Pekerjaan Online yang Bisa Dipilih untuk Penghasilan Tambahan

Pekerjaan online yang menghasilkan pendapatan ekstra
Waktu baca: 3 menit

Dewasa ini, industri online di Indonesia sudah sangat berkembang. Semua hal sudah serba online dan akan berhubungan dengan teknologi mutakhir yang ada. Begitu pula dengan pekerjaan, kini sudah banyak terhubung melalui jaringan online. Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan dengan melakukan pekerjaan online, di antaranya ialah bisa bekerja secara fleksibel sambil melakukan hal-hal penting lainnya, seperti mengasuh anak, berkumpul dengan keluarga, hingga menjalankan bisnis.

Dengan memilih pekerjaan online ini, keuntungan yang didapatkan tidak hanya fleksibel saja, tapi juga bisa diandalkan untuk menjadi sumber penghasilan. Ada beberapa pekerjaan online yang pendapatannya bisa mencapai nominal yang besar, tidak kalah dengan beberapa profesi pekerjaan kantoran.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber mengenai pekerjaan online yang menghasilkan.

Blogger

Pekerjaan online yang paling menarik bagi banyak orang ialah blogger. Blogger adalah pekerjaan yang fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja. Namun, untuk menjadi blogger tidaklah mudah. Kamu harus menentukan terlebih dahulu topik atau tema besar yang akan diangkat. Lebih baik, pilihlah tema yang sesuai dengan minatmu dan banyak yang mencari. Sebagai contoh, jika saat ini masyarakat banyak mencari tahu tentang investasi, kamu bisa memilih tema tersebut untuk diangkat. Tidak hanya itu, kamu juga harus konsisten dalam membuat tulisan.

Jangan lupa belajar SEO agar blog milikmu perlahan bisa menempati halaman pertama dalam mesin pencari google. Adapun untuk mendapatkan penghasilan melalui blogger, kamu bisa menjadi mitra Google Adsense. Semakin besar pengunjung blog, maka pendapatan juga akan bertambah. Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan jasa dan barang yang kamu miliki. Biasanya, dengan melakukan promosi tersebut, pendapatan yang diraih bisa lebih banyak daripada menjadi mitra Google Adsense.

Youtuber

youtuber menjadi salah satu pekerjaan online untuk mendpatkan tambahan.
Youtuber bisa jadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Photo by Pexels

Saat ini menjadi youtuber adalah cita-cita banyak orang. Terlebih pendapatan youtuber bisa dibilang sangat fantastis. Sebut saja salah satu youtuber terkenal di Indonesia, Atta Halilintar meraih pendapatan sekitar Rp 579 juta hingga Rp 9 miliar per bulan. Menggiurkan bukan? Untuk bisa meraih penghasilan sebesar itu, kamu harus konsisten dan terus mengembangkan ide kreatifmu dalam membuat video. Jangan lupa tambah pengetahuan mengenai editing video agar video yang diunggah di youtube menarik untuk ditonton dan terus mendapatkan subscriber dan banyak yang menonton. Setelah itu, kamu bisa mendaftarkan akunmu di Google Adsense. Namun, jangan terlalu mengandalkan Google Adsense karena regulasi atau peraturannya selalu berubah. Kamu bisa mengandalkan dari sponsorship atau endorsement dari pihak luar untuk mendapatkan penghasilan sebagai youtuber.

Gamers

Bermain game saat ini tidak hanya menjadi hiburan saja. Melalui itu, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang tidak kalah dari profesi-profesi lain. Seorang gamers Indonesia, Hansel Ferdinand, bisa meraih penghasilan total per tahun sebesar 101.603 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar dengan menjadi pemain game Counter Strike Go. Terlebih, kini pemerintah sudah mendukung perkembangan dunia gaming sebagai salah satu cabang olahraga atau biasa disebut dengan esports. Selain meraih penghasilan, dengan menjadi gamers, kamu bisa mengharumkan nama bangsa dan negara melalui kompetisi esports yang sering digelar.

Podcaster

Pekerjaan online yang menghasilkan tambahan.
Menjadi podcaster bisa membuatmu mendapatkan penghasilan tambahan. Photo by Pexels

Belakangan ini, tren podcast terus berkembang pesat. Hal itu bisa dilihat dari begitu banyaknya aplikasi podcast yang tersedia. Dengan format audio, membuat podcast jadi alternatif konten jika kamu tidak pede untuk tampil dalam video. Memang saat ini belum bisa menghasilkan pendapatan secara signifikan melalui podcast. Namun, beberapa tahun ke depan dipastikan podcast akan bisa menyelipkan 10-15 detik untuk iklan sehingga podcaster bisa mendapatkan penghasilan.

Itulah beberapa pekerjaan online saat ini yang mungkin bisa kamu pilih. Intinya adalah, apapun profesi yang kamu pilih, kamu harus bisa menjalankannya dengan tekun dan konsisten agar mendapatkan hasil yang memuaskan ke depannya.

You may also like...

Leave a Reply