9 Cara Memulai Usaha Rental Mobil untuk Pemula

Seorang wanita sedang menyewa mobil
9 Cara Memulai Usaha Rental Mobil untuk Pemula. Photo by Freepik
Waktu baca: 3 menit

Mobil menjadi salah satu transportasi yang paling digunakan oleh masyarakat terutama di kota besar. Sebab, dengan menggunakan mobil, kamu akan terhindar dari panas dan hujan.

Sayangnya, harga mobil bisa dikatakan cukup mahal sehingga tidak semua orang memilikinya. Padahal, masyarakat Indonesia cukup tinggi kebutuhannya dalam menggunakan mobil.

Maka dari itu, membuka usaha sewa mobil itu menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Bahkan bisa dikatakan bisnis rental mobil ini jadi pilihan sebagai ide usaha untuk pensiunan.

Kamu tertarik memulai bisnis sewa mobil ini TemanKlik? Yuk simak keuntungan usaha rental mobil dan cara memulainya.

Keuntungan Usaha Rental Mobil

Memulai usaha rental mobil memiliki beberapa keuntungan. Yuk simak potensi keuntungannya di sini.

Tidak perlu modal besar

Memulai bisnis rental mobil bisa dikatakan tidak perlu membutuhkan modal awal yang besar. Kamu hanya perlu membutuhkan modal untuk uang muka.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan penghasilan dari rental tersebut untuk membiayai angsurannya serta perawatan rutin.

Keuntungan yang menggiurkan

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini cukup besar. Terlebih saat kamu menyediakan armada kendaraan lebih dari 2. Semakin banyak armadanya, semakin besar pula keuntungan yang diperoleh.

Pasar yang luas

Target pasar untuk bisnis rental mobil cukup luas. Meski terhitung sebagai bisnis yang memiliki persaingan ketat, nyatanya bisnis ini tidak pernah sirna di pasaran. Sebab, selalu ada orang yang butuh mobil sewaan untuk kebutuhannya.

Mudah untuk dikelola

Bisnis rental mobil ini punya sistem yang tidak begitu rumit. Cukup menyediakan kantor kecil untuk bertransaksi dengan pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan rumahmu agar tidak perlu menyewa tempat baru.

Sistemnya juga cukup sederhana. Calon penyewa cukup mengisi formulir penyewaan lalu membayar uang muka. Pastikan untuk meminta jaminan berupa kartu identitas.

Jika kamu tidak mau repot, bisa juga menitipkan mobilmu kepada jasa rental yang sudah ada. Kamu bisa mendapatkan komisi dan tidak pusing memikirkan pengelolaan dan tinggal menerima hasil bersihnya.

Baca juga: Upgrade Pengetahuan Bisnis UMKM dengan 5 Tipe Akun TikTok Ini

Cara Memulai Usaha Rental Mobil

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk memulai bisnis rental mobil ini. Yuk ikuti rencananya agar bisnis rental mobil ini bisa berjalan dengan baik.

Menyusun perencanaan usaha

Sebelum memulai suatu usaha, pastikan untuk memiliki perencanaan yang matang. Dengan begitu, kamu bisa mengambil langkah dengan tepat.

Ada beberapa hal yang perlu direncanakan sebelum memulai bisnis rental mobil yaitu:

  • Apa yang akan dilakukan
  • Bagaimana melakukannya
  • Dan berapa dana yang dibutuhkan

Tentukan lokasi

Berbeda dengan bisnis online, usaha rental mobil ini harus mempunyai tempat untuk menaruh mobil sekaligus tempat operasional bisnis.

Pastikan memilih lokasi rental mobil yang strategis, mudah dijangkau, dan terletak di jalan besar agar memudahkan keluar masuk mobilnya.

Dengan begitu, calon pelanggan yang tertarik dapat dengan mudah datang ke tempat untuk menyewa mobil.

Siapkan armada mobil

Langkah selanjutnya ialah menyiapkan armada mobil yang akan digunakan. Salah satu caranya adalah dengan bekerja sama dengan dealer resmi mobil terpercaya.

Dan jika ingin menggunakan mobil pribadi, pastikan untuk mencatat seluruh biaya operasional seperti bensin dan perawatannya.

Jangan lupa sesuaikan mobil yang sesuai dengan target pasar. Pastikan tahu jenis mobil yang sesuai dengan keinginan calon pelangganmu. Hindari beli mobil second atau bekas agar modal tidak terpotong untuk memperbaiki mobil bekas.

Asuransikan mobil

Pastikan aset utama bisnismu yaitu mobil sudah diasuransikan dengan pihak asuransi yang terpercaya. Ini bisa jadi salah satu langkah preventif agar aset bisnismu terlindungi dan menjaga cash flow yang ada agar tetap aman.

Rekrut karyawan yang berpengalaman

Saat sudah serius menggeluti usaha rental mobil ini, pastikan untuk merekrut karyawan yang berpengalaman dengan urusan yang berhubungan dengan bisnis ini. Mulai dari mengurus jasa supir, administrasi, keuangan, hingga customer service.

Mengurus izin resmi

Legalitas atau surat izin usaha sering dilupakan oleh pebisnis. Padahal, ini akan sangaat membantu bisnis berjalan dengan baik.

Jika kamu bingung mengurusnya, bisa berkonsultasi dengan ahli hukum yang berpengalaman.

Lakukan promosi

Tahap selanjutnya ialah melakukan promosi semaksimal mungkin. Kamu bisa melakukan promosi dengan berbagai media seperti lewat media sosial.

Kamu bisa memanfaatkan fitur ads yang ada. Jika ada budget lebih, bisa juga endorse influencer agar bisnismu makin terkenal.

Lakukan pembukuan keuangan

Pastikan untuk menyusun pembukuan keuangan. Ini dilakukan agar uang bisnis dan uang pribadi tidak tercampur.

Jika kesulitan, kamu bisa menggunakan perangkat lunak yang tersedia.

Utamakan pelayanan yang baik

Agar bisnis ini bisa langgeng, pastikan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Jaga hubungan baik dengan pelanggan. Dengan begitu, bisnismu ini dapat bertahan lama.

Demikian beberapa cara yang dilakukan saat kamu ingin memulai usaha rental mobil. Semoga ini dapat membantumu.

Mungkin Anda juga menyukai