6 Tips Jualan Sembako di Rumah dengan Modal Rp5 Juta

Jualan Sembako di Rumah
6 Tips Jualan Sembako di Rumah dengan Modal Rp5 Juta. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari penghasilan. Salah satunya ialah jualan sembako di rumah. Kamu bisa menyiapkan modal berapa saja, apalagi jika kamu punya modal hingga Rp5 juta.

Julana sembako di rumah dengan modal Rp5 juta bisa dibilang lebih dari cukup. Namun, jika tidak diatur dengan bijak maka modalmu akan tetap terasa kurang.

Nah, agar modal Rp5 juta yang kamu miliki bisa digunakan dengan tepat, yuk ikuti 6 tips di bawah ini.

  • Cari distributor sembako yang murah
Jualan Sembako di Rumah
Cari distributor yang murah. Photo by Pixabay

Sebelum mulai membuka warung sembako, langkah utama dan pertama yang harus dilakukan ialah mencari distributor sembako dengan harga yang paling murah. Kamu bisa melakukannya dengan survei ke berbagai distributor terdekat.

Selain itu, untuk memenuhi produk di warung sembakomu, kamu tidak perlu mengambil stok dari 1 distributor saja. Kamu bisa mengambil dari distributor lain asal harga lebih miring namun kualitas bagus. Dengan begitu, sembako yang kamu jual di warungmu tersebut memiliki kualitas yang bagus namun harga yang ditawarkan masih bisa bersaing dengan kompetitor.

  • Pastikan jual sembako lengkap
Jualan Sembako di Rumah
Pastikan jualan sembako lengkap. Photo by Pexels

Sesuaikan produk yang ingin dijual di warung sembakomu dengan modal yang kamu miliki. Selain itu, yang terpenting ialah kamu harus bisa menyiapkan produk sembako dengan lengkap. Sebab, jika kamu bisa memenuhi keinginan calon pembeli dengan menyediakan produk sembako yang lengkap, setidaknya mereka akan menjadi langganan warungmu tanpa melirik warung lain.

Sebelum itu, kamu jangan lupa melakukan survei kecil-kecilan apakah ada barang sembako yang sekiranya sulit didapatkan atau tidak ada di warung lain tapi banyak orang yang mencarinya. Kamu bisa coba untuk menyetok barang tersebut. Tentunya jangan lupa, kualitas jangan asal-asalan ya TemanKlik.

  • Kerjakan sendiri terlebih dahulu
Toko sembako.
Kerjakan sendiri. Photo by Bisnis UKM

Saat ingin jualan sembako di rumah, sebaiknya dikerjakan sendiri terlebih dahulu. Nanti, jika sudah mulai ramai dan kamu merasa keteteran, barulah memperkerjakan orang lain. Syukur-syukur anggota keluargamu sehingga tidak perlu membayar orang lain. Berbeda lagi jika memang sudah berkembang pesat dan warung sembako milikmu sudah membesar kamu bisa merekrut orang lain. Yang jelas, pilihlah orang yang dipercaya dan setidaknya tahu hitung-menghitung agar tidak ada masalah ke depannya.

  • Ambil untung sewajarnya dengan menetapkan harga yang bersaing
Ketahui cara instrumen investasi bekerja jadi salah satu strategi investasi untuk pemula.
Ambil untung sewajarnya. Photo by Pixabay

Jika baru awal memulai, sebaiknya jangan mengambil keuntungan terlalu besar. Sewajarnya saja dan tetapkan harga yang bersaing dengan kompetitor lain. Itung-itung, cari pelanggan sebanyak-banyaknya terlebih dahulu.

Nah, jika sudah memiliki pelanggan tetap, kamu bisa menaikan harga barang sembako yang kamu miliki namun tetap di batas wajar ya. Atau mungkin trik yang bisa dicoba ialah membuat packaging dari sembako yang kesannya menarik. Dengan begitu, kamu bisa menentukan harga dengan lebih mudah.

Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual dengan Rumus Paling Sederhana

  • Buat pembukuan yang sederhana
Bisa mengatur jam kerja secara online.
Pembukuan sederhana. Photo by Pixabay

Meskipun hanya warung sembako kecil, usahakan untuk menyiapkan pembukuan yang sederhana. Dengan begitu, keuangan bisnismu bisa tercatat dengan baik dan tepat. Dan kamu bisa tahu kalau bisnis yang sedang dijalankan ini menguntungkan atau merugikan. Jika merugi, kamu bisa memilih strategi marketing atau pemasaran lain yang dapat mendukung warungmu meraih keuntungan.

  • Jualan online
Izin usaha online berlaku awal 2020.
Jual secara online. Photo by Okezone

Selain menjual secara offline, kamu juga bisa menjualnya secara online, misalnya melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram. Tawarkan barang daganganmu secara online dengan foto produk dan deskripsi yang menarik.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan marketplace yang tersedia sekarang ini. Dengan begitu, kamu bisa memudahkan transaksi penjualan dan pelanggan bisa terus bertambah.

Demikian cara jualan sembako di rumah dengan modal hanya Rp5 juta saja. Meanrik bukan TemanKlik? Nah, jika kamu ingin mencobanya, ikuti tips-tips yang sudah dijelaskan di atas ya! Semoga sukses.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai