Wajib Tahu Ini Dia Manfaat Komunitas UMKM

Manfaat Komunitas UMKM
Wajib Tahu Ini Dia Manfaat Komunitas UMKM. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Apakah kamu memiliki UMKM? Penting bagi kamu untuk bergabung ke komunitas UMKM supaya bisa belajar mengenai cara pengembangan usaha. Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat komunitas UMKM yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Komunitas UMKM untuk Pelaku Usaha

Apa itu organisasi UMKM? Organisasi UMKM adalah sekelompok orang yang bergabung dalam satu wadah karena memiliki usaha UMKM. Dalam artian, organisasi ini memiliki fungsi sebagai wadah bertukar pikiran mengenai pengembangan usaha.

Terdapat berbagai komunitas UMKM yang berkembang di Indonesia. Hal ini membawa dampak baik bagi perkembangan usaha dan peningkatan ekonomi. Sehingga bergabung dalam komunitas UMKM sangat baik untuk dilakukan.

Terdapat berbagai manfaat komunitas UMKM yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

1. Memiliki Relasi Bisnis

Pentingnya bergabung dengan komunitas UMKM Indonesia adalah untuk mendapatkan relasi bisnis yang luas. Hal ini penting untuk mengembangkan usaha UMKM kamu supaya bisa lebih dikenal oleh orang lain.

Selain itu, manfaat komunitas UMKM yaitu kamu bisa melakukan kerjasama dengan brand UMKM lain untuk saling membantu mengembangkan usaha. Tentu saja, hal ini akan berdampak sangat baik bagi peningkatan usaha UMKM kamu.

2. Wadah Belajar

Kamu juga bisa belajar dari teman-teman sesama komunitas untuk mengembangkan usaha. Sehingga bisa mengetahui berbagai peluang usaha yang ada untuk dikembangkan. Hal ini akan sangat membantu supaya kamu bisa menghasilkan produk yang sesuai pasar.

Silakan untuk berdiskusi dengan siapa saja pelaku UMKM untuk mendapatkan ilmu yang berguna untuk bisnis. Kamu juga bisa berbagi informasi mengenai bisnis yang sedang populer sehingga komunitas kamu bisa semakin berkembang.

3. Wadah Promosi

Jika kamu bergabung dengan komunitas UMKM, maka kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk promosi produk. Sehingga produk yang kamu jual bisa dikenal lebih luas. Hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan hasil penjualan.

Selain itu, manfaat lainnya adalah untuk mengetahui kualitas produk kamu. Kamu bisa meminta pendapat teman-teman komunitas mengenai produk yang dibuat. Sehingga kamu bisa melakukan promosi dan evaluasi produk dengan mudah.

4. Strategi Bisnis

Manfaat komunitas bisnis adalah untuk mendapatkan pengetahuan mengenai strategi bisnis terbaru. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan target pasar yang diinginkan.

Kamu bisa belajar untuk membuat strategi bisnis bersama-sama. Selain itu, kamu bisa membuat acara bisnis bersama dengan komunitas. Misalnya melakukan pameran UMKM sehingga apa keuntungan dari UMKM dapat terlihat jelas.

5. Menambah Semangat Bisnis

Hal yang paling penting mengenai manfaat komunitas UMKM adalah menambah semangat untuk berbisnis. Bertemu dengan orang-orang yang berada dalam satu frekuensi akan membuat kamu lebih bersemangat.

Kamu tidak akan mudah menyerah karena komunitas akan memberikan energi yang besar untuk pengembangan bisnis kamu. Pastikan saja, komunitas bisnis tidak dijadikan sebagai ajang persaingan bisnis, tetapi saling membantu untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga: Ini Dia Cara Mencari Investor untuk UMKM yang Handal

Daftar Komunitas UMKM di Indonesia

Setelah membahas mengenai manfaat komunitas UMKM, apakah kamu tertarik untuk bergabung dengan komunitas? Jika iya, maka kamu bisa memilih salah satu komunitas UMKM yang ada di Indonesia.

Berdasarkan data UMKM Indonesia terdapat berbagai komunitas yang berkembang di Indonesia, sebagai berikut:

1. Komunitas Sahabat UMKM

Salah satu komunitas yang bisa kamu pilih adalah komunitas sahabat UMKM. Komunitas ini memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk belajar mengembangkan usaha bersama. Sehingga wadah ini dijadikan sebagai sarana penyampaian ilmu mengenai bisnis.

Manfaat komunitas UMKM ini adalah bisa mengakses informasi dan sarana pemasaran produk UMKM. Terdapat berbagai aktivitas yang dilakukan, mulai dari mentoring, forum, dan berbagai event yang bermanfaat untuk UMKM kamu.

2. Komunitas UMKM Naik Kelas

Komunitas UMKM Naik Kelas terbentuk karena dampak pandemic covid 19. Komunitas ini diperuntukkan bagi UMKM yang mengalami penurunan karena pandemi. Sehingga komunitas ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan kembali UMKM yang redup.

Kamu bisa mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai pengembangan bisnis dalam komunitas ini. Sehingga sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha yang terkena dampak pandemi.

3. AKUMINDO

Bagi kamu yang tertarik bergabung dengan asosiasi UMKM Indonesia, maka kamu bisa memilih AKUMINDO. Asosiasi ini didirikan pada 12 November 1976 sehingga sudah berpengalaman dalam pengembangan UMKM.

Jika kamu bergabung dengan asosiasi ini, maka kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat yang berguna untuk pengembangan bisnis. Jadi, jangan ragu untuk segera bergabung dengan AKUMINDO.

4. HIPMI

Perkumpulan bisnis yang bisa kamu pilih adalah HIPMI. HIPMI adalah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia yang bergerak dibidang pengembangan bisnis. Keuntungan menjadi anggota HIPMI memiliki relasi bisnis yang luas.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi perkembangan UMKM kamu. Jika kamu pengusaha muda yang mencoba mengembangkan UMKM, maka sebaiknya bergabung dengan HIPMI. Kamu bisa belajar banyak mengenai peningkatan ekonomi di HIPMI.

5. Fokus UMKM

Apa saja yang termasuk dalam UMKM? Usaha Mikro Kecil Menengah yang memiliki tujuan untuk peningkatan ekonomi. Supaya kamu bisa mencapai peningkatan ekonomi, maka kamu bisa bergabung dengan Fokus UMKM.

Komunitas ini akan memberikan manfaat yang baik untuk pengembangan UMKM kamu. Terdapat berbagai rekomendasi komunitas UMKM yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Sehingga kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan lebih baik.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat komunitas UMKM yang perlu diketahui. Jika kamu ingin mengembangkan UMKM dengan lebih berani, maka bergabunglah dengan komunitas UMKM terbaik. Selamat mencoba berbisnis.

Mungkin Anda juga menyukai