7 Profesi dengan Prospek yang Menjanjikan di Masa Depan

Profesi yang menjanjikan di masa yang akan datang.
Waktu baca: 4 menit

Punya profesi yang layak dan sesuai dengan minat pasti menjadi hal yang diidam-idamkan oleh setiap orang. Hal itu akan memunculkan rasa semangat saat bekerja. Selain itu, kamu akan merasa menikmati hari yang dijalani meski banyak pekerjaan yang menumpuk dan melelahkan.

Sebenarnya, selain mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat, kamu juga harus mempertimbangkan profesi yang memiliki prospek menjanjikan di masa depan. Dilansir dari laporan The Future of Jobs dari World Economic Forum, berikut profesi yang paling menjanjikan di masa depan.

Spesialis SEO

SEO
Spesialis SEO menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki masa depan yang cerah. Photo by Pixabay

Spesialis SEO adalah seorang yang mahir di bidang SEO (Search Engine Optimization). Orang yang mahir dalam bidang ini akan memiliki masa depan yang cerah, pasalnya hampir semua perusahaan memiliki permintaan tinggi untuk posisi itu.

Seorang spesialis SEO akan jadi tombak untuk pemasaran dalam suatu perusahaan karena dengan itu, website atau perusahaan akan berada di halaman paling terdepan di search engine seperti Google.com.

Dengan begitu, perusahaan akan naik ranking dan omsetnya. Jadi, wajar saja posisi sebagai spesialis SEO sangat penting untuk masa yang akan datang.

Digital marketing

Digital marketing profesi menjanjikan di masa depan
Seorang yang mendalami digital marketing memiliki masa depan yang cerah. Photo by Pexels

Dalam era digital ini, profesi digital marketing sangat dibutuhkan di setiap perusahaan. Ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan jadi keuntungan bagi para pegiat digital marketing.

Oleh karena itu, gaji seorang digital marketing pemula saja bisa memiliki penghasilan minimal Rp 7 jutaan seperti yang dikutip dari kellyservices.co.id.

Baca juga: 7 Jenis Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot

Ahli pengolah data

Pengolah data
Ahli pengolah data jadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Photo by Pexels

Saat ini, profesi pengolah data atau biasa disebut data scientist dicari oleh banyak perusahaan. Ahli pengolah data akan ditugaskan untuk mencari, mengolah, dan menganalisa data yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan. Untuk menjadi ahli pengolah data, setidaknya kamu harus menjadi lulusan sains atau mahir dalam bidang IPA.

Selain itu, kamu harus mahir berkomunikasi, berpikir kritis, jago dalam menyaring data, serta memiliki analisis yang kuat. Skill tersebut akan membantumu memudahkan mengumpulkan data sebanyak mungkin.

Pengembang aplikasi dan software

Developer aplikasi dan software
Seorang developer sedang mengerjakan suatu proyek. Photo by @trueagency

Saat ini, banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah aplikasi agar bisa menggaet banyak konsumen atau user. Maka dari itu, profesi sebagai pengembang aplikasi kini sangat dibutuhkan.

Selain itu, pengembang software juga dibutuhkan karena makin berkembangnya zaman maka bahasa pemrogaman makin banyak dan rumit. Dengan begitu, selain seorang pengembang aplikasi, pengembang software juga dibutuhkan agar bisa mengoptimalkan sistem komputerisasi perusahaan itu.

Desainer grafis

desain grafis
Seorang desain grafis sedang mengerjakan pekerjaannya. Photo by Pixabay

Tanpa promosi visual, sebuah bisnis memiliki peluang yang kecil untuk bisa menjangkau pasar yang diinginkan. Maka dari itu, desainer grafis sangat dibutuhkan dalam era digital ini. Dengan membuat desain promosi yang menarik perhatian bagi khalayak umum, maka perusahaan bisa menambah pelanggan baru.

Ahli konstruksi dan ahli teknik

Ahli konstruksi
Dua orang ahli konstruksi yang sedang mengukur lebar jalan. Photo by Pixabay

Di era pembangunan ini, ahli konstruksi masih sangat dibutuhkan hingga masa depan. Terlebih di Indonesia masih banyak melakukan pembangunan berbagai infrastruktur. Selain konstruksi, ahli teknik juga menjadi peluang yang menjanjikan. Sebab, di masa depan kemungkinan akan terjadi banyak perkembangan teknologi seperti nano teknologi, robotic, dan biokimia.

Praktisi kesehatan

praktisi kesehatan bisa jadi salah satu profesi yang menjanjikan di masa depan.
Tenaga medis akan selalu dibutuhkan hingga masa yang akan datang. Photo by Pixabay

Menjadi seorang praktisi kesehatan bisa dikatakan menjadi profesi yang mulia karena kamu membantu mengobati orang yang sakit. Apalagi, jika kamu lebih terfokus untuk menjadi seorang spesialis tertentu. Dengan begitu, kamu bisa meraih gaji yang lumayan besar hingga mencapai Rp 50 jutaan per bulannya.

Setelah mengetahui profesi yang menjanjikan, kamu bisa mulai mempersiapkan dan meningkatkan skill yang dibutuhkan. Namun, kamu harus tetap jeli dalam memilih jenis pekerjaan yang paling sesuai agar bisa menikmati setiap hal yang kamu lakukan.

You may also like...

Leave a Reply