Apa Itu Money Game? Ini Dia Ciri-Ciri yang Mudah untuk Kamu Lihat

ilustrasi money game
Apa Itu Money Game? Ini Dia Ciri-Ciri yang Mudah untuk Kamu Lihat. Photo by @mathieustern
Waktu baca: 3 menit

Akhir-akhir ini, banyak sekali diberitakan orang yang tertipu dengan bisnis model money game. Apa kamu tahu apa itu money game? Dan kenapa bisnis ini justru membuat orang rugi?

Sebenarnya, tidak semua orang yang mengikuti bisnis money game ini rugi. Ada yang untung. Bahkan, untungnya sangat besar. Yaitu mereka yang ada di level atas. Money game ini dijalankan dengan sistem ponzi. Jadi, orang yang berada di paling atas tentunya yang mendapatkan banyak kentungan. Sementara itu, yang berada di bawah rugi. Sayangnya, jumlah yang di bawah atau yang rugi itu jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang di atas.

Untuk itu, kamu harus berhati-hati. Jangan sampai kamu terperangkap dalam money game ini. 

Apa yang Dimaksud dengan Money Game?

Ilustrasi money game
Apa yang dimaksud dengan money game? Photo by Pixabay

Lalu, sebenarnya model bisnis seperti apa money ini? Sekilas, ini seperti bisnis biasa. Seseorang akan diajak untuk bekerja bersama-sama untuk mendapatkan uang atau yang sering digembor-gemborkan passive income. Karena yang mereka tawarkan biasanya adalah kesuksesan yang mudah. Kesuksesan tanpa harus bekerja keras.

Hanya saja, bisnis ini tidak dijalankan dengan cara menjual produk atau menawarkan sebuah jasa melainkan fokus untuk mencari member (anggota). Kemudian bisnis ini dianggap sebagai money game. Pasalnya, uang keuntungan kamu sebagai member didapatkan dari uang dari member lain. Begitu seterusnya. Itulah mengapa bisnis ini disebut dengan money game.

Bahkan, beberapa orang tidak menyebutnya dengan bisnis. Mereka mengatakan bahwa money game itu bukan bagian dari bisnis melainkan penipuan. Pasanlya, fokus utamanya bukan menjual produk atau layanan. Keuntungan hanya didapatkan dari pencarian member. Semakin banyak member yang bisa direkrut, semakin banyak uang yang didapatkan.

Sekarang, sudah jelas kan apa itu money game?

Baca juga: Kerugian Bisnis MLM yang Membuat Banyak Orang Tidak Mau Join

3 Ciri-Ciri Model Bisnis Money Game

Ilustrasi bisnis money game
Model bisnis money game. Photo by Pexels

Agar semakin terang benderang, berikut ini 3 ciri money game yang harus kamu ketahui:

  1. Harga Produk Tidak Masuk Akal 

Money game itu mirip dengan bisnis lainnya. Ada produk yang ditawarkan. Produk tersebut yang diperjual-belikan. Hanya saja, keuntungan utama bukan dari jualan produk melainkan mencari member. Memang ada keuntungan dari jual produk. Hanya saja, keuntungannya tidak seberapa dibandingkan dengan ketika kamu berhasil merekrut member. Makanya, orang yang terjerumus di dalam money game lebih cenderung untuk mencari member baru daripada menjual produk.

Dengan kata lain, produk hanya kamuflase untuk menunjukkan bahwa ini adalah bisnis. Padahal, jualan produk bukan utama atau bahkan tidak menjadi tujuannya. Apalagi kebanyakan produk dipatok dengan harga yang tidak wajar. Harganya lebih mahal daripada produk sama dengan merek lain.

  1. Misi Mencari Member

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fokus dari money game adalah mencari member baru sebanyak mungkin. Karena dari merekrut member baru inilah seseorang bisa mendapatkan keuntungan. 

Tentu bukan hal yang salah ketika kamu mengajak orang lain agar bisa sama-sama sukses. Kamu mengajak teman atau bahkan saudara untuk sama-sama menghasilkan uang. Namun, tidak dengan yang satu ini. Money game ini didesain agar hanya beberapa yang sukses. Selebihnya yang jumlahnya besar merugi. Mereka yang rugi besar adalah para member yang paling baru, yaitu member yang dalam skema ponzi berada di lapisan paling bawah yang tidak mampu lagi mencari member baru lainnya.

  1. Tawaran Mimpi Selangit 

Ciri money game yang paling mudah dilihat adalah tawaran mimpi selangit. Banyak orang yang sedang mencari member harus berdandan dengan begitu elegan. Bahkan, tak jarang mereka harus menyewa jas atau bahkan menyewa mobil agar terlihat sukses. Tujuannya adalah untuk meyakinkan calon member baru bahwa mereka sudah sukses. Dan mereka ingin mengajak orang lain untuk sukses.

Saat menawarkan kepada orang lain untuk bergabung, biasanya iming-imingnya selangit. Misalnya saja penghasilan tinggi tanpa harus bekerja atau yang sering disebut dengan passive income, bonus mobil mewah, kekayaan yang didapatkan dalam waktu sekejap, dan lain sebagainya. Tentu saja orang akan sangat mudah tergiur. Namun, kamu harus tahu justru itulah ciri dari money game.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu ciri-ciri dari money game. Diharapkan kamu bisa menghindari dari bisnis dengan model money game seperti ini. 

Terkadang, tidak mudah untuk bisa terhindar dari money game. Kamu sudah tahu money game itu seperti apa. Namun, ketika ada teman atau bahkan saudara yang menawarkan, rasanya sungkan untuk menolak. 

Akan tetapi, bukan berarti kamu harus ikut. Kamu bisa menolak dengan cara halus. Misalnya saja kamu bilang saja bahwa kamu tidak punya modal untuk join. Atau kamu sudah tidak lagi memiliki waktu untuk menambah kegiatan atau pekerjaan. 

Yang pasti, ketahui apa itu money game lalu usahakan agar kamu tidak terjebak masuk ke dalamnya. Karena sekali kamu terjerumus, kamu akan rugi begitu besar. Bukan hanya rugi secara finansial. Kamu juga rugi secara kredibilitas. Karena ketika kamu berhasil merekrut member dan ternyata mereka rugi, siapa yang akan disalahkan kalau tidak kamu.

Artikel Lainnya