10 Jenis Kerajinan Bahan Lunak dan Peluangnya untuk Bisnis

kerajinan bahan lunak
10 Jenis Kerajinan Bahan Lunak dan Peluangnya untuk Bisnis. Photo by @philu
Waktu baca: 3 menit

Setidaknya sekali dalam seumur hidup kita semua pernah mengerjakan kerajinan dari bahan lunak. Entah itu tugas saat sekolah dasar dulu ataupun memang keinginan untuk belajar.

Siapa sangka bahwa kerajinan bahan lunak begitu banyak jenisnya. Bahkan hasil olahannya dapat menghasilkan cuan dan dibisniskan.

Mari pelajari lebih lanjut mengenai kerajinan bahan lunak!

Baca Juga: Jenis Kerajinan Eceng Gondok yang Populer di Internasional

Pengertian dan Jenis-jenis Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan bahan lunak merupakan kerajinan tangan yang bahan utama untuk membuatnya adalah bahan lunak. Dalam proses pembuatannya tidak perlu diolah lagi. Jadi kamu dapat langsung mengolah bahan lunak menjadi suatu benda.

Pada umumnya, kerajinan bahan lunak dibagi menjadi 2 jenis yaitu bahan lunak alami dan juga buatan. Bahan lunak memiliki bahan dasar utamanya berasal dari alam. Contoh dari bahan lunak alami adalah tanah liat, pasir  dan juga serat alam seperti daun bunga, kulit pohon hingga kulit hewan.

Bahan lunak alami juga tidak memerlukan campuran dari bahan lain saat proses pembuatan menjadi produknya. Berbeda dengan bahan lunak alami, bahan lunak buatan bahan dasarnya dibuat oleh manusia. Bahan dasar dari bahan lunak buatan adalah sabun, lilin, bubur kertas, gips, spons, fiberglas dan lainnya.

Contoh Produk Kerajinan Bahan Lunak

Siapa sangka bahwa produk kerajinan bahan lunak sangat banyak lho! Yuk simak, apa saja contohnya.

  • Kerajinan Tanah Liat

Sudah tidak asing lagi sepertinya melihat hasil dari kerajinan berbahan tanah liat. Tanah liat menjadi bahan yang paling populer dan paling banyak hasil barangnya. Olahan dari tanah liat ini sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Hasil dari olahan bahan lunak tanah liat seperti batu bata, genteng, tembikar, pot, celengan, piring, cangkir dan lainnya.

Cara pembuatan kerajinan dengan tanah liat pada umumnya pengrajin mencampur tanah liat dengan air lalu membentuknya. Setelah itu, kerajinan tersebut dibakar dengan suhu yang sangat tinggi agar mengeras.

  • Kerajinan Serat Alam

Serat alam pada umumnya banyak dijadikan bahan dasar untuk kerajinan. Berbeda dengan tanah liat, serat alam biasanya dilakukan dengan teknik menganyam ataupun menenun.

Di Indonesia sendiri, industri yang bergerak dalam kerajinan bahan lunak berbahan dasar serat alam sangat banyak ditemukan. Contoh dari kerajinan serat alam adalah tas, hiasan dinding, sepatu, baju, kipas dan berbagai macam jenis lainnya.

  • Kerajinan dari Bahan Lilin

Kerajinan dari bahan lilin merupakan kerajinan yang pada umumnya teknik pembuatannya sangatlah mudah. Tidak diperlukan keahlian khusus saat membuatnya, cukup dengan kreatifitasmu saja.

Kamu hanya cukup mencairkan lilin dengan cara memanaskannya. Setelah lilin tersebut cair, kamu bisa langsung memulai membentuk lilin tersebut.

  • Kerajinan dari Kulit

Kulit binatang juga dapat digunakan sebagai bahan dasar kerajinan. Pada dasarnya, produk yang dihasilkan memiliki nilai yang tinggi. Kulit yang digunakan biasanya berasal dari kulit sapi, kulit kambing, kulit domba dan juga kulit kerbau. Teknik pembuatannya dengan teknik jahit atau ukir. Hasil dari kerajinan ini seperti tas, jaket, celana, sepatu, dan lainnya.

  • Kerajinan dari Sabun

Siapa sangka bahwa sabun juga bisa jadi bahan dasar untuk kerajinan. Cara pembuatannya juga ada dua macam. Pertama dengan cara membentuk atau mengukir sabun saat keadaanya masih padat. Kedua dengan cara mengahaluskan sabun terlebih dahulu dengan cara diparut lalu mencampurnya dengan air dan sagu. Setelah itu kamu dapat membentuknya. Hasil dari kerajinan sabun juga banyak, salah satu yang paling terkenal saat ini adalah bunga buatan dari sabun.

  • Kerajinan Berbahan Gips

Sudah tidak asing lagi jika gips digunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai macam kerajinan. Pada umumnya bahan gips memang digunakan untuk estetika interior bangunan. Cara membuat kerajinan dari bahan dasar gips juga cukup mudah. Cukup mencampur gips dengan air hingga kental. Setelah itu kamu dapat mencetaknya dan tunggu hingga mengeras. Faktanya kerajinan dari bahan gips ini juga dapat jadi ladang bisnis yang menjanjikan lho!

  • Kerajinan dari Bubur Kertas

Mungkin kerajinan yang dari bahan dasar bubur kertas sering dilakukan waktu sekolah dasar dulu. Selain mendaur ulang kertas yang sudah tidak terpakai lagi, kerajinan satu ini cukup mudah dan praktis untuk dibuat. Kamu dapat menghancurkan kertas terlebih dahulu dengan campuran lem, air dan tepung kanji.

  • Kerajinan dari Parafin

Parafin merupakan sejenis bahan lunak hasil dari olahan minyak bumi. Umumnya, parafin banyak digunakan sebagai bahan dasar kerajinan bahan lunak. Bentuk dari parafin berupa lempengan dan juga butiran.

  • Kerajinan dari Flour Clay

Kerajinan dengan bahan dasar flour clay biasanya digunakan untuk anak kecil. Hal ini dikarenakan komposisinya sangat aman untuk digunakan, terutama untuk anak kecil. Jenis tepung yang digunakan adalah tepung tapioka.

  • Kerajinan dari Plastisin

Sama hal nya dengan flour clay, plastisin banyak digunakan oleh anak kecil. Komposisinya tidak berbahaya dan aman untuk digunakan oleh anak kecil. Kelebihan dari plastisin dapat dihancurkan sewaktu-waktu dan dibentuk ulang.

Peluang Bisnis Kerajinan Bahan Lunak

Pada umumnya, kerajinan tangan khas Indonesia banyak berbahan lunak. Bahkan kerajinan Indonesia sudah dikenal di dunia Internasional. Oleh karena itu, kerajinan bahan lunak memiliki potensi yang besar untuk bisnis.

Jika kamu memiliki hobi mengerjakan kerajinan, kamu dapat mengubah hobi menjadi cuan. Tidak hanya itu, saat ini banyak orang yang ingin belajar mengerjakan kerajinan seperti kerajinan tanah liat. Kamu dapat membuka usaha dengan membuka kelas kurus membuat kerajinan bahan lunak.

Nah untuk membuka bisnis jenis ini, tentu kamu butuh menyewa studio. Jika sedang mencari ruko untuk dijadikan studio, kamu bisa melihat listing yang tersedia di janjisewa.com.

Artikel Lainnya