20 Film Saham Yang Bisa Jadi Referensi Belajar Dunia Trading dan Investasi Keuangan

Ilustrasi film tentang saham
20 Film Saham Yang Bisa Jadi Referensi Belajar Dunia Trading dan Investasi Keuangan. Photo by Pexels
Waktu baca: 6 menit

Melakukan trading saham merupakan sesuatu yang sudah sangat lazim dan bisa dilakukan oleh semua orang berkat kemajuan teknologi saat ini. Mempelajari trik dan strategi perdagangan saham ternyata tidak melulu dengan membaca buku teori saja. Menonton film tentang saham bisa menjadi salah satu cara belajar seluk beluk dan beragam trik perdagangan saham.

Berikut ini 20 film tentang perdagangan saham yang bisa memberi Kamu insight dan inspirasi agar semakin sukses dalam melakukan praktik trading.

Trading Places 

Trading Places
Trading Places. Photo by Movieden.net

Film tahun 1983 ini mengambil latar belakang kota Philadelphia dan mengisahkan tentang dua orang trader bernama Mortimer dan Randolph. Keduanya melakukan eksperimen dengan melibatkan seorang penipu dan membidik kalangan bangsawan yang kaya. Film lama ini bisa menjadi salah satu rekomendasi film saham tentang scam atau tindak kecurangan dalam perdagangan saham.

Wall Street

Film Wall Street
Salah satu adegan dalam film Wall Street (1987). Photo by Letterbox

Film produksi tahun 1987 ini dibintangi oleh Charlie Sheen bersama dengan Michael Douglas. Wall Street berkisah tentang sosok Bud Fox yang memiliki ambisi besar untuk meraih sukses dengan cepat sebagai seorang trader. Akan tetapi ambisi besar untuk sukses secepat mungkin tersebut diikuti dengan melanggar hukum karena Bud melakukan praktik – praktik ilegal.

Barbarians at the Gate

Barbarians at the Gate.
Barbarians at the Gate. Photo by Mubi

Barbarians at the Gate diproduksi tahun 1993 dan berkisah tentang Ross Johnson yang merupakan seorang CEO sebuah perusahaan. Film yang diangkat dari buku dengan judul sama karya Bryan Burrough dan John Heylar ini bisa menjadi media untuk belajar tentang praktik pembelian terutang yang berdampak besar pada perusahaan, karyawan dan juga para pemegang sahamnya.

Rogue Trader 

Rogue Trader
Rogue Trader. Photo by Mubi

Film yang dibintangi oleh Ewan McGregor ini diproduksi tahun 1999 dan berdasarkan kisah nyata tentang Nick Leeson. Ia adalah manajer muda yang aktif di bursa derivatif yang berada di Singapura. Karena seorang Leeson maka sebuah bank di Inggris mengalami kerugian sangat besar. Film saham ini bisa menjadi referensi bagi pelaku trading Forex.

Boiler Room

Boiler Room
Beberapa pemeran yang bermain dalam film Boiler Room. Photo by TVOvermind

Film rilisan tahun 2000 ini menceritakan kisah Seth, seorang mahasiswa DO yang dituntut untuk memenuhi standar tinggi seorang ayah. Seth kemudian bekerja sebagai pialang saham pada sebuah perusahaan investasi. Ia termotivasi oleh sukses Jay, seorang pialang sukses yang banyak melakukan cara – cara curang.

Enron The Smartest Guy in Room 

Enron The Smartest Guy in Room 
Enron The Smartest Guy in Room. Photo by empireonline

Film ini menceritakan praktik licik yang dilakukan oleh CEO baru perusahaan Enron setelah CEO sebelumnya terkena kasus perdagangan tidak sehat. CEO baru ini ternyata juga melakukan praktik kecurangan untuk melakukan manipulasi angka saham. Praktek ini akhirnya terbongkar berkat kejelian seorang jurnalis yang mempelajari laporan keuangan perusahaan Enron. Film tahun 2005 ini masih sangat relevan sebagai sebuah pelajaran tentang kecurangan dalam dunia trading saham.

The Pursuit of Happyness

film The Pursuit of Happyness
The Pursuit of Happyness. Photo by HireofYouth

Film yang dibintangi Will Smith pada tahun 2006 ini bercerita tentang kisah nyata seorang Chris Gardner. Gardner bersama anaknya mengalami kesulitan keuangan hingga harus tinggal di panti tunawisma. Namun berkat kegigihannya Gardner berhasil meraih sukses sebagai broker saham.

The Ascent of Money

The Ascent of Money.
The Ascent of Money. Photo by ket.org

Film tahun 2008 ini menceritakan seorang Niall Ferguson yang merunut sejarah uang dan perkembangannya sebagai alat tukar dan elemen bisnis yang utama. Film ini bisa memberi gambaran mengenai sikap masyarakat dalam konteks bisnis di masa modern.

Capitalism

Capitalism.
Capitalism. Photo by Spiralsound

Capitalism adalah film besutan sutradara Michael Moore yang diproduksi tahun 2009. Film ini berkisah tentang scam company yang melakukan penipuan saham setelah krisis moneter yang terjadi tahun 2007 lalu. Capitalism dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi di Amerika ketika terjadi tren investasi pada perusahaan China pada tahun 2008. Capitalism merupakan salah satu film saham terbaik yang bisa menjadi referensi tentang risiko dan kecurangan di dunia perdagangan saham

Inside Job

Inside job
Poster film Inside Job yang disutradarai oleh Charles Ferguson. Photo by 12inch Store

Film dokumenter tentang krisis keuangan tahun 2008 ini menceritakan korupsi sistematis yang terjadi di Amerika Serikat. Dokumenter buatan tahun 2010 bisa memberi gambaran dan pemahaman mengenai regulasi keuangan global.

Chasing Madoff

Chasing Madoff.
Chasing Madoff. Photo by Just Watch

Film tentang saham ini juga diluncurkan tahun 2010 dan berkisah tentang Madoff yang mengalami kesulitan ketika berusaha memperoleh komisi sekuritas serta situasi bursa saham di Amerika Serikat. Film ini dibuat berdasarkan buku “No One Would Listen” karya Harry Markopolos yang menceritakan dampak dari lazy money di sebuah perusahaan.

Too Big To Fail

Too Big To Fail
Too Big To Fail. Photo by mubi

Film dokumenter tahun 2011 ini dibuat berdasarkan buku “Too Big To Fail” karya Andrew Ross Sorkin. Sorkin menulis tentang pengaruh beberapa perusahaan besar terhadap krisis keuangan tahun 2008.

Margin Call

Margin Call Netflix
Margin Call. Photo by Netflix

Film yang dibintangi Jeremy Irons, Kevin Spacey bersama Paul Bettany di tahun 2011 ini menceritakan kisah nyata sebuah perusahaan ketika terjadi krisis keuangan 2008. Perusahaan tersebut memiliki hutang besar yang tidak terbayarkan.

Arbitrage

Arbitrage.
Arbitrage. Photo by Kapanlagi

Film drama kriminal dari tahun 2012 ini bisa menjadi rekomendasi film saham khususnya sebagai referensi belajar tentang pengelolaan hedge fund. Richard Gere memerankan Robert Miller, seorang manajer keuangan yang melakukan banyak kecurangan sehingga terancam masuk penjara.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film untuk Inspirasi Pebisnis

The Wolf of Wall Street

Rekomendasi Film untuk Inspirasi Pebisnis.
The Wolf of Wallstreet. Photo by Liputan 6

Film tahun 2013 yang dibintangi Leonardo DiCaprio bersama Jonah Hill dan Margot Robbie ini berkisah tentang kisah nyata seorang Jordan Belfort. Belfort merupakan trader saham yang berhasil meraih sukses dengan cepat. Namun kesuksesannya harus dibayar mahal ketika terjadi penipuan dan korupsi di Stratton Oakmont, perusahaan miliknya.

The Big Short

The Big Short
Salah satu adegan dalam film The Big Short. Photo by Truthdig

Film yang dirilis tahun 2015 ini menceritakan sekelompok trader cerdas dengan strategi antisipatif sehingga mampu bertahan ketika terjadi krisis moneter. The Big Short diadaptasi dari novel dengan judul sama yang ditulis oleh Michael Lewis. Kamu yang tertarik dengan strategi di pasar saham bisa menonton salah satu film saham terbaik yang membahas tentang kecerdikan dan strategi para trader.

Becoming Warren Buffet

Becoming Warren Buffet.
Becoming Warren Buffet. Photo by Pinterest

Film tahun 2017 ini berkisah tentang Warren Buffet, seorang trader populer. Film ini merupakan film dokumenter tentang trader ikonik yang memiliki perjalanan hidup yang seru dan menyenangkan. Kisah hidup Warren Buffet yang inspiratif baik dalam kehidupan pribadi maupun karir bisa disaksikan di film ini.

The China Hustle

The China Hustle
The China Hustle. Photo by The China Hustle

Film saham ini menceritakan aktivitas investor di Amerika yang berusaha memperoleh keuntungan dari pertumbuhan ekonomi tinggi yang terjadi di China. Menyaksikan dari tahun 2017 ini bisa memberi gambaran tentang cara legal maupun ilegal perusahaan dari China agar masuk dalam bursa saham Amerika.

Money Monster

Poster film Money Monster
Money Monster. Photo by motasefilm

Film ini menceritakan kisah pembawa acara televisi di bidang keuangan yang memberi konsultasi pada penonton di acara Money Monster. Nasib sial dialami kru acara televisi tersebut ketika ada investor yang marah dan menyandera mereka. Film yang dirilis tahun 2016 ini dibintangi oleh George Clooney, Jack O’Connell dan Julia Roberts.

Banking on Bitcoin

Salah satu adegan di film Banking on Bitcoin.
Salah satu adegan di film Banking on Bitcoin. Photo by Amazon

Film dokumenter buatan tahun 2016 ini berisi tentang sejarah serta beberapa wawancara dengan pelaku Bitcoin serta BlockChain. Siapapun yang tertarik terjun di bidang investasi digital money sebaiknya menonton film ini.

Itulah 20 film tentang saham dan investasi yang bisa menjadi inspirasi dan juga referensi tentang dinamika di bidang tersebut. Belajar tentang dunia trading tidak melulu harus membaca buku atau mendatangi seminar; film–film seru ini bisa memberi gambaran lain mengenai dunia perdagangan saham beserta tantangan – tantangannya.

Artikel Lainnya