4 Marketplace Terbaik di Indonesia Untuk Barang Fashion

Pilihan marketplace terbaik
marketplace terbaik di indonesia. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Barang fashion adalah produk yang paling laku di internet. Hal seperti baju, tas dan sepatu adalah contoh yang banyak di search dan dibeli secara online. Bagi yang ingin terjun ke bisnis ini, tentu perlu menentukan tempat bisnis yang baik. Jualan online ini bisa jadi peluang bagi fresh graduate yang ingin membuka usaha fashion sendiri tanpa harus sewa atau buka toko fisik. Maka dari itu kamu perlu tahu marketplace terbaik di Indonesia.

Untuk jualan online, tempat yang paling pas adalah website marketplace. Di Indonesia sudah tersedia banyak website marketplace yang baik. Untuk 4 marketplace terbaik di Indonesia, kamu bisa coba Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Blibli.

Tokopedia

Tokopedia. Photo by Kumparan

Platform marketplace yang satu ini sudah terkenal digunakan banyak orang. Sebagai marketplace tertua di Indonesia, tidak heran lebih banyak orang menggunakan platform ini. Marketplace ini menjadi lebih terkenal karena beberapa iklan promosi yang melibatkan artis terkenal dan bahkan artis luar negeri.

Dari platform-nya sendiri, tokopedia memiliki banyak kelebihan. Mulai dari user base yang besar dan interface yang mudah digunakan. Sayangnya, tokopedia juga memiliki kelemahan. Hal ini terletak dari performa website yang terkadang lambat. Hal seperti promosi dan proses mencari barang terkadang juga sulit.

Walaupun begitu, kamu bisa manfaatkan tempat ini untuk berjualan barang fashion dengan lebih mudah. Karena banyak user yang sering berkunjung, kamu tentu akan lebih mudah ditemukan oleh jumlah yang besar tersebut.

Baca juga: Macam-macam Media Promosi Simple untuk Usaha Online

Lazada

Lazada. Photo by Bisnis.com

Lazada awalnya adalah platform pilihan untuk berbagai kebutuhan fashion. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, Lazada mulai merambah ke berbagai produk lain. Sekarang, Lazada sudah bisa dipandang sebagai marketplace yang serba ada, sama seperti platform marketplace besar lain.

Walaupun begitu, bentuk website Lazada sudah dimaksimalkan untuk kebutuhan produk fashion. Jadi, bentuk foto yang besar, bisa di zoom, menunjukan berbagai foto produk dari berbagai sudut, serta element custom bagi setiap toko fashion, bisa ditemukan di sini. Element ini tentu sangat menarik digunakan jika kamu focus jual produk fashion.

Bukalapak

marketplace terbaik di indonesia
Bukalapak. Photo by Kemkominfo

Bukalapak memiliki sejarah yang mirip dengan Tokopedia. Platform ini sudah lama ada di Indonesia. Sebagai salah satu pilihan marketplace terbaik di Indonesia, jumlah pengunjung yang ada di sini sudah sangat banyak.

Kamu hanya cukup berusaha menonjol di sini agar lebih laku. Untuk keperluan ini, kamu bisa tawarkan harga paling rendah di platform ataupun memberikan banyak bonus menarik. Platform ini memberikan kesempatan pedagang untuk interaksi lebih cepat dengan pelanggan.
Kelemahan dari tempat ini adalah layanan customer service yang terkadang tidak cepat. Jika ada urusan masalah notifikasi ataupun perubahan tampilan toko, respon layanan CS terkadang tidak bisa langsung respons.

Shopee

marketplace terbaik di indonesia
Shopee. Photo by Uzone

Platform berikutnya adalah Shopee. Platform ini memiliki keunggulan yang cukup menarik dari segi pengunjung. Beberapa waktu lalu, pengunjung Shopee bisa melebihi Bukalapak walaupun sebagai platform pendatang baru.

Iklannya yang kuat membuat banyak orang mulai menggunakan tempat ini. Sistem poin yang bisa ditukar dengan hadiah dan bonus membuat tempat ini juga menarik. Kamu sebagai pedagang fashion tentu akan menjaring lebih banyak pelanggan di sini.

Bagaimana menurut kamu soal 4 pilihan marketplace di atas? Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri. Pastikan pelajari masing-masing hal tersebut sebelum menentukan pilihan. Jika ingin lebih sukses, kamu bisa juga berjualan di tiap marketplace tersebut. Selama kontak dan informasi usahamu tetap sama, setiap pembeli pasti bisa dilayani.

Pastikan juga memberikan layanan baik agar mendapatkan rating dan review yang baik. Jika bisa mendapatkan rating dan review baik, tentu kamu akan lebih sukses menggunakan marketplace terbaik di Indonesia tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai