Jenis Kerajinan Eceng Gondok yang Populer di Internasional

kerajinan enceng gondok populer
Jenis kerajinan enceng gondok populer di internasional. Photo by Detik
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Di Indonesia kerajinan dari eceng gondok ini cukup beragam. Di sisi lain peminat hasil kerajinannya pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Bisa dikatakan dari segi peminatnya cukup banyak. Sehingga tidak mengherankan jika kini hasil kerajinan eceng gondok ini menjadi sangat populer. Terlebih lagi di era berbasis digital seperti ini. Yang membuat media promosi kerajinan yang berasal dari eceng gondok menjadi sangat mudah. 

Tidak tanggung-tanggung, kini ada cukup banyak kerajinan yang berasal dari eceng gondok yang populer dan mampu menembus pasar luar negeri. Berita baiknya lagi adalah masyarakat luar negeri pun tampaknya sangat menyukainya. Artinya potensi bisnisnya pun sudah semakin besar lagi. 

Tanaman Gulma yang Memiliki Nilai Jual 

Eceng gondok. Photo by Grid

Tentunya kamu sudah paham betul apa itu eceng gondok. Eceng gondok sendiri dikenal sebagai tanaman gulma atau pengganggu. Utamanya pengganggu bagi ekosistem air yang ditumbuhi eceng gondok. 

Ditambah lagi, tumbuhan ini bisa tumbuh dengan sangat cepat. Bahkan tidak butuh waktu lama, seluruh permukaan air bisa penuh oleh tanaman eceng gondok ini. Itulah kenapa harus dicarikan solusi untuk mengatasinya. 

Nah, untungnya eceng gondok ini bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku untuk berbagai kerajinan tangan. Berita baiknya lagi, kerajinan dari eceng gondok ini pun memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Bahkan ada beberapa yang di banderol hingga jutaan rupiah. 

Itulah alasannya kenapa kini eceng gondok sering disebut sebagai tumbuhan gulma yang memiliki nilai jual. Selain dijadikan sebagai bahan baku kerajinan, sebenarnya ada cukup banyak manfaat lain dari tanaman ini. 

Dijadikan sebagai pupuk organik adalah salah satu contohnya. Namun untuk kali ini tidak akan membahas tema itu. Agar lebih fokus, maka hanya akan dibahas jenis kerajinan tangan dari eceng gondok yang memiliki nilai jual tinggi. Utamanya yang mampu menembus pasar luar negeri. 

Baca juga: Intip Peluang Bisnis 2021 Prediksi Para Pakar Ekonomi

Kerajinan Eceng Gondok yang Menembus Pasar Luar Negeri

kerajinan enceng gondok populer
Hasil kerajinan eceng gondok. Photo by harian jogja

Kerajinan dari eceng gondok bisa dibilang sebagai kerajinan tangan yang kini namanya mulai naik. Bahkan hasil karya yang kreatif anak bangsa ini ada beberapa yang sudah mampu tembus pangsa pasar luar negeri. 

Pastinya bukan tanpa alasan kenapa kerajinan yang berasal dari bahan substrat alam seperti eceng gondok ini lebih banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan lebih memiliki nilai seni tinggi. Selain itu juga lebih natural. 

Eceng gondok sendiri termasuk jenis tumbuhan air yang mudah sekali dijumpai di Indonesia. Umumnya eceng gondok akan tumbuh di sungai, danau, dan lain sebagainya. Bahayanya tumbuhan air ini bisa menjadi benalu jika penanamannya tidak bisa dikendalikan. 

Namun jika bisa memanfaatkannya, eceng gondok bisa menjadi kerajinan dengan nilai estetika yang tinggi. Dan yang pasti kerajinan tangan dari eceng gondok ini rata-rata memiliki nilai jual yang cukup tinggi. 

Untuk saat ini ada cukup banyak hasil kerajinan eceng gondok yang ada di Indonesia. Dari segi pangsa pasarnya pun sudah sangat luas. Bahkan ada beberapa yang sudah go international. Misalnya saja seperti tas, furniture, sandal, ranjang, hingga souvenir. 

Nah, untuk kamu yang ada yang masih bingung jenis bisnis yang akan dipilih, bisnis kerajinan tangan dari eceng gondok yang populer ini bisa dipertimbangkan. Apalagi jika kamu mampu mengelolanya dengan jeli. Bukan tidak mungkin kerajinan dari eceng gondok yang dijual pun bisa tempus pasar internasional juga. 


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai