Yuk Simak Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif

Yuk Simak Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif
Yuk Simak Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Sebagai seorang pebisnis pemula, kamu pasti masih belum paham bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif. Padahal di zaman serba modern ini sangat penting untuk tahu cara pemanfaatan peluang agar dapat berhasil dan sukses.

Tak seperti yang kamu bayangkan, untuk memulai bisnis usaha mandiri itu tak perlu persiapan yang muluk-muluk. Karena kunci dasar dari semuanya ternyata berpusat pada diri kamu sendiri.

Memang pada akhirnya modal usaha akan tetap menjadi hal lain yang harus dipersiapkan juga. Namun sebelum itu, yuk cermati dan pahami beberapa hal penting terkait bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif.

10 Cara Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif

Bagaimana cara memanfaatkan peluang usaha kreatif dan inovatif bagi seorang pemula agar mampu membangun usahanya berkembang adalah tantangan awal yang harus kamu ketahui. Nah berikut ada 10 cara yang dapat kamu lakukan, yaitu:

1. Bacalah Lingkungan Sekitar

Jawaban pertama atas pertanyaan tentang bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif adalah kemampuan membaca lingkungan sekitar. Kamu harus mampu secara jeli untuk melihat permasalahan yang sedang terjadi. 

Percaya atau tidak, sebuah peluang usaha sebagian besar akan berkaitan dengan lingkungan sekitar. Bagaimana bisa begitu? 

Ya karena pada masyarakat luas seringkali lahir suatu masalah yang membutuhkan solusi. Nah hal inilah yang dapat menjadi peluang usaha bagi kamu.

Misalnya ada banyak siswa usia sekolah sehingga timbul kebutuhan akan perlengkapan sekolah. Mulai dari buku, peralatan menulis, tas serta berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar tersebut.

Permasalahan akan dibutuhkannya ragam perlengkapan sekolah itulah yang dapat kamu jadikan petunjuk sebagai sebuah peluang usaha. 

Akan tetapi sebelum melakukan eksekusi bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif, lakukan terlebih dahulu langkah nomor 2 di bawah ini.

Baca juga: 10 Tips Memulai Bisnis Kosmetik Online Anti Gagal

2. Buatlah Riset

Setelah mendapatkan peluang bisnis untuk digarap, maka terlebih dahulu kamu harus mencari tahu beberapa hal berikut:

  1. Apakah di lingkungan wilayah tersebut ada kompetitor yang menjalankan usaha yang sama?
  2. Jika iya, cari tahu hal apa saja yang tersedia dan tidak tersedia pada bisnis milik kompetitor tersebut.
  3. Lakukan juga riset terhadap range harga yang kompetitor tawarkan.

Jika sudah, maka manfaatkanlah data riset untuk membangun usaha yang memiliki daya saing dengan pihak kompetitor sebagai nilai tambah. 

Misalnya, bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif di pihak kompetitor belum tersedia jasa foto kopi, laminating dan cetak print serta memiliki banderol harga yang tinggi.

Nah kamu dapat mendirikan usaha yang sama, namun memiliki nilai jual yang lebih. Yaitu menyediakan jasa laminating, foto kopi serta cetak print. 

Jangan lupa beri label harga yang kompetitif sehingga meski bisnis yang kamu tawarkan sama, namun masyarakat tetap tertarik.

3. Sesuaikan dengan Passion 

Banyak ahli yang menyarankan bagi para pemula untuk menjadikan hobi sebagai kegiatan yang bernilai ekonomis. Jadi ketika tak menemukan masalah pada lingkungan sekitar yang dapat menjadi ide bisnis, maka cobalah menjadikan passion sebagai peluang usaha. 

Contohnya passion kamu adalah menari. Maka gunakanlah keterampilan serta bakat minat kamu ini sebagai peluang usaha kegiatan ekonomi tanpa modal. Sebagai langkah awal, kamu dapat membuka usaha les menari di rumah.

Akan tetapi, jangan lupa kamu tetap harus melakukan riset sebagaimana uraian yang ada pada poin nomor 2. Hal tersebut sangat penting, agar usaha yang akan kamu jalankan nantinya akan memiliki nilai jual lebih untuk ditawarkan.

4. Lakukan Promosi di Media Sosial 

Jika kamu sudah menemukan peluang usaha dan mendirikannya, maka bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif selanjutnya? Lakukan promosi! Untuk melakukan itu kamu dapat menggunakan ragam media sosial yang ada.

Eits, jangan salah! Meskipun melakukan promosi secara gratis, keefektifan media promosi yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Hal tersebut karena saat ini semakin banyak orang yang menjadi pengguna media sosial dalam kesehariannya.

5. Lakukan Kolaborasi

Melakukan kolaborasi dengan pihak lain juga dapat menjadi pertimbangan untuk kamu lakukan, guna menjadikan usaha semakin berkembang. 

Misalnya sebagaimana contoh pertama di atas yaitu membuka usaha toko buku. Lakukanlah kolaborasi dengan pihak luar yang memiliki keterampilan lain untuk menambah variasi jasa. Semisal menerima pembuatan desain, pengetikan tugas sekolah atau menerjemahkan.

Atau pada contoh bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif kedua, kamu dapat berkolaborasi dengan pihak penyedia baju tradisional, wedding organiser untuk menyediakan penari dan lain sebagainya.

6. Tingkatkan Skill

Setelah usaha berdiri dan berjalan, jangan pasif. Kamu harus terus memacu diri untuk membangun usaha agar terus berkembang. Caranya adalah dengan meningkatkan keterampilan yang kamu miliki. Bergabunglah pada beragam kursus keterampilan yang ada.

Untuk jenis keterampilannya, sesuaikan saja dengan minat serta peluang usaha yang ingin kamu bangun. Selain akan meningkatkan kemampuan diri, ikut berbagai kelas kursus juga akan menjadi media penyebaran network serta promosi gratis lho.

7. Buka Perspektif Lebar-lebar

Peluang usaha yang kreatif dan inovatif berkaitan erat dengan perspektif. Bisa jadi kamu dan orang lain sama-sama melihat peluang bisnis membuka usaha kuliner mie ayam. Namun bagi orang yang kreatif serta inovatif, mie ayam yang dijualnya akan bernilai lebih.

Bisa melalui pengemasannya, cara pemasaran, konten promosinya, atau justru pada objek kulinernya itu sendiri. Contohnya menyediakan beragam topping yang dapat dipilih pelanggan sesuai selera masing-masing. Atau bahan pembuatan mie yang dibuat beragam.

8. Fokus pada Solusi

Bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif juga tak dapat lepas dari menjaga kemampuan diri untuk selalu fokus. Yaitu fokus pada penemuan jalan keluar yang terbaik pada saat menghadapi masalah.

Bukan rahasia lagi jika pada setiap usaha pasti akan timbul masalah. Nah pada saat hal ini terjadi, jangan berkecil hati. Kuatkan saja diri untuk fokus pada jalan keluar yang harus kamu tempuh agar dapat mengatasinya.

Manusiawi jika bersedih, namun terlalu berlarut tak akan membuat kamu mendapatkan solusi. Untuk itu tetaplah menjaga etos kerja, pelajari kesalahan yang terjadi lalu perbaiki langkah untuk mengembangkan usaha.

9. Daftarkan Usaha

Jangan lupa, daftarkan usaha yang kamu miliki segera. Hal ini demi melindungi beragam ide kreatif yang kamu miliki dan kembangkan. Selain mencegah tindakan plagiarisme oleh pihak lain, pendaftaran usaha juga akan meningkatkan nilai kepercayaan pelanggan.

10. Jaga Semangat 

Sebagai langkah terakhir bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif adalah selalu menjaga semangat. Jika ingin menjadi pengusaha sukses maka milikilah niat serta tekad yang kuat. Jangan hangat-hangat tahi ayam.

Karena semua langkah dan kerja keras yang dari awal kamu lakukan akan sia-sia saja jika kinerja tak terjaga. Pastikan kamu paham jika peluang usaha yang sedang dikembangkan ini bukan hanya bernilai saat ini namun panen besarnya juga di masa mendatang.

Demikianlah uraian untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif itu. Semoga dengan menerapkan ragam cara di atas, kamu akan berhasil mengembangkan potensi usaha yang ada, Semangat!

Mungkin Anda juga menyukai