4 Cara Melunasi Pinjaman Online agar Tidak Menggunung

Melunasi Pinjaman Online
4 Cara Melunasi Pinjaman Online agar Tidak Menggunung. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Pinjaman online saat ini sudah menjadi alternatif utama jika kamu membutuhkan dana cepat untuk memenuhi kebutuhanmu, baik untuk hal-hal yang produktif maupun konsumtif. Namun, di balik itu, biasanya orang melunasi pinjaman online dengan melakukan pinjaman online ke lain pihak.

Bukannya lunas, malah yang ada utang yang kamu miliki makin menggunung. Tentu hal ini sangat berbahaya lho, baik untuk kondisi keuanganmu maupun mentalmu. Seperti contoh yang baru-baru ini terjadi yakni seorang guru TK di Malang yang terjerat utang hingga puluhan juta. Kondisi tersebut membuat guru TK tersebut frustrasi bahkan sempat akan melakukan bunuh diri. Untungnya pihak OJK segera menengahi dan mencoba untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Baca juga: Kasus Guru TK Terjerat Utang Pinjol, OJK Ambil Langkah Ini

Cara Melunasi Pinjaman Online

Melunasi Pinjaman Online
Cara lunasi utang pinjaman online. Photo by Pexels

Nah, bagi TemanKlik yang sedang memiliki utang dari pinjaman online, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk melunasi pinjaman online. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Buat skala prioritas pinjaman
Melunasi Pinjaman Online
Buat skala prioritas. Photo by Pixabay

Cara pertama yang harus dilakukan agar pinjaman cepat lunas ialah dengan membuat skala prioritas pinjaman. Hal ini sangat penting apalagi untuk kamu yang memiliki utang lebih dari satu pinjaman. Catat besaran pinjaman, termasuk jangka waktu pelunasan serta besaran cicilan setiap bulan yang harus dibayar.

Dengan skala prioritas ini, kamu akan lebih jelas dan bisa mengetahui pinjaman mana yang perlu untuk segera dilunasi sebelum makin memberatkan.

  • Jual asset
Melunasi Pinjaman Online
Jual asset yang tidak diperlukan. Photo by Pixabay

Jika kamu memiliki aset yang cukup berharga namun tidak terlalu produktif, bisa dipertimbangkan untuk menjualnya. Contoh aset berharga yang tidak terlalu produktif itu seperti emas, kendaraan antik, atau sejenisnya. Nah barang-barang tersebut bisa kamu jual terlebih dahulu agar bisa membantumu meringankan beban utang yang sedang dihadapi.

  • Cari pendapatan tambahan
Melunasi Pinjaman Online
Buka jasa penulisan artikel. Photo by Pixabay

Cara untuk melunasi pinjaman online selanjutnya ialah dengan mencari pendapatan tambahan. Hal ini tentu akan sangat membantumu dalam melunasi utang yang kamu miliki.

Untuk mencari pendapatan tambahan, kamu bisa coba menggali skillset yang dimiliki. Jika kamu suka menulis, bisa menjadi seorang penulis lepas. Atau, jika kamu memang senang fotografi, bisa juga menjadi seorang fotografer lepas atau bisa juga membuka kelas fotografi dengan biaya yang kamu tentukan sendiri.

Namun perlu diingat, dengan menjalankan pendapatan tambahan ini jangan sampai menggangu pekerjaan utamamu ya TemanKlik. Usahakan kamu bisa mengatur waktu dengan baik.

Baca juga: Pekerjaan Online yang Bisa Dipilih untuk Penghasilan Tambahan

  • Bayar utang dengan tabungan
Melunasi Pinjaman Online
Bayar utang dengan tabungan. Photo by rawpixel

Dalam membayar utang, usahakan jangan menggunakan dana dari hasil utang juga. Sebab, dengan begitu yang ada utangmu akan makin menggunung dan tidak terkontrol. Lebih baik, tabunganmu digunakan untuk melunasi utang.

Jika sebelumnya kamu sudah menabung untuk liburan atau membeli barang-barang yang kurang menghasilkan, lebih baik gunakan dana tabungan tersebut untuk melunasi utangmu. Dengan begitu, utangmu bisa selesai lebih cepat dan kamu bisa memulai menabung lagi untuk memenuhi keinginan-keinginanmu.

Demikian cara melunasi pinjaman online yang sedang dihadapi. Dengan menjalankan cara di atas, niscaya utangmu bisa segera lunas dan kamu bisa kembali fokus menabung atau berinvestasi. Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai