Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan di Hari Tua

Investasi jangka panjang yang menghasilkan.
Waktu baca: 3 menit

Saat ini sudah banyak yang melek investasi agar bisa mengamankan nilai aset dan uangnya. Biasanya, investasi memiliki dua tujuan yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Untuk investasi jangka panjang, biasanya dipilih karena investor ingin nilai mata uangnya bertambah dan bisa menghasilkan keuntungan di hari tua nantinya.

Jika dilihat dari waktunya, investasi ini berjalan lebih dari lima tahun. Jadi, semakin dini kamu memulai investasi maka semakin banyak juga keuntungan yang bisa diraih. Namun, kamu perlu ingat setiap investasi pasti memiliki risiko yang sebanding dengan imbal hasil yang didapatkan di dalamnya.

Berikut ini akan dijelaskan 5 jenis investasi jangka panjang yang bisa kamu pilih.

1. Tabungan berjangka

Tabungan berjangka
Tabungan berjangka bisa jadi investasi yang menguntungkan di hari tua. Photo by Rawpixel

Walaupun menjadi salah satu jenis produk tabungan yang ditawarkan oleh bank, tabungan berjangka juga bisa dijadikan investasi. Pasalnya, tabungan berjangka ini dapat membantumu yang memerlukan dana dalam waktu beberapa tahun lagi. Tabungan berjangka memiliki fitur auto debet sehingga setiap bulan uangmu akan langsung ditarik otomatis dari rekening tabungan indukmu di tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya. Tabungan berjangka ini cocok sekali untuk kamu yang ingin lebih disiplin dalam menabung.

2. Emas

Investasi emas untuk menguntungkan di hari tua.
Investasi emas dipilih untuk menguntungkan di hari tua. Photo by Pexels

Semua orang pasti sudah paham jika emas merupakan salah satu jenis investasi yang menjanjikan di hari tua. Perlu diketahui, investasi emas tidak akan tergerus oleh inflasi. Selain itu harga emas juga selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Itulah mengapa investasi bisa jadi pilihan yang tepat untuk menjamin masa tuamu.

Baca juga: Alasan Naik Turunnya Harga Emas yang Harus Kamu Ketahui

3. Properti

Investasi properti untuk investasi jangka panjang
Investasi properti dipilih karena nilainya akan selalu meningkat setiap tahunnya. Photo by @adrianaviola

Saat ini, para investor sudah banyak yang melakukan investasi properti baik berupa tanah maupun bangunan. Sama seperti emas, harga properti akan selalu naik setiap tahunnya. Jika diperhatikan, rata-rata nilai investasi properti mengalami peningkatan harga sekitar 20 persen setiap tahunnya. Namun, dalam investasi properti membutuhkan modal yang tidak sedikit sehingga banyak anak muda yang enggan berinvestasi dalam instrumen ini.

4. Saham blue chip

Saham bluechip investasi jangka panjang
Saham bluechip untuk investasi berjangka panjang. Photo by Rawpixel

Saham blue chip merupakan jenis saham unggulan yang masuk dengan angka kapitalisasi besar di atas Rp 40 triliun. Biasanya, saham blue chip ini berasal dari perusahan yang memiliki reputasi tinggi di industrinya serta memiliki pendapatan yang stabil dalam pembagian dividen. Namun, perlu diingat, saham mempunyai tingkat flukuatif yang agresif sehingga risikonya juga tinggi. Dengan risiko yang tinggi, sudah pasti dibarengi dengan return yang tinggi pula.

5. Reksa dana saham

Reksa dana saham
Reksa dana saham untuk investasi berjangka panjang agar masa tua tenang. Photo by Pixabay

Salah satu instrumen investasi yang populer di kalangan milenial ialah reksa dana. Hal itu terjadi karena mereka bisa memilih sesuai dengan tujuan keuangan masing-masing investor. Reksa dana dibagi dalam empat jenis yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. Untuk investasi jangka panjang, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih reksa dana saham.

Dari 5 jenis investasi di atas, apakah kamu sudah menentukan akan mengambil instrumen yang mana? Kalau sudah, kamu harus konsisten dan sabar dalam berinvestasi agar kelak di hari tua kamu bisa santai tapi tetap mendapatkan penghasilan yang pasif.

You may also like...

Leave a Reply