Mengenal Binary Option yang Tak Disadari Jutaan Orang

Waktu baca: 5 menit

Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan 1.000 US dolar sehari tanpa meninggalkan rumah, dan anda adalah salah satu dari mereka.

Budi Setiawan, Trader Profesional

Sudah tentu kamu familiar dengan kata-kata tersebut bukan? Ya, itu merupakan potongan monolog dari iklan salah satu platform binary option yang sedang hits di Youtube. Iklan tersebut dibintangi oleh tokoh yang bernama Budi Setiawan. Budi merupakan seorang trader profesional yang mengaku bisa menghasilkan uang sebesar 1.000 US dollar per hari. Sungguh nominal yang luar biasa wow bukan?

Namun, sebelum kamu tertarik untuk memulai menggunakan platform ini, ada baiknya kamu mengenal binary option terlebih dahulu. Di bawah ini akan dijelaskan terkait apa itu binary option, bedanya dengan investasi dan trading, serta kondisinya di negara-negara lain.

Apa Itu Binary Option?

Untuk mengenal binary option, secara singkat hal itu merupakan salah satu instrumen finansial di mana kamu bisa membeli kontrak dari suatu aset dan akan mendapatkan keuntungan saat kontrak itu sudah habis atau expire.

Adapun dalam binary option hanya ada dua kemungkinan, yaitu naik atau turun. Artinya, kamu bisa memilih apakah harga akan naik atau turun saat masa kontrak dari aset itu kadaluwarsa.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak broker binary option. Di antaranya ialah Binomo, Olymtrade, dan IQ Option. Namun, situs resmi dari semua broker binary option sudah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi. Meski sudah diblokir, mereka memiliki situs pengganti seperti Binomo.org, idnolymtrade.com, dan iqoption.org.

Mengenal broker binary option seperti iq option yang ada di Indonesia.
Salah satu broker binary option yang ada di Indonesia. Photo by Medium.

Jenis-jenis Binary Option

Apa saja yang termasuk binary option? Berikut ini 4 jenisnya yang perlu dipahami.

  • Binary Option High/Low

Jenis binary option ini merupakan tipe paling sederhana dan paling sering diperdagangkan oleh pemula. Dalam binary option high/low, trader akan menentukan pilihan dengan cara memperkirakan apakah akan naik atau turun.

Seorang trader akan melakukan transaksi dengan cara menentukan arah pergerakan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati. Jika trader memperkirakan harga akan naik, maka trader akan memiliki opsi High atau call.

Begitu juga sebaliknya, jika memprediksi akan turun harga, maka bisa mengambil posisi Low atau Put.

Binary option High/Low dibagi menjadi dua berdasarkan penentuan profit atau loss. Keduanya ialah Cash or Nothing dan Asset or Nothing.

Cash or Nothing ialah kondisi di mana saat perkiraan trader tepat atau in the money maka akan mendapatkan profit sesuai yang sudah ditentukan sebelumnya. Namun, saat salah prediksi atau out of money maka trader akan kehilangan dana yang telah diinvestasikan.

Adapun untuk Asset or Nothing ini punya jumlah keuntungan yang lebih fleksibel karena tidak bersifat tetap dari jumlah yang sudah ditentukan. Dengan begitu, saat trader in the money maka akan mendapat keuntungan sesuai dengan harga terakhir saat masa waktu berakhir. Jika dilihat dari yang dijelaskan di atas, maka binary option Asset or Nothing ini kurang lebih sama seperti trading forex yang ditentukan oleh perubahan harga.

Selanjutnya, saat trader mengalami out of money maka perhitungan kerugiannya tidak ditentukan berdasarkan tingkat harga saat posisi binary option ditutup. Sehingga, kerugian yang didapatkan tidak akan melebihi investasi.

Dari hal itu maka dapat dikatakan jenis binary option ini sangat memungkinkan trader untuk mendapat keuntungan tidak terbatas dengan risiko yang dapat dibatasi.

  • Binary Option Touch/No Touch

Binary option Toich/ No Touch merupakan kondisi di mana para trader menentukan level harga tertentu yang akan digunakan sebagai target yang dapat disentuh atau tak tersentuh sebelum masa berakhir.

Contohnya, saat posisi EUR/USD bergerak dengan tren bearish pada kisaran 1.3500-1.3400. Trader dapat membuka opsi no touch saat bearish di level 1.3600. Begitu juga sebaliknya, jika trader yakin pasangan mata uang itu dapat menyentuh 1.3450 sebelum waktu berakhir, maka dapat memilih opsi touch sesuai dengan level tersebut.

Adapun untuk menentukan keuntungan dan kerugiannya, binary option Touch mengikuti prinsip cash or nothing.

  • Binary Option In/Out of Boundary

Jenis binary option ini merupakan jenis yang banyak disediakan oleh para broker. Binary option in/out of boundary ini sesuai digunakan oleh para pengguna strategi sideways yang sangat mengandalkan support resistance.

Dengan begitu, saat trader ingin menentukan opsi In Boundary, maka trader perlu menentukan 2 level yang dipercaya sebagai upper dan lower bounds of the price. Jika harga tidak keluar dari batas sampai akhir, maka trader akan in the money dan mendapat keuntungan sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Namun, saat harga berada di luar batas yang ditentukan maka trader mengalami out of money dan mendapat kerugian sebesar dana yang diinevestasikan.

Sementara untuk Out of Boundary sebenarnya memiliki prinsip yang hampir sama. Perbedaannya dalam penentuan untung dan ruginya di mana trader baru bisa mendapatkan profit saat harga berada di luar kisaran saat masa berakhir.

Binary Option Turbo

Secara prinsip, binary jenis ini sama dengan binary option high/low. Namun bedanya adalah di kisaran masa berakhir yang lebih pendek. Biasanya, masa berakhir tidak lebih dari 1 jam. Bahkan masa berakhir terendah pada binary option bisa mencapai hitungan detik seperti 60 detik dan 30 detik. Oleh karena memiliki risiko yang tinggi, maka jarang ada broker yang menyediakannya.

Perbedaan binary option, trading, dan investasi

Meski membawa istilah bursa dan bahkan membawa film The Wolf Wallstreet dalam iklan yang ditayangkan oleh Binomo, jika dilihat dari cara kerjanya binary option bukanlah sebuah instrumen investasi. Sebab, investasi adalah penempatan dana dalam jangka panjang dengan harapan nilai nominalnya bisa mengalami kenaikan di kemudian hari.

Baca juga: Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan di Hari Tua

Selain itu, binary option juga tidak bisa disebut sebagai salah satu instrumen trading. Memang, karakter instrumen trading itu cenderung jangka pendek, namun keuntungan hasil capital gain ini bergerak sesuai dengan kondisi pasar.

Binary option hanya meminta para penggunanya utnuk menebak nilai suatu aset apakah akan mengalami kenaikan atau penurunan dalam waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Jika benar, maka penggunakan akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan awal, begitu juga sebaliknya.

Dengan begitu, tidak ada pasar di binary option sehingga tidak bisa disebut instrumen investasi ataupun trading. Selain itu, risiko juga bisa dibilang sangat tinggi, bahkan bisa mengalami kerugian.

Berikut perbedaan singkat antara investasi, trading, dan binary option:

Investasi

  • Aktivitas penempatan dana dalam periode tertentu dengan harapan nilai uang bisa naik.
  • Penempatan dana jangka panjang, bisa lebih dari 1 tahun.
  • Untung rugi tidak menentu sesuai kondisi pasar.

Trading

  • Memburu keuntungan jangka pendek dari kenaikan harga instrumen trading.
  • Jangka pendek bisa dalam 1 hari perdagangan atau lebih.
  • Untung rugi tidak menentu sesuai kondisi pasar.

Binary Option

  • Menentukan naik atau turunnya nilai instrumen, lalu menunggu apakah tebakannya benar / tidak.
  • Sangat jangka pendek, bisa cuma 1 menit.
  • Nilai untung dan rugi sudah ditentukan di awal sebelum permainan.

Perkembangannya di negara lain

Jika di Indonesia, binary option diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, tak beda jauh dengan binary option di negara-negara lain. Contohnya, di Amerika Serikat. FBI melaporkan bahaya binary option yang mana jadi modus penipuan bentuk baru.

Menurut Commodity Futures Trading Commission (CFTC) dan Securities and Exchange Commission (SEC), regulator industri berjangka dan sekuritas di Amerika Serikat, melakukan kompilasi modus penipuan dari oknum binary option, seperti menolak mengembalikan dana konsumen, mengabaikan kontak komunikasi dengan konsumen, hingga menuduh konsumen melakukan penipuan. Selain itu, ada pula modus pencurian identitas sampai manipulasi perangkat lunak sehingga mengganggu transaksi saat konsumen akan menang.

Di Eropa, aktivitas binary option juga sempat dilarang oleh The European Securities & Markets Authority (ESMA) pada pertengahan 2018 dengan alasan skema binary option sering disalahgunakan untuk penipuan investasi online. Namun, ESMA tidak memperpanjang larangan yang berakhir pada pertengahan 2019. Hal itu dikarenakan regulator di negara-negara Eropa sudah melakukan pengawasan dan kebijakan seketat ESMA.

Selanjutnya di Australia, Australian Securities and Investmen Commission (ASIC) memutuskan kalau binary option adalah investasi dengan risiko tinggi dan tidak bisa dianalisis. Bahkan, regulator pasar dan lembaga keuangan Australia itu menyamakan binary option dengan perjudian. Hal itu dikarenakan investor dinilai memiliki peluang 50/50 untuk kehilangan uang.

Sumber: Bisnis.com

Mungkin Anda juga menyukai