Mengapa Hidup Sederhana Itu Penting? Berikut Alasannya 

Mengapa hidup sederhana itu penting
Mengapa Hidup Sederhana Itu Penting? Berikut Alasannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Mengapa hidup sederhana itu penting? Tak jarang kita melihat banyak yang memiliki pendapatan pas-pasan tetapi punya gaya hidup mewah. Hal ini tentu akan berakhir tidak baik jika terus dibiarkan. 

Oleh sebab itu, kamu perlu untuk melatih hidup sederhana. Untuk menjadi hidup sederhana bagi sebagian orang mudah. Namun, untuk sebagian yang lain sangat sulit dijalankan. Penting perlu tahu mengapa kita harus hidup dalam kesederhanaan dan contoh hidup sederhana ini. 

Baca juga: Filosofi Ikigai adalah Cara Menemukan Kebahagiaan

Alasan-alasan Hidup Sederhana Itu Penting 

Ada banyak alasan mengapa hidup sederhana itu penting karena ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupanmu. 

Untuk itu, simak beberapa alasan mengapa kita harus menjaga pola hidup sederhana ini agar bisa membuka wawasan kamu dan lebih perhatian untuk mencintai hidup sederhana. 

1. Bisa Memanajemen Diri Lebih Baik 

Kesederhanaan akan membantu kamu untuk mengelola hidup secara tepat. Cara hidup sederhana, bisa dikaitkan dalam hal keuangan. Kamu tentu perlu mengaturnya dengan baik agar tidak mengeluarkan uang secara berlebihan. 

Langkah mudah yang dilakukan seseorang untuk bersikap sederhana yaitu menyesuaikan keuangan yang dimilikinya dengan gaya hidup. Hidup sederhana akan membiasakan diri untuk melakukan manajemen dengan baik. 

Anda bisa mengelola gaji yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan. Apabila mempunyai gaji yang sedikit, dengan hidup sederhana akan membuat kamu merasa cukup. 

Begitu juga ketika kamu punya gaji yang tinggi, sifat sederhana dibutuhkan agar tidak royal dan membuat uangmu lekas habis. Kamu bisa memilih prioritas terbaik seperti lebih memilih menabung atau melakukan investasi. 

Penting juga untuk membeli barang yang lebih penting dan menahan  untuk membeli barang yang tidak perlu agar lebih menghemat pengeluaran dan manajemen diri menjadi lebih baik. 

2. Lebih Merasa Tenang dan Damai

Mengapa hidup sederhana itu penting? hal ini karena akan membuat hati menjadi lebih tenang. Kamu dapat membelanjakannya dengan menggunakan skala prioritas atau mana yang lebih penting dulu. 

Kebutuhan pokok yang tercukupi dengan baik akan membuat hati sudah merasa tenang. Berbeda dengan orang yang hidup glamour dengan membeli barang yang tidak penting. Padahal, masih ada kebutuhan pokok yang harus dibeli. 

Apabila uang tersebut sudah habis dan tidak cukup membeli kebutuhan pokok, ini tentu akan membuat hati menjadi gusar. 

Akhirnya akan terjerat hutang yang membuat pusing dan resah. Ciri orang hidup sederhana yaitu tidak iri apabila ada teman yang hidup dengan kemewahan dan hanya menuruti hawa nafsu saja. Karena bagimu hidup sederhana sudah cukup, ini akan mengurangi sikap dengki dan iri. 

Kamu akan berpikir tidak perlu untuk membeli barang mewah dan ingin dipuji orang lain. 

Hal tersebut akan memunculkan kedamaian batin karena tidak perlu mengejar hal atau barang apapun hanya untuk mendapatkan kepuasan dan keegoisan saja itulah mengapa hidup sederhana itu penting. 

3. Lebih Menghemat Uang atau Pengeluaran 

Apabila kamu menginginkan barang tertentu yang selama ini menjadi impianmu, maka hidup sederhana adalah jalan untuk meraihnya. 

Jadi, alasan mengapa hidup sederhana itu penting yaitu agar penghasilan yang kamu peroleh bisa ditabung untuk membelanjakan barang yang kamu inginkan. 

Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan barang tersebut lebih cepat bisa tercapai. Pola hidup sederhana harus dilaksanakan secara konsisten agar dapat manfaatnya yaitu bisa menabung untuk masa depan. 

4. Membuat Hidup Lebih Bahagia 

Apa keuntungan orang yang hidup sederhana selanjutnya? Sederhana dalam hidup juga akan melahirkan kebahagiaan. Kamu akan tahu bahwa hidup yang ada saat ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Dengan begitu, kamu akan menghargai setiap kesederhanaan tersebut dengan lebih bahagia. 

Lebih tenang dalam menjalani hidup dan tidak memaksa mendapatkan sesuatu yang tidak mampu dibeli akan memunculkan rasa bahagia. 

5. Lebih Kreatif 

Manfaat hidup sederhana juga untuk membuat seseorang semakin kreatif. Hal ini karena otak akan diasah bagaimana caranya untuk hidup cukup dengan menggunakan apa yang sudah dimilikinya. 

Dibandingkan harus membeli barang baru, kamu akan lebih menahan diri dan akhirnya tumbuhlah kreatifitas untuk membuat barang yang memiliki fungsi yang diinginkan. Contohnya adalah menjahit gaun sendiri, menggunakan sampah plastik untuk didaur ulang. 

Mengecat ulang benda yang terlihat sudah usang sehingga akan tampak seperti baru. Dengan melakukannya, ini akan terhindar dari perilaku konsumtif. 

6. Belajar Mencintai Diri Sendiri 

Hikmah hidup sederhana akan membuat lebih menerima keadaan sendiri. Setelah menerima keadaan hidup, maka timbullah rasa cinta pada diri sendiri sehingga ini akan membuat seseorang menjadi pribadi yang bersyukur dan menerima apa adanya. 

Namun, perlu diingat bahwa ini bukan membuat kamu menjadi bermalas-malasan dan tidak mau berusaha. Sederhana dilakukan untuk membuatmu tidak terlalu memaksakan diri dan tahu batas kemampuan. 

7. Dermawan 

Perilaku sederhana akan membuatmu memiliki sifat tidak pelit atau tidak berorientasi pada harta. Memberikan sesuatu kepada orang lain sudah membuat senang. 

Tidak perlu menghitung berapa yang sudah diberikan sehingga ini akan memupuk rasa suka berbagi karena merasa apa yang dimiliki dirinya sudah cukup. 

Demikianlah penjabaran penting tentang mengapa hidup sederhana itu penting. Hidup sederhana akan memberikan dampak positif bagi kamu, tetapi bukan berarti harus kikir terhadap diri sendiri. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengelola keuangan sesuai kebutuhan.

Mungkin Anda juga menyukai