Faktor dan Cara Membangun Loyalitas Pelanggan 

Cara Membangun Loyalitas Pelanggan
Faktor dan Cara Membangun Loyalitas Pelanggan. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Usaha akan berjalan lancar jika diiringi dengan banyaknya konsumen yang membeli produk atau layanan kamu. Konsumen tersebut perlu dijaga dengan baik oleh pemilik usaha agar terus membeli produkmu. Lalu, bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan? 

Cara membangun loyalitas pelanggan nyatanya lebih sulit dibandingkan dengan mencari pelanggan baru. Loyalitas pelanggan perlu dipertahankan agar bisnis berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, pebisnis harus mengetahui beberapa tips agar bisa mendapatkan pelanggan setia. 

Mengenal Lebih dalam Loyalitas Pelanggan 

Apa itu loyalitas pelanggan? Loyalitas pelanggan adalah konsumen yang sudah menggunakan produk atau layanan kamu lebih dari satu kali. Loyalitas pelanggan akan terjadi apabila ada kepuasan yang mereka dapatkan. 

Kepuasan ini mulai dari ketersediaan produk, harga produk, layanan yang diberikan, dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan melakukan order untuk kali kedua. 

Pelanggan yang setia tentu bermanfaat untuk mendapatkan keuntungan bisnis. Usaha lebih berjalan normal karena ada pembelian secara terus-menerus. Mempertahankan loyalitas pelanggan sangat diperlukan. 

Pelanggan setia akan rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan produk tersebut bahkan dapat menunggu untuk membeli produk dari bisnis kamu sehingga ini membuat penjualan menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Customer Satisfaction, Faktor yang Memengaruhi dan Cara Mengukurnya 

Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan 

Sebelum mengetahui cara membangun loyalitas pelanggan, kamu perlu mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Kepuasan: pengukuran jarak antara harapan dengan kenyataan. Semakin sedikit jarak harapan dengan kenyataan produk membuat pelanggan menjadi lebih puas. 
  • Ikatan emosi: pelanggan bisa menjadi tertarik pada produk tersebut apabila mencerminkan sifat atau daya tarik bagi pelanggan.
  • Kepercayaan kepada perusahaan. 
  • Kemudahan dalam membeli dan bertransaksi. 
  • Pengalaman dengan perusahaan sebelumnya.  

Cara Membangun dan Mempertahankan Loyalitas Pelanggan 

Pelanggan yang sudah loyal punya banyak manfaat untuk bisnis. Oleh sebab itu, kamu perlu membuat hubungan yang baik untuk pelanggan. Konsumen harus merasa puas dan senang agar mereka rela mengeluarkan lebih banyak uang dan melakukan pembelian lagi. 

Oleh sebab itu, kamu perlu membangun loyalitas pelanggan dengan baik, yaitu dengan melakukan beberapa cara berikut ini: 

1. Mengenal Pelanggan 

Cara mempertahankan pelanggan yang utama adalah mengenal pelanggan dengan baik. Kamu perlu mengetahui target produk kamu seperti apa. Selanjutnya, kenali apa yang mereka inginkan sehingga kamu dapat menyediakannya dengan baik. 

Selain itu, perlakukan juga pelanggan seperti kamu mengenalnya dengan baik. Contohnya memberikan ucapan ulang tahun dengan penawaran khusus di hari spesialnya. Kirimkan lewat email yang sudah dipersonalisasi berdasarkan riwayat pelanggan. 

Hal ini dilakukan agar pelanggan lebih percaya lagi. Kamu bisa melihatnya dari riwayat pembelian. Jika sudah sering beli, beri potongan harga untuk menarik pelanggan menjadi lebih loyal. 

2. Buat Program Loyalitas 

Cara membangun loyalitas pelanggan berikutnya adalah membuat loyalty program. Hal ini dilakukan dengan memberikan hadiah sampai dengan diskon kepada pelanggan yang sudah setia. Dengan pemberian reward ini, pelanggan akan merasa dihargai sehingga mereka menjadi loyal kepada bisnismu. 

Program loyalitas yang biasa diterapkan adalah sistem poin. Sistem tersebut diterapkan dengan cara memberikan pelanggan poin apabila melakukan pembelian produk. Semakin banyak pembelian produk yang dilakukan, semakin banyak pula poin yang didapatkan. 

Poin ini yang nantinya bisa ditukarkan dengan kupon, cashback, gratis ongkir, dsb. Dengan program tersebut menjadikan konsumen merasa senang dan lebih semangat untuk membeli produkmu. 

3. Tingkatkan Customer Care 

Customer care juga termasuk cara membangun loyalitas pelanggan. Customer care diperlukan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan. 

Pelayanan yang diberikan biasanya adalah menjawab masalah pelanggan dalam menggunakan produk, menampung kritik dan saran, serta menjawab pertanyaan yang diajukan calon pelanggan. 

Fasilitas ini membuat pelanggan menjadi loyal karena mampu menyelesaikan permasalahannya dengan baik. 

4. Buat Tingkatan Pelanggan 

Strategi  membangun loyalitas pelanggan selanjutnya adalah menerapkan sistem tingkatan atau strata. Kamu perlu menghargai pelanggan yang sudah banyak membeli produk dengan menerapkan sistem status ini. 

Pelanggan yang paling setia akan ditempatkan pada tingkatan yang tinggi. Semakin tinggi tingkatannya, maka pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah dari program loyalitas ini. 

Dengan melaksanakannya, ini membuat pelanggan semakin terdorong untuk melakukan pembelian. Contoh cara membangun loyalitas pelanggan adalah pemberian harga diskon tergantung tingkatan. 

Untuk pelanggan yang ada di tingkat 3 hanya mendapatkan diskon 10%. Sedangkan di posisi kedua, bonus diskonnya adalah 15%. Lalu, di posisi teratas, mendapatkan diskon sampai 25%. 

5. Buat Referral Program atau Program Rujukan 

Program lainnya untuk membuat pelanggan loyal adalah program rujukan. Program tersebut dilakukan dengan memberikan reward kepada pelanggan karena partisipasinya karena sudah terlibat dalam  referral program. 

Cara kerja dari referral program adalah memberikan hadiah setelah pelanggan melakukan promosi atau mengajak orang lain untuk menggunakan brandmu. 

Cara ini lebih meningkatkan penjualan lebih banyak lagi karena kamu bisa membuat pelanggan tersebut loyal dan mendatangkan pelanggan baru. 

Dengan demikian, keuntungan yang bisa didapatkan menjadi dua kali lipat.  

6. Simpan Data Pelanggan dengan Baik 

Untuk meningkatkan loyalitas, tentu kamu harus punya data pelanggan yang sudah berulang kali membeli produkmu. Oleh sebab itu, penting menyimpan data pelanggan dengan baik. 

Penyimpanan data pelanggan juga berguna untuk membuat pelanggan tersebut lebih mudah belanja kembali. 

Misalnya, kamu sudah menyimpan informasi alamat pengiriman barang dan pembayarannya. Hal ini bisa digunakan kembali ketika pelanggan ingin membeli kembali sehingga tidak perlu repot-repot memasukkan kembali data tersebut. 

Hal ini membuatnya lebih cepat berbelanja sehingga pengalaman yang praktis membuat pelanggan menjadi lebih loyal. 

7. Manfaatkan Media Sosial 

Media sosial adalah platform gratis yang efektif dalam cara membangun loyalitas pelanggan. Fungsi media sosial untuk bisnis memudahkanmu untuk menjalin komunikasi baik dengan pelanggan. 

Pasalnya, media sosial adalah hal yang lumrah dalam memasarkan bisnis. Jika tidak punya media sosial untuk bisnis, hal ini menyulitkan pelanggan untuk mengetahui produkmu. Bisnismu juga bisa dicap kurang dipercaya karena tidak tersedia sarana untuk komunikasi ke penjual. 

Media sosial resmi yang digunakan untuk bisnis dapat membagikan informasi seputar produk baru dan layanan tanya jawab sehingga ini akan memperkuat komunitas online yang baik. Pelanggan menjadi lebih percaya pada produkmu dan akhirnya menjadi lebih loyal. 

8. Tingkatkan Brand Awareness 

Brand awareness adalah hal penting yang perlu dilakukan bagi setiap pemilik bisnis. Pastikan membuat produk kamu menjadi lebih dikenal. Caranya adalah membuat merekmu masuk peringkat mesin pencarian. 

Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan jasa penulis SEO agar ketika orang ingin mengetik dan mencari merek bisnismu, maka yang muncul adalah artikel yang relevan. Cara ini bisa menjadi pemasaran digital terbaik untuk meningkatkan bisnis. 

Demikian cara membangun loyalitas pelanggan yang wajib diketahui oleh pemilik bisnis. Loyalitas pelanggan memiliki banyak manfaat untuk perkembangan bisnis sehingga perlu ditingkatkan menjadi lebih baik lagi menggunakan cara-cara di atas.

Mungkin Anda juga menyukai