Cara Investasi Valas yang Mudah Ditiru dan Jelas Menguntungkan

Grafik valuta asing
Cara Investasi Valas yang Mudah Ditiru dan Jelas Menguntungkan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Apakah kamu sekarang sedang mencari tahu beberapa hal tentang investasi? Jika ya, ada baiknya kamu juga pelajari cara investasi valas atau valuta asing. Ini merupakan investasi uang asing yang sangat menguntungkan.

Kok bisa? Karena dari selisih nilai mata uang negara sendiri dengan negara asing itulah kamu bisa mendapatkan keuntungan. Lebih mudahnya, kamu bisa lihat harga nilai tukar rupiah terhadap dollar. Beberapa tahun yang lalu, nilai dollar terhadap rupiah mungkin hanya Rp 10.000an saja. Sekarang, nilainya bisa mencapai Rp14.000. Bayangkan jika kamu sudah berinvestasi di dollar dua atau tiga tahun lalu. Kenaikan nilai tukar tersebut yang membuat kamu mendapatkan banyak untung.

Jadi, semakin tertarik untuk investasi valas? Sebelumnya, kamu harus pelajari dulu cara investasi valas. Jangan hanya sekedar investasi atau bahkan ikut-ikutan saja ya.

Kenapa Harus Investasi Valas?

Valuta asing
Valuta asing. Photo by @markusspiske

Sebelum membahas tentang tips investasi valas, kamu kudu tahu dulu kenapa sih banyak orang yang melakukan investasi valuta asing. Ternyata, kebanyakan dari mereka memiliki pemahaman yang sama. Ini merupakan investasi yang relatif terjangkau. Kamu bisa investasi di valas dengan modal dana yang minim. Begitu juga biaya transaksinya yang begitu murah.

Belum lagi dengan tingkat likuiditas yang tinggi. Kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. Apalagi sekarang sudah ada platform digital yang menawarkan lebih banyak kemudahan. Ketika kamu membutuhkan untuk likuiditas, tinggal buka saja smartphone lalu ajukan likuiditas. Gampang, kan?

Lebih dari itu, banyak investor yang mau membeli. Bisa dikatakan daya beli investor di valas ini sangat tinggi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengenai stabilitasnya.

Jadi, semakin tertarik kan untuk tahu lebih jauh tentang valas?

Baca juga: Aset Investasi yang Sebaiknya Kamu Miliki Saat Ini Juga

Cara Investasi Valas yang Minim Risiko

Dua orang berdiskusi terkait investasi valuta asing
Cara investasi valuta asing. Photo by Pexels

Namanya investasi tentu ada risikonya. Memang investasi di valas memiliki risiko yang relatif rendah. Akan tetapi, jangan asal. Karena ketika kamu sudah menaruh modal yang cukup banyak di valas, tetap saja risiko semakin tinggi.

Untuk meminimalisir risiko, ada beberapa poin yang perlu kamu ketahui.

  • Pilih Mata Uang Asing yang Nilainya Cenderung Menguat

Ini poin pertama dan paling penting. Valas itu mata uang asing. Ketika kamu investasi atau menyimpan mata uang asing, usahakan kamu pilih mata uang asing yang kuat.

Seperti apa mata uang yang kuat? Yaitu mata uang yang relatif naik terus nilai tukarnya terhadap rupiah. Misalnya Dollar. Atau yang cukup menarik saat ini adalah euro. Dua valas tersebut relatif kuat dan sangat tepat jika kamu investasikan uang di dua valas tersebut.

  • Ikuti Perkembangan Terbaru

Namanya investasi, pada ada naik dan turunnya. Valas ini mirip dengan emas. Harga emas dari tahun ke tahun memang naik. Namun, jika kamu lihat perkembangannya dari bulan ke bulan atau bahkan dari hari ke hari, harga emas bisa saja turun lho. Begitu juga dengan valas. Sekalipun kamu sudah memilih valas yang kuat, kemungkinan turun itu pasti ada.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa bisa turun? Ini terkait dengan kondisi atau situasi ekonomi, sosial, atau pun politik di negara di mana kamu memilih mata uangnya untuk kamu investasikan. Contohnya saja. Nilai mata uang dollar biasanya sangat fluktuatif ketika terjadi resesi di Amerika Serikat. Ini terjadi beberapa kali.

Faktor lain yang juga sangat mempengaruhi adalah faktor politik. Ketika sebuah negara kondisi politiknya sedang kurang bagus, biasanya nilai mata uangnya juga kurang bagus.

Jadi, sebagai investor, kamu harus mengikuti perkembangan. Ikuti berita tentang ekonomi dan politik dunia. Ini sangat membantu kamu untuk mengetahui pergerakan valas.

  • Jeli Saat Mengambil Keputusan

Ketika kamu mengikuti perkembangan ekonomi dan juga politik dunia, maka insting kamu akan semakin kuat. Keputusan yang kamu ambil pun akan sangat tepat, yaitu apakah kamu harus membeli atau menjual.

Pada intinya, keuntungan bisa kamu dapatkan ketika kamu tahu kapan waktu membeli yang tepat, yaitu waktu di mana nilai mata uang negeri tertentu rendah dan kemungkinan nanti. Karena ketika naik, kamu akan mendapatkan keuntungan saat kamu menjualnya. Yang jadi masalah adalah kapan kamu harus membuat keputusan antara membeli dan menjual.

  • Pilih Tempat Investasi Valas yang Terpercaya

Sekarang ini, ada banyak sekali tempat investasi valas. Pastikan kamu memilih tempat yang sudah mendapatkan ijin dari pihak berwenang ya. Ini sangat penting agar kamu terhindar dari apa yang sekarang ini sedang marak, yaitu investasi bodong.

Cek dulu di apakah tempat investasi yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau tidak. Jika tidak terdaftar, jangan pilih. Pilih tempat yang benar-benar sudah terdaftar di OJK.

Nah, itulah cara investasi valas yang sebaiknya kamu pelajari. Selanjutnya, terapkan cara tersebut dan perhatikan seberapa cepat perkembangan dana yang kamu investasikan di valas.

Artikel Lainnya