Enggan Kerja Kantoran? Ini 6 Pekerjaan Freelance Penghasilan Besar Menguntungkan

freelance penghasilan besar
Penulis lepas, salah satu pekerjaan freelance dengan penghasilan besar. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Menjadi seorang freelancer sudah bukan hal yang baru di Indonesia. Apalagi mendengar bahwa dengan pekerjaan freelance penghasilan besar bisa didapatkan. Tidak heran jika pekerjaan ini sekarang banyak diminati. Nah, tidakkah kamu juga tertarik?

Disamping kerja kantoran, freelance kini memang tengah diperhitungkan. Hal ini tidak terlepas karena keuntungan yang bisa diperoleh. Baik dari segi kerjaan maupun besar penghasilannya. Bahkan bila dibandingkan pekerjaan full time lainnya.

Jenis Pekerjaan Freelance Penghasilan Besar

Jadi seorang Youtuber.
Konten Kreator menjadi salah satu pekerjaan freelance dengan penghasilan besar. Photo by @rachitank

Sekarang ini, tak sedikit yang menolak untuk kerja kantoran. Alasannya beragam, salah satunya karena enggan terikat. Pilihan untuk kerja freelance pun banyak dijadikan opsi terbaik. Apalagi untuk besar penghasilan, freelance juga tidak kalah besarnya.

Seperti di bawah ini, berikut adalah beberapa contoh pekerjaan freelancer penghasilan besar yang bisa juga kamu lakukan:

  • Konten Kreator

Adalah sebuah profesi yang pekerjaannya membuat konten. Baik berupa tulisan, gambar, video, suara atau lainnya. Di mana konten-konten tersebut dibuat untuk media. Terutama digital seperti Youtube, Instagram, Blogger dll.

Besar penghasilan menjadi konten kreator ini sendiri bervariasi. Sebagai contoh, untuk  seorang youtuber saja penghasilannya bisa sampai ratusan juta per bulan. Tergantung jumlah subcriber dan banyak viewersnya.

  • Penulis Freelance

Ini menjadi pekerjaan freelance paling sederhana. Bagi kamu yang suka menulis, jenis pekerjaan ini bisa jadi pilihan. Apalagi saat ini banyak media membutuhkan penulis lepas demi menghasilkan lebih banyak artikel untuknya.

Penulis yang dimaksudkan disini ialah penulis konten, blog atau lain sejenisnya. Berbeda dengan penulis buku, di mana tulisan ini biasanya berupa artikel. Dibuat sebagai sarana promosi atau brand awarenes untuk produk yang dijual.

Keuntungan yang didapat dari pekerjaan ini terbilang cukup besar. Karena untuk setiap satu artikelnya bisa dihargai lumayan mahal. Patokannya berbeda-beda, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu tergantung kualitasnya.

  • Jasa Desain Grafis

Saat ini, penyedia jasa desain grafis dihargai cukup mahal. Tapi itu tentu setara dengan tingkat kesulitannya. Di mana tidak semua orang bisa menjalani profesi ini. Mengingat dibutuhkan skill khusus dan kreativitas yang tinggi.

Jenis pekerjaan ini sendiri biasanya banyak dibutuhkan untuk pembuatan logo. Seperti oleh perusahaan, brand dan organisasi. Atau membuat infografis, desain ikon, produk, ilustrasi berita dan lainnya.

  • Guru Les Privat

Menjadi guru les privat juga menjadi pekerjaan freelance yang menguntungkan. Kamu bisa membuka jasa les privat bagi siswa SD atau SMP. Tugasnya pun tidak begitu sulit, tapi memang harus penuh kesabaran. Sementara untuk besar gaji, itu tergantung pada tarif dan banyaknya murid les.

  • Programmer

Pekerjaan freelancer penghasilan besar selanjutnya adalah programmer. Bukan jenis pekerjaan main-main memang, tidak heran jika gajinya bisa sangat tinggi. Sebagai contoh, lihat saja James Knight. Kini ia bisa meraup sekitar Rp14 juta per jam, nilai yang fanstastis kan?

  • Digital Marketer

Sesuai namanya, profesi ini berkaitan dengan pemasaran sebuah produk. Digital marketer memiliki tugas mengiklankan produk melalui media elektronik. Seperti mulai dari media sosial, content marketing, video marketing dan lain-lain.

Penghasilan yang bisa didapatkan dari pekerjaan ini pun cukup besar. Mengingat perusahaan biasanya rela membayar tinggi. Karena memang pekerjaannya tidak sembarangan dan butuh strategi bagus.

Baca juga: Cara Menjadi Freelancer untuk Mendapat Penghasilan Tambahan

Hal Penting Dalam Penetapan Penghasilan Freelance

Tarif yang didapat sesuai dengan pengalaman. Photo by Fox Business

Besar penghasilan dari pekerjaan freelance tidak didapat begitu saja. Sama seperti jasa atau produk lainnya, patokan harga juga harus dipertimbangankan. Banyak faktor yang ikut menentukan disini, diantaranya:

  • Tarif Berdasarkan Pengalaman

Saat masih baru di dunia freelance, kamu tidak bisa langsung dapat upah besar. Butuh tahapan hingga nominalnya naik cukup tinggi. Semakin berpengalaman kamu, maka tarif untuk setiap pekerjaan itu pun bisa semakin besar.

  • Pertimbangan Pembayaran Per Proyek

Mengenakan biaya per proyek biasanya lebih menguntungkan daripada per jam. Hal ini karena kualitas kerjaan dirasa dapat lebih dijamin. Sehingga hasilnya pun memuaskan dan bayarannya juga bisa lebih banyak. Karena itu, cobalah kamu pertimbangkan untuk mengenakan penagihan per proyek saja.

  • Faktor Dalam Pajak

Ketika kamu berwiraswasta, penghasilan biasanya tidak dikenai pajak. Kecuali jika kamu sudah mengajukan pajak. Untuk itu, sebaiknya sisihkanlah sebagian dari penghasilan kamu untuk pajak. Saat memutuskan tarif untuk suatu proyek, pertimbangkan juga pajak yang akhirnya harus kamu bayar.

Dilihat sekilas, freelance ini memang menyenangkan dan menjanjikan. Apalagi dengan gaji alias penghasilan yang menguntungkan. Tapi jangan salah, kenyataannya pekerjaan freelance penghasilan besar ini tidak mudah dijalankan. Untuk itu, pikirkan baik-baik jika memang kamu ingin mencoba jenis pekerjaan ini.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai