Inilah Penjelasan Macam-macam Koperasi di Indonesia

Macam-macam koperasi di Indonesia.
Macam-macam koperasi di Indonesia. Photo by The Diplomat
Waktu baca: 3 menit

Kondisi ekonomi menjadi hal yang sangat sensitif di tengah-tengah masyarakat dan berpotensi turut mencederai kondisi sosial masyarakat. Di mana kondisi ekonomi ini pada nyatanya memiliki sekat yang mengantarai masyarakat, yakni mereka yang berada di golongan bawah dan golongan atas. Bagi masyarakat yang berada di golongan ekonomi atas, tentunya tidak banyak mengalami kesulitan akan perihal pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, bagi masyarakat golongan bawah, kondisi ini sangatlah sulit demi bisa terus mempertahankan hidupnya sehari-hari.

Kehadiran koperasi di tengah-tengah masyarakat Indonesia sekaligus menjadi angin segara yang dapat membawa masyarakat menuju kehidupan yang adil dan makmur sebagaimana landasan idiil di dalam koperasi yang berupa pancasila. Asas kekeluargaan yang terbangun di dalam tubuh koperasi sangatlah menampakkan sisi khas dari masyarakat Indonesia yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, kekeluargaan, dan gotong royong. Sehingga keberadaan koperasi ini penting untuk selalu diperjuangkan untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat. Macam-macam koperasi di Indonesia perlu untuk diketahui lebih jelas sehingga keterlibatan kamu di dalam keanggotaan koperasi pun dapat berjalan secara efektif dan optimal.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Koperasi di Indonesia

Macam-Macam Koperasi Di Indonesia

Berdasarkan Jenis Usaha

Koperasi simpan pinjam.
Koperasi simpan pinjam. Photo by Maxmonroe

Berdasarkan jenis usahanya, koperasi terbagi menjadi 4, yakni:

  • Pertama, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), di mana di dalamnya memiliki usaha tunggal guna mengumpulkan simpanan dari anggota dan memberikan pelayanan mengenai peminjaman. Hal yang menentukan besarnya jasa untuk penabung dan peminjam ditentukan oleh rapat anggota.
  • Kedua, Koperasi Konsumsi yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari untuk masyarakatnya. Misalkan saja seperti bahan-bahan makanan, perabotan rumah tangga, pakaian. Dan tentunya berbelanja di koperasi ini, kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan di tempat lain.
  • Ketiga, Koperasi Produksi yang di dalamnya membuat sebuah produk untuk kemudian dijual secara bersama-sama. Dan bagi masyarakat yang memiliki bisnis, bisa menyerahkan hasil produksinya ke koperasi. Sedangkan bagi para anggotanya, akan bisa mendapatkan pemasaran dari produknya dan memperoleh bantuan modal usaha. Sehingga koperasi produksi ini akan sangat membantu kamu yang sedang mengalami hambatan di dalam mendirikan sebuah usaha. 
  • Keempat, Koperasi Serba Usaha (KSU) yang di dalamnya terdapat berbagai jenis usaha. 

Berdasarkan Keanggotaan

Koperasi petani.
Koperasi petani. Photo by Tribunnews

Ada beberapa koperasi yang didasarkan pada keanggotannya. Diantaranya sebagai berikut.

  • Pertama, Koperasi Pensiunan yang berupaya untuk mensejahterakan dan menyediakan keperluan bagi para pensiunan pegawai negeri.
  • Kedua, Koperasi Petani, yang di dalamnya melibatkan masyarakat dalam pertanian dengan kegiatan seperti penyediaan pupuk dan bibit tanaman serta penyuluhan pertanian.
  • Ketiga, Koperasi Sekolah, yang keanggotaannya adalah warga sekolah tersebut seperti guru, siswa, dan karyawan sekolah. Yang mana di dalam koperasi tersebut menyediakan berbagai keperluan sekolah.
  • Keempat, Koperasi Pasar, yang di dalamnya beranggotakan para pedagang pasar dalam upaya memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pedagang pasar tersebut, seperti peminjaman modal hingga penyediaan barang-barang dagangan.
  • Kelima, Koperasi Unit Desa (KUD), yang mana di dalamnya beranggotakan dari masyarakat di desa tersebut. Koperasi ini menjalankan kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan pertanian maupun perikanan bagi yang berada di wilayah pesisir pantai.
  • Keenam, Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI), yang di dalamnya beranggotakan oleh para pegawai negeri, baik dari pusat maupun daerah dalam upaya untuk memberikan kesejahteraan kepada para pegawai negeri.

Berdasarkan Tingkatan

Koperasi primer.
Koperasi primer. Photo by Sindonews

Koperasi yang didasarkan pada tingkatannya ini terbagi menjadi dua, yakni:

  • Pertama, Koperasi Primer, yang di dalamnya beranggotakan individu-individu minimal 20 orang.
  • Kedua, Koperasi Sekunder, yang di dalamnya meliputi pusat koperasi, gabungan koperasi, dan induk koperasi.

Melalui macam-macam koperasi yang ada di Indonesia, kamu bisa menyesuaikan koperasi yang akan kamu gunakan. Keberadaan koperasi ini tidak akan memberatkan kamu, apalagi bagi kamu yang akan segera merintis usaha namun masih terkendala dengan modal. Berbagai macam koperasi ini merupakan bagian dari upaya agar dapat menyentuh masyarakat di setiap sisi sehingga mampu untuk mewujudkan kesejahteraannya melalui koperasi yang berasaskan kekeluargaan. Sehingga, pada akhirnya diharapkan masyarakat mampu untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan terhindar dari kesulitan ekonomi yang juga menyentuh sisi sosial dari masyarakat.

You may also like...

Leave a Reply