Perbedaan Index Saham Blue Chip & Gorengan Hari Ini

Index saham hari ini
Perbedaan saham blue chip dan gorengan. Photo by @adamaszczos
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Seiring dengan berjalannya waktu, tren saham di Indonesia kini mengalami peningkatan dari tahun – tahun sebelumnya. Pada perdagangan index saham hari ini, biasanya akan ada sejumlah rekomendasi saham pilihan yang diprediksi menguat. Berbicara soal saham, tentu kamu pernah mendengar istilah saham gorengan atau saham blue chip bukan dalam bidang investasi bukan? Dibandingkan dengan saham gorengan, saham blue chip adalah saham yang paling diminati banyak orang. Dikarenakan, saham blue chip dinilai paling aman dan menjanjikan dalam berinvestasi. 

Pengertian dan ciri–ciri saham gorengan

Saham gorengan. Photo by @chrisliverani

Dalam dunia investasi saham, saham gorengan merupakan saham perusahaan yang memiliki kualitas rendah dan sangat berisiko tinggi karena dapat mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu relatif singkat. Bahkan, tak sedikit orang yang menganggap saham gorengan sebagai saham di luar nalar karena mengalami kenaikan yang tak biasa menurut index saham hari ini. Secara umum, pelaku pasar akan memainkan pergerakan saham gorengan dan membuatnya seolah – olah mengalami kenaikan yang bagus untuk tujuan tertentu. Biasanya, para investor dalam saham gorengan akan menawarkan produknya dengan harga yang relatif murah pada perusahaan yang memiliki pendapatan tidak stabil dengan memberikan jaminan yang menggiurkan. Oleh karena itu, kamu harus tahu ciri – ciri dari saham gorengan seperti berikut ini:

Saham gorengan berasal dari saham lapis tiga

Maksud saham lapis tiga disini adalah saham yang mempunyai kapitalisasi di bawah Rp 500 miliar. Biasanya, harga saham per lembarnya dikatakan relatif lebih murah dibandingkan dengan index saham hari ini. 

Citra perusahaan dinilai buruk

Ada baiknya kamu harus berhati – hati ketika melihat perusahaan saham gorengan kerap kali mendapatkan keuntungan besar namun hal tersebut tidak sesuai dengan kinerja fundamental yang ada di lapangan.

Memiliki harga saham yang tidak stabil

Dibandingkan index saham hari ini, harga saham gorengan dikatakan tidak stabil. Bahkan, sering kali mengalami kenaikan dan penurunan secara signifikan.

Biasanya terdaftar dalam Unusual Market Activity

Karena sering kalinya mengalami kenaikan dan penurunan drastis secara tak terduga bagi pemiliknya, saham gorengan ini biasanya sudah terdaftar sebagai Unusual Market Activity (UMA).

Pengertian dan ciri–ciri saham blue chip

Index saham hari ini
Saham blue chip. Photo by Saham Online Indonesia

Saham blue chip merupakan saham dari perusahaan yang mempunyai citra baik secara nasional dari segi kualitas, kemampuan serta kehandalan untuk kinerja yang menguntungkan dari berbagai macam kondisi ekonomi. Secara umum, saham blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang dikatakan sangat besar. Bahkan, aspek fundamental perusahaan dalam saham ini juga sangat. Tidak heran jika banyak para investor yang berminat untuk berinvestasi dalam saham blue chip ini. Bagi kamu yang tertarik untuk memilih saham blue chip ini, ada baiknya mengetahui ciri – cirinya sebagai berikut:

Terbukti telah beroperasi sejak lama dan berpengalaman

Kamu dapat mengetahui ciri – ciri saham blue chip dari lamanya perusahaan itu beroperasi secara nasional dan internasional. Selain itu, juga mengenai pengalaman kinerja yang memang dikatakan baik dan profesional.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki perusahaan besar 

Biasanya, saham blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar sehingga perkembangan bisnisnya juga sangat luas. 

Terdaftar di bursa efek sejak lama

Jika saham blue chip terdaftar di bursa efek index saham hari ini dalam kurang waktu selama 5 tahun, maka saham tersebut layak untuk diperjual belikan.

Memiliki sistem kinerja yang baik dan profesional

Tak bisa diragukan lagi, bahwa kinerja dalam saham blue chip memang dikatakan baik dan profesional. Bahkan, keuntungan perusahaan akan mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai