Mengenal Berbagai Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kurs Valas

Ilustrasi mata uang asing
Mengenal Berbagai Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kurs Valas. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Bagi kamu yang masih cukup pemula dalam hal kurs valuta asing atau juga lebih dikenal dengan valas, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kurs valas terkait dengan besarnya nilai yang dimiliki dan hal ini perlu untuk dipahami dengan sebaik mungkin. 

Hal ini juga dikarenakan terdapat beberapa keterkaitan yang cukup kuat dan penting mengenai pelaksanaan dari perdagangan serta investasi yang lebih banyak cenderung untuk menggunakan valas itu sendiri. 

Maka dari itu, simak 7 faktor yang memiliki peranan penting dalam pengaruh besarnya nilai dari kurs valas ini. Simak ulasan dan penjelasannya di bawah ini..

  • Besarnya Nilai Inflasi

Faktor pertama yang memiliki pengaruh terhadap nilai dari kurs valas yaitu inflasi. Inflasi ini berkaitan dengan kenaikan yang dimiliki terhadap beberapa harga barang dalam kurun waktu periode tertentu. Meskipun terdapat pihak yang memiliki produksi yang sama terhadap barang tersebut dengan jumlah yang sama, akan tetapi perlu untuk dipahami bahwa keberadaan dari inflasi yang melanda di suatu tempat akan mempengaruhi besarnya harga dari produk yang dimaksud tersebut. 

Jika kamu memilih untuk mengambil atau membeli barang dari yang lainnya, maka hal ini akan semakin meningkatkan inflasi yang terjadi.

  • Besarnya Minat dan Daya Tarik yang Dimiliki Konsumen

Faktor kedua yang memiliki peranan dalam mempengaruhi besarnya nilai dari kurs valas yaitu besarnya minat dan daya tarik yang dimiliki dari konsumen terhadap produk tertentu. Kondisi ini membuat negara harus mengimpor produk tersebut. 

Tentunya hal ini akan memberikan dampak terhadap nilai mata uang negara yang menjadi semakin meningkat. Sebab, ada keperluan untuk bisa membayarkan biaya impor untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan tersebut.

Kecenderungan yang dimiliki oleh para konsumen dalam mengkonsumsi produk tersebut, maka angka keperluan untuk impor juga akan semakin bertambah banyak.

Baca juga: Cara Investasi Valas yang Mudah Ditiru dan Jelas Menguntungkan

  • Jumlah Pendapatan Masyarakat

Faktor-faktor yang mempengaruhi kurs valuta asing selanjutnya ialah besaran income atau pendapatan yang dimiliki oleh masyarakat. Jika pendapatan yang dimiliki semakin tinggi, maka nantinya tingkat konsumsi yang dilakukan juga akan semakin naik. 

Transaksi pembelian barang yang diperlukan menjadi semakin meningkat. Mau tidak mau pemerintah harus bisa memenuhi besarnya permintaan masyarakat tersebut. 

Apabila dari pihak pemerintah sendiri mampu untuk secara mandiri memproduksi dan memenuhi kebutuhan konsumsi itu, maka kestabilan nilai mata uang akan terjaga.

  • Meningkatkan Besarnya Suku Bunga

Untuk dipahami, besarnya suku bunga yang dimiliki oleh sebuah negara bisa mendorong negara lain untuk memasukkan mata uangnya ke negara tersebut. Maka dari itu, besarnya dari kurs valas juga akan semakin terpengaruh dari besarnya tingkatan naiknya suku bunga yang ada. Nantinya penawaran yang diberikan juga akan semakin meningkat dari pihak negara yang menjadi penanam modal.

  • Pembuatan Kebijakan Pemerintah dengan Tujuan Pengawasan

Pemerintah memiliki kewenangannya untuk membuat dan menjalankan berbagai kebijakan sesuai dengan kondisi yang dimiliki oleh negara, termasuk juga dalam membuat kebijakan yang ada kaitannya dengan moneter, fiskal, dan perdagangan luar negeri. 

Termasuk juga pembatasan mengenai jumlah produk atau barang impor maupun ekspor.Nantinya barang tersebut tidak akan melebihi jumlah yang seharusnya membawa keuntungan untuk nilai mata uang dari negara itu sendiri. Apalagi adanya permintaan untuk barang impor tidak memberikan dampak terhadap mata uang lokal menjadi naik.

  • Besarnya Aliran Modal yang Berhasil Masuk

Faktor selanjutnya ialah besarnya aliran modal yang berhasil masuk. Salah satu dari bentuk aliran modal yaitu berkaitan dengan besarnya pinjaman utang yang diberikan oleh pihak luar negeri. Selain itu ada juga hasil investasi, maupun kerjasama lainnya yang berdampak secara langsung. 

Beberapa hal tersebut memiliki peranan yang cukup signifikan dalam membantu untuk menguatkan nilai dari mata uang lokal yang ada.

  • Kondisi dan Situasi yang Terjadi di Dalam Negeri

Kondisi yang dimiliki suatu negara juga memegang peranan yang besar dalam memberikan pengaruh terhadap nilai dari mata uangnya. Jika kondisi dan situasi suatu negara sedang baik-baik saja dan cenderung stabil, maka dapat menarik keputusan investor untuk menanam modalnya di negara tersebut.

Demikian faktor-faktor yang mempengaruhi kurs valas. Saat mengetahui bagaimana kondisi kurs valas di Indonesia, kamu bisa menentukan akan berinvestasi valas atau tidak.

Artikel Lainnya