Produk Terlaris di Indonesia yang Bisa Kamu Jadikan Ide Jualan di Tahun 2022

Toko dengan tulisan "open"
Produk Terlaris di Indonesia yang Bisa Kamu Jadikan Ide Jualan di Tahun 2022. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Harus diakui, selama masa pandemi, ada beberapa produk terlaris di Indonesia yang mungkin sebelumnya tidak begitu menarik di kalangan pengusaha. Selain itu, pandemi juga membuat cara penjualan lebih banyak dilakukan secara online. Data dari bank Indonesia menunjukkan ada sekitar Rp 27,2 triliun transaksi online, entah itu melalui toko online, marketplace, atau pun channel-channel lainnya. Dari data tersebut, pertumbuhan penjualan online meningkat sekitar 45 persen year on year.

Dari data kenaikan penjualan tersebut, tentu tidak semua produk laris manis ditawarkan secara online. Untuk kamu yang sekarang ingin terjun di bisnis online atau sedang mencari produk terlaris di Indonesia, kamu harus menentukan pilihan berdasarkan data yang akurat. Bukan sekedar berdasarkan tren yang biasanya bersifat sementara.

7 Produk Terlaris yang Tepat untuk Kamu Jadikan Ide Bisnis 2022

Dalam dunia bisnis, memang ada pasang surutnya. Ada produk yang permintaannya bagitu tinggi. Namun, ada masa di mana produk tersebut sudah mulai kurang diminati. Begitu juga sebaliknya.

7 barang berikut ini merupakan produk yang diprediksi bakal laris manis dengan tingkat permintaan tinggi di tahun 2022. Ini didasarkan pada data yang didapatkan dari penjualan di tahun 2021. 

Apa saja ketujuh produk tersebut?

  1. Bisnis Kuliner
Bisnis kuliner sebagai alternatif usaha ibu kota baru
Bisnis kuliner. Photo by Pexels

Sangat wajar jika bisnis kuliner naik tajam di tahun 2021. Di masa pandemi, banyak orang yang tidak begitu tertarik untuk makan di luar. Mereka lebih tertarik delivery order. Toh para pengusaha kuliner juga sudah mulai mengerti tren ini. Karena adanya pembatasan selama pandemi, para pengusaha mulai menawarkan delivery. 

Di sisi lain, muncul juga berbagai jenis kuliner, entah itu makanan pokok atau pun camilan. Banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan di masa pandemi. Tidak sedikit mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan setiap hari dengan membuka bisnis kuliner.

Ada peningkatan sekitar 30 persen penjualan makanan secara online selama tahun 2020. Ini data yang dirilis oleh BPS sesuai dengan laporan statistis e-commerce. Dan tren kenaikan ini terus muncul di tahun berikutnya. Inilah yang membuat para pakar ekonomi memprediksi akan ada kenaikan terus menerus di tahun mendatang.

Baca juga: Strategi yang Layak Kamu Terapkan Jika Menjalankan Usaha Kuliner Saat Pandemi

  1. Bisnis Fashion 
bidang bisnis umkm
Bisnis fashion. Photo by @socialcut

Fashion memang tidak ada matinya. Apalagi fashion itu terus berubah. Inilah yang membuat orang terus mengikuti perubahan tersebut dengan cara terus mengupgrade isi lemari baju mereka.

Ada banyak sekali kategori fashion. Ada pakaian, celana, sepatu, dan lain sebagainya. Di Indonesia, pakaian muslim dan Muslimah menjadi begitu laris manis dijual mengingat semakin banyak orang yang sekarang ingin berhijab. Belum lagi saat momen Ramadhan dan Idul Fitri tiba. Ini momen di mana para penjual pakaian muslim kebanjiran order. Di tahun 2019, gamis abaya sedang tren. Namun, tahun berikutnya hingga tahun ini, tren bergeser. Masyarakat lebih suka dengan gamis dan kaftan.

  1. Gadget 
Laptop, kamera, handphone
Jual gadget. Photo by @oria_hector

Gadget seperti hp, laptop, atau pun komputer sepertinya sudah tidak lagi menjadi barang yang asing. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Anak-anak harus belajar secara online. Secara otomatis, anak membutuhkan gadget. Hal inilah yang membuat penjualan gadget terus meningkat.

Memang sekarang sudah ada peraturan di mana sekolah sudah boleh dilakukan secara offline. Akan tetapi, kebutuhan gadget sudah tidak dihindari lagi. Hampir semua orang membutuhkan gadget. Tidak hanya orang tua atau orang dewasa. Anak-anak pun sekarang mengerjakan tugas dengan menggunakan gadget.

  1. Pakaian dan Alat-Alat Bayi
Pakaian bayi
Pakaian bayi. Photo by Pixabay

Di bulan November 2020 hingga Februari 2021 saja, ada sekitar 500 ribu bayi lahir. Ini membuat pakaian dan juga alat-alat bayi banyak dibutuhkan. Apakah ini benar? Ini bisa dikonfirmasi dari tingginya volume pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci seperti pakaian bayi atau peralatan bayi.

Jika kamu menarget orang tua yang mencari pakaian dan juga alat-alat bayi, maka ada potensi keuntungan lain yang bisa kamu optimalkan. Pasalnya, terdapat produk-produk turunan seperti mainan edukasi bayi, popok, produk kesehatan bayi, dan lain sebagainya. Belum lagi produk yang menyertai sesuai dengan perkembangan bayi. Jelas ini ide bisnis yang sangat menguntungkan untuk kamu coba.

  1. Game 
Seorang sedang memegang controller console game
Jual peralatan gaming. Photo by Pexels

Memang sekarang ini sudah banyak game online yang bisa didownload dan dimainkan di smartphone. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat produk game seperti gim konsol kehilangan pamor. Justru semakin banyak orang yang tertarik ketika mereka sudah tidak begitu merasakan ada tantangan setelah bermain game online di smartphone.

  1. Produk Custom 
Produk custom
Jual produk custom. Photo by Pexels

Beberapa orang tidak terlalu suka dengan produk pasaran. Artinya, produk tersebut digunakan atau dipakai oleh banyak orang. Mereka lebih memilih untuk membeli produk custom seperti kaos custom, jaket custom, dan lain sebagainya.

Karena custom, harganya pun sedikit lebih mahal. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat orang berhenti mencari barang custom. Kamu bisa membuka jasa pembuatan produk custom. Pasarnya semakin besar dan tahun depan diprediksi ceruk pasarnya akan semakin luas lagi.

  1. Produk Kecantikan 
Bisnis kosmetik halal
Bisnis produk kecantikan. Photo by @elementdigital

Produk kecantikan tidak ada matinya. Sama seperti produk fashion. Ini tidak hanya berkutat pada produk seperti krim wajar tapi juga yang berhubungan dengan kecantikan lainnya, seperti alat-alat makeup. Varian produk kecantikan juga semakin beragam. Ini membuat bisnis produk kecantikan tidak akan pernah selesai.

Dari 7 produk terlaris di Indonesia tersebut, kira-kira mana yang kamu akan jadikan ide bisnis di tahun mendatang?

Artikel Lainnya