5 Manfaat Branding untuk Bisnis yang Perlu Diketahui

Manfaat branding
5 Manfaat Branding untuk Bisnis yang Perlu Diketahui. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Branding merupakan salah satu hal yang penting dilakukan dalam menjalankan suatu bisnis. Sebab, manfaat branding untuk bisnis memiliki pengaruh yang signifikan untuk masa depan bisnismu.

Namun, sebelum masuk ke penjelasan mengenai manfaat branding untuk bisnis, apakah kamu tahu apa itu branding? Apa saja jenis-jenisnya? Jika belum tahu, simak penjelasannya di bawah ini ya TemanKlik!

Pengertian branding

Branding. Photo by @patrikmichalicka

Brand merupakan suatu identitas atau nama yang mewakili suatu produk mulai dari nilai, manfaat, serta perusahaan yang memproduksi. Brand ini biasanya berupa nama, slogan, simbol, desain, atau bahkan gabungan dari keempat hal itu.

Suatu brand diciptakan oleh perusahaan agar dapat membedakan antara produk yang satu dengan produk lainnya yang dihasilkan. Selain itu, brand dapat membantu mengidentifikasi produk agar berbeda dengan kompetitor. Nah, untuk mengenalkan brand kepada masyarakat, perusahaan butuh dan harus melakukan branding.

Branding sendiri merupakan suatu proses yang bertujuan untuk memberi nilai terhadap suatu organisasi, perusahaan, produk, atau layanan dengan menciptakan dan membuat merek yang melekat ke dalam benak dan pikiran konsumen. Hal itu dapat dicapai dengan serangkaian strategi yang disusun perusahaan untuk membantu masyarakat dalam mengidentifikasi dan memiliki pengalaman terhadap brand yang dihasilkan.

Tidak hanya itu, dengan branding dapat membuat konsumen memilih suatu produk. Selain konsumen dan masyarakat, jika strategi branding berhasil maka akan meningkatkan reputasi perusahaan tersebut. Kita semua tahu kalau reputasi perusahaan merupakan sebuah aset yang tidak berwujud yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pandangan orang lain terhadap perusahaan atau bisnismu.

Di dalam branding juga ada unsur-unsur penting yang dapat membangkitkan reputasi perusahaan.

Berikut ini unsur-unsur branding:

  • Nama
  • Logo
  • Visual berupa desain, kemasan, keseragaman produk, dan sebagainya.
  • Juru bicara yang bisa dilakukan oleh c0-founder, maskot, hingga brand ambassador.
  • Nada atau lagu yang jadi ikon suatu brand
  • Slogan

Dengan mengkombinasikan unsur-unsur tersebut dapat melahirkan eksistensi dan persepsi brand yang positif agar dapat menarik minat calon konsumen sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan.

Tujuan branding

Tujuan branding. Photo by Pexels

Suatu perusahaan melakukan branding agar dapat mendorong masyarakat membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Namun, tidak hanya itu lho TemanKlik! Dengan branding, dapat membentuk persepsi masyarakat dan membangun rasa percaya.

Saat masyarakat memiliki persepsi positif serta kepercayaan yang kuat terhadap suatu merek, maka mereka akan cenderung melakukan pembelian kembali di masa yang akan datang. Dengan begitu, terciptalah pelanggan yang loyal. Loyalitas pelanggan menjadi satu aspek keunggulan kompetitif yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan.

Baca juga: Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Branding Produk

Manfaat branding untuk bisnis

Manfaat branding untuk bisnis.
Harley Davidson, brand motor. Photo by @nate_dumlao

Suatu brand yang eksis dan memiliki reputasi yang jelas sudah tentu menjadi pilihan masyarakat. Maka dari itu, branding sangat perlu dilakukan. Terlebih jika kamu tahu manfaat dari branding.

Berikut ini manfaat branding untuk sebuah bisnis yang perlu diketahui.

  • Membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian.
  • Memudahkan perusahaan mendapatkan pelanggan yang loyal.
  • Membantu perusahaan untuk menentukan harga jual.
  • Meningkatkan reputasi perusahaan.
  • Meningkatkan angka penjualan.

Dari hal itu, dapat disimpulkan bahwa branding merupakan aktivitas yang tidak kalah penting dengan kegiatan operasional. Sebab, branding juga memberikan dampak yang luas untuk perusahaan atau bisnis yang kamu jalankan.

Maka dari itu, kamu perlu menemukan dan menentukan strategi branding yang selaras dengan tujuan perusahaanmu. Cara tersebut dilakukan agar bisa memunculkan manfaat branding untuk bisnis yang sedang kamu jalankan dan bisnismu dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Selamat mencoba TemanKlik!

Mungkin Anda juga menyukai