5 Jenis Olahraga Hemat yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Sehat

Olahraga hemat agar tetap sehat
Waktu baca: 3 menit

Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan. Sebab dengan berolahraga, tubuhmu akan menjadi bugar dan sehat. Namun, halangan yang paling sering dihadapi oleh orang-orang ialah waktu dan biaya. Sebenarnya, olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan kini sudah banyak jenis olahraga hemat yang bisa dilakukan oleh kamu.

Nah karena olahrga itu penting untuk kesehatan tubuhmu, yuk simak beberapa jenis olahraga hemat yang bisa kamu lakukan.

Jogging di sekitar rumah

Jogging di sekitar rumah.
Jogging di sekitar rumah. Photo by Pixabay

Jogging atau lari menjadi salah satu olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan setiap orang. Modal yang kamu butuhkan hanya pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berlari. Biasanya, jogging akan makin menyenangkan saat kamu melakukannya sambil mendengarkan lagu dari earphone.

Adapun manfaat yang bisa kamu rasakan dengan rutin jogging antara lain membakar kalori tubuh, menambah stamina, menambah massa otot, dan sebagainya. Tidak hanya kalori, kolesterol yang ada di dalam tubuh juga terbakar. Bagaimana? Banyak manfaat yang bisa didapatkan bukan?

Skipping

Skipping salah satu olahraga hemat
Skipping merupakan salah satu olahraga hemat yang bisa kamu lakukan. Photo by @element5digital

Olahraga skipping bisa dikatakan bukan hal baru. Terlebih buat kamu yang dulu saat kecil bermain dengan teman menggunakan karet gelang. Kini, untuk skipping sudah ada alatnya yang harganya kurang dari Rp 50ribu. Hanya dengan modal segitu, kamu bisa bertambah sehat karena lompat tali bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Workout from home

Workout from home
Salah satu gerakan workout from home yang bisa kamu coba. Photo by Pixabay

Saat merasa tidak memiliki waktu untuk berolahraga, kamu bisa melakukan workout from home. Saat melakukan workout from home, kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang ada disekitarmu atau bahkan tidak perlu menggunakan alat. Untuk memulainya, kamu bisa mencari tutorial workout from home di youtube. Sebagai tips tambahan, kamu bisa mencari channel yang menyediakan beragam konten olahraga. Hal itu dilakukan agar kamu tidak bosan melakukan olahraga yang itu-itu saja.

Lakukan yoga sederhana

Gerakan yoga sederhana
Salah satu gerakan yoga sederhana. Photo by @theformfitness

Untuk melakukan yoga, biasanya butuh instruktur yang mana harus mengeluarkan biaya. Namun, kamu juga bisa melakukan yoga sederhana tanpa butuh instruktur. Cukup lakukan gerakan-gerakan dasar yang sederhana seperti upward and downward facing dog, back pain pose, dan standing pose. Hanya bermodalkan matras, kamu bisa melakukan yoga sederhana. Atau bisa juga mengikuti pelatihan yoga gratis yang biasanya dilakukan di taman-taman kota.

Bersepeda keliling lingkungan rumah

Bersepeda bersama
Bersepeda bersama keluarga. Photo by Rawpixel

Sama seperti jogging, bersepeda bisa kamu lakukan di sekeliling lingkungan rumahmu atau mungkin agak jauh hingga keliling kota. Agar saat bersepeda lebih menyenangkan, kamu bisa mengajak beberapa rekan atau keluargamu untuk ikut bersepeda. Dengan begitu, kamu bisa menikmati bersepeda dan tidak terlalu serius dan keras saat mengayuh sepedamu.

Setelah mengetahui beberapa jenis olahraga hemat ini, sudah tentu tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan olahraga. Dengan begitu, kamu bisa melakukan olahraga hemat. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan dana yang tidak terpakai tersebut untuk berinvestasi.

You may also like...

Leave a Reply