4 Solusi Cerdas Kontrol Belanja Bulanan Biar Kantong Aman

Solusi Kontrol Belanja Bulanan
Solusi cerdas kontrol belanja bulanan. Photo by @atoms
Waktu baca: 3 menit

Belanja bulanan penting dilakukan guna memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam sebulan ke depan. Biasanya, saat belanja bulanan ini kamu bisa khilaf. Sehingga lama-lama dompet bisa jebol, tabungan terkikis, dan gaji habis bukan dalam waktunya. Kondisi itulah yang mengharuskanmu untuk perlu tahu solusi cerdas kontrol belanja bulanan biar kantong aman.

Umumnya, saat belanja bulanan barang yang paling utama dibeli ialah bahan pangan, produk kebersihan badan, kamar mandi, pakaian, dan lainnya. Nah kamu biasanya bisa saja tergoda untuk membeli barang-barang di luar kepentingan bulanan. Apalagi jika ada diskon-diskon dan potongan harga yang menarik. Kondisi ini menyebabkan pengeluaranmu jadi tidak terkontrol. Hasilnya, kamu harus merogoh kocek lebih banyak saat belanja bulanan.

Nah agar tidak terjadi hal seperti yang disebutkan di atas, alangkah baiknya kamu pahami 4 solusi cerdas kontrol belanja bulanan biar kantong aman. Simak penjelasannya di bawah ini ya TemanKlik!

Susun daftar belanja

Solusi Kontrol Belanja Bulanan
Menyusun daftar belanja. Photo by Pixabay

Sebelum memulai untuk belanja bulanan, alangkah baiknya kamu menyusun daftar belanja. Susun barang-barang apa saja yang ingin dibeli, jika bisa sekalian dengan perkiraan dari harga barang tersebut. Selalu ingat bahwa kebutuhan pokok dan benar-benar mendesak jadi prioritasmu dalam belanja. Tinggalkan terlebih dahulu belanja barang-barang yang bersifat keinginan atau yang masih bisa ditunda.

Jika sudah menyusunnya dengan baik, kamu bisa memperkirakan anggaran yang diperlukan untuk belanja bulanan. Pastikan semua kebutuhan pokok sudah tercantum di daftar tersebut ya!

Pelajari katalog produk

Pelajari katalog produk. Photo by Pexels

Jika kamu kesulitan saat menyusun daftar belanja untuk menyesuaikan anggaran, kamu bisa mempelajari katalog produk. Biasanya, katalog ini dibagikan secara cuma-cuma atau kamu bisa juga melihat di beberapa situs yang memang menyediakan daftar katalog produk untuk beberapa toko yang ada.

Lihat dan pelajari katalog tersebut dengan baik dan benar. Setelah itu, kamu bisa dengan mudah menyusun daftar belanja, karena kamu bisa tahu harga barang-barang yang diinginkan serta ada atau tidaknya promo yang tersedia.

Disiplin saat belanja

Belanja barang yang dibutuhkan
Utamakan belanja barang-barang yang memang kamu butuhkan. Photo by Rawpixel

Setelah menyusun daftar belanja, pastikan untuk selalu mengikuti dan disiplin dengan daftar tersebut. Jika tidak, daftar belanja yang akan disusun akan percuma dan malah bisa jadi kamu harus merogoh kocek yang dalam saat menjalankan belanja bulanan tanpa rasa kedisiplinan yang tinggi.

Maka dari itu, penting sekali untuk tetap disiplin dan mengikuti daftar belanja yang sudah disusun agar anggaran yang digunakan juga sesuai dengan rencana. Jangan tergoda untuk membeli barang di luar kebutuhan yang sudah ditetapkan sekalipun ada promo.

Baca juga: 5 Tips Belanja Online dengan Hemat di Masa Krisis

Manfaatkan promo

Manfaatkan promo dan diskon saat belanja. Photo by @Justinlim

Saat berbelanja, biasanya kamu akan melihat banyak promo-promo yang tersedia. Jika memang kebetulan barang yang masuk di daftar belanja ada promo, segera beli ya TemanKlik! Selain promo yang tersedia dari toko, kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo dari kartu kredit atau dompet digital.

Biasanya, baik dari kartu kredit dan dompet digital pasti akan menwarkan banyak promo seperti diskon, cashback, hingga tukar dengan reward point yang sudah dimiliki. Hal itu tentu menguntungkanmu bukan?

Memanfaatkan promo dengan baik tentu dapat mengurangi anggaran belanja yang sudah disusun. Kondisi ini akan membuat anggaran belanjamu ada lebih dan bisa digunakan untuk hal lain atau mungkin bisa juga ditabung untuk belanja bulanan di bulan berikutnya.

Jangan lupa juga jika kamu memanfaatkan promo dari kartu kredit untuk mebayar tagihan tepat waktu. Hal itu dilakukan agar fasilitas promo ini tidak menjadi boomerang yang malah membuatmu terlilit utang dan mengeluarkan lebih banyak uang untuk membayarkan denda.

Itulah 4 solusi cerdas kontrol belanja bulanan agar keuanganmu tetap aman. Meski terlihat mudah, namun sebenarnya hal itu bisa dikatakan cukup sulit jika tidak dibarengi dengan komitmen dan disiplin. Yuk atur anggaranmu dengan baik agar keuanganmu tetap aman untuk masa yang akan datang.

Mungkin Anda juga menyukai