12 Karakteristik yang Wajib Dimiliki oleh Wirausaha

Pebisnis sedang menjalankan bisnisnya
12 Karakteristik yang Wajib Dimiliki oleh Wirausaha. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Mungkin menjadi wirausaha atau biasa yang disebut sebagai entrepreneur menjadi impian terutama bagi generasi milenial dan generasi Z. Namun siapa bilang menjadi seorang wirausaha segampang membalikan tangan? Kamu harus memiliki karakteristik wirausaha.

Dalam menjalankan prosesnya banyak hal yang harus dikorbankan untuk dapat mencapai target tujuan. Maka sebagai wirausaha harus memiliki perilaku dan tindakan yang baik untuk menjaga komitmennya dalam menjalankan usahanya.

Apa sebenarnya karakteristik wirausaha?

Baca Juga: 9 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Kamu Tanam Sejak Dini

Apa Itu Karakteristik Wirausaha

Sebelum mengenal tentang karakteristik wirausaha, pastikan kamu tahu betul apa yang dimaksud dengan wirausaha. Wirausaha merupakan pelaku yang mampu untuk menciptakan ataupun mengelola sesuatu hal yang baru melalui proses kreatif dan inovatif yang tujuan dasarnya untuk mencari peluang kesuksesan. Pada masa kini, wirausaha lebih populer di kenal oleh masyarakat sebagai entrepreneur.

Sebagai seseorang wirausaha, tentu tujuan utamanya adalah mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu, sebagai wirausaha harus memiliki karakteristik wirausaha. Apa sebenarnya karakteristik wirausaha? Mungkin saat kamu mendengar istilah karakteristik, hal-hal yang ada dibenakmu berhubungan dengan perilaku ataupun tabiat.

Begitu juga dengan makna dari karakteristik wirausaha. Dapat didefiniskan bahwa karakteristik wirausaha merupakan hal-hal yang berhubungan dengan perilaku, ciri khas ataupun tindakan dari seseorang untuk mewujudkan ide-ide kreatif dan inovatif ke dalam dunia usaha.

Perilaku maupun tindakan dari wirausaha merupakan tindakan yang dilakukannya saat melakukan proses usaha tiap harinya. Dari tindakan kesehariannya, dapat menjadi cerminan diri untuk berkomitmen menjalankan usahanya hingga mencapai target yang diharapkan.

Tujuan dari Karakteristik Wirausaha

Setiap wirausaha pasti memiliki tujuannya masing-masing. Lalu, apa tujuan dari karakteristik wirausaha? Mengapa seorang wirausaha harus memiliki karaktertisik wirausaha? Nah, berikut ini adalah tujuan mengapa sebagai wirausaha harus memiliki karakteristik wirausaha!

  • Mengembangkan Sikap dan Perilaku dalam Berwirausaha

Saat menjalankan usaha dan selalu berpedoman teguh dengan karakter wirausaha, tentunya akan membentuk sebuah sikap dan karakter baru. Kamu akan lebih konsisten dalam menjalankan suatu kewirausahaan. Bahkan dengan karakteristik wirausaha yang kamu jalani setiap harinya dapat membantumu untuk mengembangkan potensi diri dalam berwirausaha.

  • Mengenalkan Apa Itu Kewirausaha kepada Masyarakat

Saat kamu mengimplikasikan karakteristik wirausaha yang baik dan mencapai kesukseskan, masyarakat akan memandangmu sebagai figur yang patut dicontoh. Masyarakat akan terdorong untuk ingin menjadi wirausaha. Pengalamanmu dapat dijadikan contoh kepada masyarakat sebagai pribadi yang ulet dalam menjalankan kewirausahaan.

  • Menghasilkan Wirausaha yang Berkualitas

Kunci dari usaha yang sukses adalah wirausaha yang berkualitas. Dengan memiliki dan menjalankan karakteristik wirausaha dengan baik, akan menghasilkan sumber daya wirausaha yang berkualitas.

  • Membantu untuk Menyejahterakan Masyarakat

Menjalankan karakteristik wirausaha dengan baik akan menghasilkan hal invofatif dan kreatifitas yang dapat berdampak baik pada masyarakat. Tidak hanya itu, buah hasil tersebut bahkan dapat membantu dan memudahkan masyarkat yang mengkonsumsi produk atau jasa yang dihasilkan.

Karakteristik yang Wajib Dimiliki oleh Wirausaha

Lalu karakteristik seperti apa yang harus dimiliki oleh wirausaha? Berikut ini 12 karakteristik yang wajib dimiliki oleh wirausaha, diantaranya;

  • Percaya Diri

Sebagai wirausaha yang baik, sangat penting untuk memiliki sifat percaya diri. Rasa percaya diri akan mencegahmu untuk merasa minder dengan orang lain. Apalagi rasa minder dengan kompetitor ataupun orang yang lebih sukses darimu. Kamu juga akan selalu merasa percaya diri dengan visi misi yang kamu jalankan.

  • Pemberani

Menjadi pribadi yang pemberani merupakan sebuah karakteristik wirausaha sukses. Memiliki sifat pemberani, kamu siap menghadapi tantangan yang ada. Kamu juga siap mengambil segala macam risiko. Oleh karena itu, kamu akan menjadi pribadi yang memiliki tekad kuat.

  • Tanggung Jawab

Tidak semua orang mampu memiliki sifat tanggung jawab, namun sebagai wirausaha yang baik sudah wajib hukumnya. Sebagai wirausaha, harus dapat bertanggung jawab akan hal yang sudah dimulai. Disaat terjadi permasalahan, sebagai wirausaha tidak kabur begitu saja. Dengan adanya rasa tanggung jawab yang tinggi, maka sebagai wirausaha akan mencari celah solusi untuk menyelesaikannya.

  • Disiplin

Salah satu kunci menjadi wirausaha yang sukses adalah memiliki sifat disiplin. Menghargai waktu, konsisten menjalankan tugas, patuh pada peraturan dan selalu berusaha untuk mengembangkan bisnis yang dijalan akan membuat seorang wirausaha selalu berkerja dengan profesional.

  • Mandiri

Mempunyai rasa mandiri, berarti siap untuk tidak bergantung diri pada orang lain. Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki oleh wirausaha. Karena saat memiliki sifat yang mandiri, menjalankan suatu usaha seorang diri bukanlah menjadi suatu beban.

  • Kreatif

Selalu mempunyai ide-ide yang kreatif menjadi suatu tantangan bagi wirausaha. Nyatanya dengan memiliki ide yang kreatif akan membuat suatu usaha selalu berkembang.

  • Rajin

Memiliki sifat rajin ingin selalu belajar hal baru dan menikmati proses menjadi kunci wirausaha sukses. Dengan ini, semua hal yang dilakukan akan selalu maksimal.

  • Sportif

Tidak mudah bagi seseorang mempunyai sifat sportif. Saat seorang memiliki sifat sportif, berarti ia siap untuk menghadapi kompetitor. Tentunya menghadapi persaingan selalu dengan cara yang sehat.

  • Jujur

Memiliki sifat jujur akan membangun kepercayaan orang-orang terhadapmu. Sebagai wirausaha, reputasi menjadi modal utama. Oleh karena itu sifat jujur menjadi modal utama dalam menjalankan bisnis.

  • Komunikatif

Mampu menjalankan komunikasi yang baik akan memperlancar segala proses suatu usaha. Oleh karena itu, sebagai wirausaha diharapkan untuk memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

  • Lapang Dada

Dalam menjalankan suatu usaha tentunya ada hambatan dan rintangan yang harus dijalankan. Memiliki sifat lapang dada berarti siap untuk menerima segala macam rintangan dengan ikhlas. Menerima dengan ikhlas bukan berarti untuk menyerah. Namun, sebagai wirausaha yang baik diharapkan untuk dapat terbangun dan memotivasikan dirinya untuk dapat bangkit kembali.

  • Rendah Hati

Memiliki sifat rendah hati memiliki arti bahwa sebagai wirausaha mau mengakui keunggulan dan kesuksesan kompetitor lain serta tidak meremehkan orang lain. Selalu terbuka dan ingin belajar dari orang lain menjadi pintu untuk mencapai kesuksesan.

Artikel Lainnya