Jangan Salah! Ini 4 Perbedaan Tabungan dan Investasi Yang Perlu Kamu Tahu

Perbedaan tabungan dan investasi.
Perbedaan tabungan dan investasi. Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Tabungan dan Investasi, tidak semua orang benar-benar memahami keduanya. Tak ayal jika terkadang masyarakat beranggapan bahwa dua hal itu adalah produk yang sama. Tapi jangan salah, perbedaan tabungan dan investasi ada banyak loh. Apa saja itu?

Selama ini kamu pasti sudah sering mendengar tentang tabungan dan investasi. Apalagi jika sedang membahas tentang keamanan finansial masa depan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan keduanya.

Pengertian Tabungan dan Investasi

Pada dasarnya, tabungan dan investasi merupakan dua hal yang berbeda. Meski sering diartikan sama, tapi dari karakteristiknya saja sudah berbeda. Nah, supaya kamu tidak salah mengartikan, perhatikan pengertiannya berikut ini:

Tabungan

Tidak memikirkan tabungan dan investasi.
Tidak memikirkan tabungan dan investasi. Photo by Pexels

Tabungan menjadi salah satu produk bank paling populer. Hampir semua orang bahkan memilikinya, tidak terkecuali anak-anak. Tabungan sendiri adalah proses menyimpan sebagian pendapatan untuk kepentingan masa depan. Di mana ada beberapa jenis tabungan yang bisa dipilih.

Sementara beberapa karakteristik tabungan perbankan ialah:

  • Uang yang tersimpan bisa ditarik/dicairkan secara langsung
  • Pertumbuhan nilai aset sangat lambat
  • Minim risiko bahkan hampir tidak ada sama sekali
  • Umumnya untuk simpanan jangka pendek

Investasi

Investasi untuk passive income
Investasi. Photo by Pixabay

Menilik dari KBBI, investasi ialah penanaman uang pada perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan. Bisa juga disebut langkah menanamkan modal dengan harapan akan mendapat manfaat lebih di waktu mendatang.

Mudahnya, investasi adalah membeli aset yang diharapkan bisa dijual kembali di masa depan dengan nilai lebih tinggi. Aktivitas ini lebih ke arah peningkatan aset dalam bentuk imbal balik dari yang diinvestasikan. Di mana pilihan bentuk aset investasi ini juga ada beragam. Adapun karakteristik investasi ialah:

  • Untuk kepentingan jangka panjang, jadi tidak bisa ditarik sewaktu-waktu
  • Pertumbuhan nilai aset lebih cepat
  • Lebih berisiko, tapi bisa memberikan banyak keuntungan

Perbedaan Tabungan dan Investasi

Selintas, menabung dan berinvestasi memang mirip. Secara sederhana, keduanya dapat diartikan sebagai kegiatan menyimpan uang atau dana. Namun jika ditelusuri lebih jauh, ada setidaknya 4 hal yang membedakan. Yaitu:

  • Tujuan

Dari segi tujuannya, perbedaan tabungan dan investasi jelas berbeda. Tabungan bertujuan untuk kepentingan jangka pendek. Jadi bisa sebagai cadangan untuk kebutuhan masa depan. Atau sebagai alat transaksi dalam waktu dekat.

Sementara investasi bertujuan untuk jangka panjang yang tentu lebih besar. Jadi tidak bisa digunakan untuk keperluan mendadak dalam waktu dekat. Tapi meski begitu, investasi tertentu juga ada yang bisa untuk tujuan jangka pendek.

  • Keuntungan yang Didapat

Baik menabung atau berinvestasi, keduanya sama-sama dilakukan untuk meraih keuntungan. Yang membedakan adalah tingkat keuntungannya.

Ketika kamu menyimpan uang dalam bentuk tabungan, kamu akan mendapatkan bunga dari bank. Namun nilai bunga tersebut umumnya sangat kecil. Juga akan diberikan dalam periode tertentu sesuai jenis tabungan yang dipilih.

Sementara keuntungan dari investasi relatif lebih tinggi. Kamu bisa memiliki aset yang nilainya meningkat dari awal saat kamu membeli. Sehingga tentu saja nilai keuntungan yang didapat bisa lebih di masa depan.

Tingkat keuntungan investasi sendiri berbeda-beda. Tergantung jenis investasi atau aset yang dipilih. Seperti emas, properti, reksadana, saham atau lainnya.

  • Tingkat Potensi Risiko

Ada perbedaan cukup mencolok dari segi potensi risiko ini. Tabungan memiliki tingkat risiko yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan investasi. Ini sejalan dengan berlakunya prinsip high gain high risk.

Potensi keuntungan yang dimiliki tabungan cukup kecil. Disamping itu, risikonya juga kecil. Kamu tidak akan takut kehilangan uang saat menabung di bank. Sebab dana yang ditabung dapat dijamin dengan beberapa persyaratan.

Adapun investasi, lantaran potensi keuntungan yang dimiliki besar maka tingkat risikonya juga tinggi. Karenanya, kamu harus paham betul produk investasi yang dibeli agar terhindar dari risiko-risikonya.

  • Kemudahan Mengambil Dana

Perbedaan tabungan dan investasi selanjutnya bisa dilihat dari kemudahannya dalam mengambil dana. Uang yang disimpan pada tabungan bisa diambil kapan saja. Baik dengan buku tabungan, slip penarikan, ATM atau sarana lainnya.

Di sisi lain, pengambilan dana investasi akan lebih sulit. Umumnya butuh waktu berbulan-bulan dan bahkan tahunan sampai dapat menghasilkan keuntungan. Kecuali untuk jenis investasi emas, yang memang cukup mudah.

Nah, itulah beberapa perbedaan tabungan dan investasi yang perlu kamu ketahui. Jika ditanya mana yang lebih bagus maka jawabannya tergantung tujuan dan kemampuan. Lagipula, tak ada salahnya juga kamu bisa memilih dua-duanya.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai