnya, ketuk ikon WhatsApp Business pada layar utama gadgetmu.

  • Meninjau ketentuan layanan

Setelah itu akan muncul tinjauan ketentuan layanan. Baca terlebih dahulu mengenai ketentuan layanan WhatsApp bisnis. Jika sudah selesai, ketuk pilhan “setuju” dan lanjutkan untuk menerima ketentuan.

  • Mendaftarkan diri

Langkah berikutnya adalah mendaftarkan diri. Pilih negara tempat kamu berasal dan tambahkan kode negara. Masukan nomor telfonmu dalam format nomor telfon internasional. Setelah itu ketuk “selesai” atau “lanjut” dan ketuk “oke” untuk menerima kode pendaftaran sebanyak 6 digit angka melalui SMS atau panggilan telfon. Untuk dapat menyelesaikan pendaftaraan, kamu harus memasukan kode tersebut.

  • Izinkan WhatsApp mengakses ke kontak dan foto

WhatsApp dapat mengakses kontak dari buku alamat telfonmu yang kamu simpan di gadget. Tidak hanya itu, WhatApp dapat membuka foto, video dan file yang ada di gadgetmu. Namun, pastikan terlebih dahulu kamu memberikan izin WhatsApp untuk dapat mengakses kontak, foto, video dan file di gadgetmu.

  • Membuat akun

Kini saatnya membuat akun. Masukan nama bisnismu, lalu pilih kategori bisnis dan pilih foto profil.

  • Membuat profil bisnis

Langkah terakhir adalah membuat profil bisnis. Ketuk pilihan “jelajah” > “profil bisnis”. Dengan itu kamu dapat menambahkan informasi bisnis yang penting seperti deskripsi, alamat, jam kerja dan lainnya.

Keuntungan Menggunakan Akun Bisnis Di WhatsApp

Sebagai pelaku yang menjalankan bisnis, akun bisnis di WhatsApp tentunya memberikan beberapa keuntungan, diantaranya;

  • Fitur yang diberikan oleh WhatsApp bisnis memudahkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan
  • Fitu label dan statistik di akun bisnis dapat memudahkanmu untuk melalukan follow up. Sebagai contoh jika pada label tertulis “unpaid” maka konsumen tersebut belum melakukan pembayaran.
  • Menggunakan akun WhatsApp bisnis membuat bisnismu lebih professional dan lebih terpercaya.
  • Memudahkan dalam perihal mempromosikan layananmu.

Demikianlah cara bikin akun bisnis di WA yang dapat mempermudah jalannya bisnismu. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya