Ini Dia Cara Mencari Investor untuk UMKM yang Handal

cara mencari investor untuk UMKM
Ini Dia Cara Mencari Investor untuk UMKM yang Handal. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu sedang mencari investor untuk UMKM? Kali ini kita akan membahas mengenai cara mencari investor untuk UMKM yang bisa kamu lakukan. Hal ini penting untuk diketahui, supaya kamu bisa menemukan investor yang tepat untuk bisnis.

Apa Itu UMKM?

Jika kamu ingin memulai usaha, maka kamu bisa mencoba untuk membuka UMKM. Peluangnya sangat besar untuk dikembangkan karena banyak dukungan yang datang untuk usaha ini. Banyak investor yang tertarik untuk bergabung dengan UMKM.

Pastikan saja kamu mengetahui faktor yang menentukan investor tertarik mendanai suatu bisnis UMKM. Hal ini akan memudahkan untuk mendapatkan investor terbaik untuk pengembangan usaha yang kamu miliki.

Bisnis UMKM bisa memberikan penghasilan yang cukup menjanjikan, asalkan kamu bisa mengelolanya dengan baik. Peluang bisnis ini perlu diperhatikan dengan baik sehingga kamu bisa mengembangkan usaha dengan inovasi yang baru.

Baca juga: Sistem Kerja Sama Usaha Bagi Hasil Pemodal dan Pengusaha

Apakah UMKM Butuh Investor?

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai alasan perlunya pengetahuan cara mencari investor untuk UMKM yang perlu kamu ketahui. Hal ini penting untuk diketahui supaya kamu bisa mendapatkan investor dengan cepat dan mudah.

Beberapa alasan pentingnya pengetahuan cara mencari investor untuk UMKM yang perlu diketahui, sebagai berikut:

1. Membantu Modal Usaha

Pertama, kamu bisa menemukan investor dengan cepat dengan mengikuti pameran UMKM atau bisnis tertentu. Cara ini akan memudahkan kamu menemukan investor yang sesuai untuk pengembangan UMKM kamu untuk modal usaha.

Kamu bisa menunjukkan produk UMKM di tempat mencari investor tersebut. Sehingga investor yang datang ke pameran tersebut bisa menentukan pilihan untuk memberikan modal kepada usaha kamu.

2. Promosi Usaha

Alasan lain perlunya mencari investor adalah untuk melakukan promosi di acara tertentu. Misalnya di bazar atau konser yang diselenggarakan di wilayahmu. Kamu bisa mendaftarkan diri untuk membuka pameran produk di sana.

Kamu bisa melakukan ini sebagai strategi bisnis untuk menarik investor dan pelanggan sekaligus. Jangan ragu untuk mempromosikan produk kamu di berbagai kegiatan. Hal ini akan memudahkan kamu mengenalkan produk UMKM yang dimiliki dengan bantuan investor.

3. Iklan Produk UMKM

Selanjutnya, kamu bisa melakukan iklan produk UMKM di sosial media. Kamu juga bisa menambahkan informasi pengadaan kerja sama dengan investor yang ingin bergabung. Hal ini akan memudahkan kamu mencari investor yang tertarik untuk mengembangkan usaha.

Investor yang tertarik untuk mengembangkan usaha yang sama akan segera menghubungi kamu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bantuan untuk mengiklankan produk UMKM yang dilakukan oleh investor tersebut.

Cara Memilih Investor UMKM Terbaik

Meskipun kamu memerlukan investor untuk mengembangkan UMKM, namun kamu harus tetap selektif dalam memilihnya. Hal ini akan memberikan kemudahan untuk meningkatkan kerja sama jangka panjang.

Terdapat hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika memilih investor supaya sesuai dengan kebutuhan. Beberapa cara memilih investor terbaik yang perlu kamu perhatikan, sebagai berikut:

1. Berpengalaman dalam Bisnis

Kamu harus memilih investor yang memiliki pengalaman dalam bisnis. Hal ini akan memberikan manfaat yang besar untuk memenuhi target pasar ekonomi. Kamu bisa meminta kerja sama untuk menentukan strategi yang tepat untuk perkembangan bisnis kamu.

2. Bertanggungjawab

Pastikan kamu memilih investor yang memiliki tanggungjawab yang baik. Kamu bisa melihatnya melalui respon yang diberikan setelah kamu menyerahkan proposal bisnis. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik sebagai cara mencari investor untuk UMKM.

3. Bisa Bekerjasama dengan Baik

Kamu perlu memperhatikan bahwa pihak investor bisa diajak bekerjasama dengan baik. Silakan untuk membuat kesepakatan kerja supaya tidak saling mengganggu kedudukan dan kewenangan masing-masing.

Penting sekali untuk memperhatikan kesepakatan dan kerjasama dengan baik. Hal ini akan berpengaruh pada kelancaran bisnis marketing UMKM kamu. Jangan ragu untuk bekerjasama dengan investor yang siap membantu pengembangan bisnis UMKM.

Faktor yang Menentukan Investor Tertarik Mendanai

Supaya bisa mendapatkan investor, maka kamu perlu mengetahui cara mencari investor untuk UMKM. Hal ini penting agar kamu mendapatkan investor yang cocok untuk UMKM yang sedang dijalankan.

Terdapat beberapa faktor yang perlu kamu miliki untuk menarik perhatian investor UMKM, sebagai berikut:

1. Keunikan

Pastikan kamu mengembangkan UMKM yang unik, misalnya mengambil tema budaya lokal tertentu. Hal ini akan membantu kamu untuk menarik perhatian investor dengan mudah. Kamu bisa menerapkan cara mencari investor untuk UMKM dengan faktor keunikan bisnis.

Kamu perlu memastikan bahwa bisnis yang kamu miliki memiliki keunikan yang berbeda dari bisnis yang lain. Sehingga kamu bisa mengembangkannya dengan modal dari investor yang ingin bergabung bersama kamu.

2. Inovasi

Selanjutnya, faktor lain yang bisa menarik investor adalah inovasi. Kamu bisa menunjukkan inovasi dari manfaat produk UMKM. Sehingga keberadaan produk tersebut bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jika UMKM kamu memiliki inovasi yang bagus seperti pengembangan teknologi untuk produk lokal. Maka, kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan investor yang berminat untuk mendanai usaha kamu.

3. Memiliki Masa Depan

Masa depan bisnis yang dimaksud adalah usaha tersebut memiliki perkembangan jangka panjang. Hal ini perlu diperhatikan sebelum kamu memulai bisnis, pastikan kamu memiliki bisnis yang bisa dikembangkan dalam jangka panjang.

Jika kamu memiliki usaha yang bisa menopang kemajuan ekonomi dalam jangka panjang, maka investor akan melirik usaha tersebut. Kamu bisa mendapatkan investor dengan mudah untuk mengembangkan UMKM yang dikelola.

4. Memiliki Anggaran Bisnis yang Jelas

Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan anggaran usaha yang digunakan dalam pengembangan UMKM. Pastikan bahwa anggaran tersebut jelas dan sesuai dengan kebutuhan usaha.

Pihak investor akan mempertimbangkan anggaran yang kamu butuhkan. Sehingga kamu harus membuat anggaran bisnis yang baik. Sesuaikan anggaran tersebut dengan perkembangan pasar supaya investor sepakat dengan anggaran tersebut.

5. Tujuan Usaha yang Jelas

Selain anggaran, cara mencari investor untuk UMKM yang perlu kamu perhatikan adalah dari faktor tujuan bisnis. Kamu harus memiliki tujuan bisnis yang jelas sehingga investor akan mempercayakan modal untuk bisnis tersebut.

Silakan untuk membuat tujuan usaha yang realistis sehingga mudah dicapai. Hal ini akan memperkuat keinginan investor untuk melakukan investasi bisnis. Kuatkan tujuan bisnis kamu supaya usaha tersebut bisa berkembang dengan baik.

6. Strategi Marketing yang Handal

Kamu juga perlu memperhatikan strategi marketing sebagai cara menarik perhatian investor. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menarik perhatian investor, misalnya dengan kemasan produk yang menarik.

Strategi marketing yang tepat akan membantu kamu menarik perhatian pembeli juga. Jadi, pastikan kamu memiliki strategi marketing terbaik supaya investor tertarik bergabung bersama kamu. Namun, jika merasa kesulitan dalam mencari investor untuk mengembangkan bisnismu, kamu bisa mengajukan pendanaan melalui KlikCair. Di KlikCair, proses pengajuan pinjaman dapat diproses dengan mudah serta persyaratan yang tidak ribet. Belum lagi, KlikCair kini sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga menjadi salah satu fintech Peer to peer lending terpercaya di Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mencari investor untuk UMKM yang perlu kamu ketahui. Silakan untuk segera menemukan investor terbaik demi kelancaran bisnis UMKM kamu. Pilih investor terbaik untuk UMKM yang maju.

Mungkin Anda juga menyukai