Yuk Intip Prinsip Bisnis Orang Cina yang Sering Bikin Sukses

Prinsip Bisnis Orang Cina
Yuk Intip Prinsip Bisnis Orang Cina yang Sering Bikin Sukses. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Tak hanya di tanah air, di hampir seluruh pelosok dunia kamu akan dengan mudah menjumpai orang Cina yang sukses. Pengukuran kesuksesan terutama di dunia bisnis ini tak dapat terlepas dari penerapan prinsip bisnis orang Cina yang sangat masyur. 

Saking masyurnya, beberapa prinsip ini juga dikenal oleh masyarakat kalangan etnis lainnya. Selain ingin meniru jejak kesuksesan, pengenalan prinsip bisnis milik orang Cina dirasa juga sangat baik untuk penerapan hidup keseharian.

Buat kamu yang penasaran dan ingin tahu apa sajakah prinsip bisnis orang Cina tersebut, yuk ikuti penjelasannya pada artikel ini.

5 Prinsip Bisnis orang Cina yang Patut untuk Ditiru

Orang Cina atau keturunan Tionghoa memang terkenal selalu mampu meraih kesuksesan dimanapun berada. Meski ada juga kalangan yang meraih kesuksesannya karena warisan namun banyak juga yang meraihnya melalui penerapan Prinsip berbisnis nenek moyangnya.

Berikut beberapa prinsip bisnis yang selalu orang Cina terapkan dalam menjalankan bisnis miliknya, yaitu:

1. Bermimpi Besar

Prinsip bisnis orang Cina yang pertama adalah memiliki impian yang besar. Dengan memiliki impian yang besar sebagai bagian dari prinsip hidupnya, maka para keturunan Tionghoa akan memiliki tujuan yang harus diraih di masa depan.

Selain itu mimpi yang besar juga akan dapat menjadi acuan jalan bagi para orang Cina saat membesarkan bisnisnya. Bahkan impian yang besar akan mampu untuk menjadi alasan bagi orang Cina pada saat menghadapi permasalahan dalam bisnisnya untuk terus bertahan.

Melalui impian yang besar juga, pebisnis dari kalangan etnis Cina mengembangkan bisnis yang dikelolanya. Jadi meski prinsip bisnis pertama ini terkesan mengada-ada namun ada 4 pelajaran sekaligus yang bisa kamu petik darinya.

2. Agresif & Berani Ciptakan Peluang

Cara sukses orang cina berdagang yang juga banyak digunakan adalah agresif serta berani untuk menciptakan peluang.

a. Agresif

Prinsip agresif orang Cina dalam berbisnis, maksudnya adalah tidak menggunakan kata kompromi dalam berbagai keadaan yang berkaitan dengan bisnis. Tak mengenal kompromi tersebut meliputi banyak hal dari mutu produk sampai perhitungan laba ruginya.

Untuk itu orang Cina mendisiplinkan diri serta keluarganya untuk tak pernah mencampurkan urusan keuangan pribadi dengan bisnisnya. Dengan melakukan disiplin akan hal tersebut maka bisnis pun berpotensi untuk mampu tumbuh dan berkembang semakin besar .

b. Berani Ciptakan Peluang

Tak hanya agresif tanpa kenal kompromi, cara bisnis orang Tionghoa juga akan selalu berusaha untuk menciptakan peluang. Pola berpikir yang ada selalu diajak untuk kreatif dan berkembang agar terbiasa pada suatu kondisi guna melihat peluang.

Misalnya saat pergi ke pasar, pikiran harus dipacu berpikir kritis guna menciptakan peluang. Atau saat melihat pembahasan di group WA, orang Cina akan berusaha untuk menggali peluang yang ada untuk memainkan bisnis miliknya.

Baca juga: Peluang Bisnis Food Truck, Bisnis F&B Kekinian

3. Tahan Banting & Berusaha Tak Pernah Kalah

Apakah itu saja prinsip yang dimiliki orang Cina? Oh tentu saja tidak. Beberapa prinsip bisnis orang Cina di atas tak akan bermakna apabila tak dibarengi dengan kepemilikan beberapa sikap bisnis berikut ini. 

a. Tahan Banting

Yang pertama adalah sikap tahan banting. Artinya di dalam menjalankan bisnisnya, orang Cina akan melengkapinya dengan mental yang tahan banting. Mental ini perlu demi pengembangan bisnis yang berawal dari mimpi besar yang dimiliki.

Untuk itu orang Cina akan mampu untuk mengorbankan waktu, tenaga serta harta yang ada guna mengelola bisnisnya agar menjadi baik. Orang Cina yakin bahwa jika mampu menahan kesulitan maka suatu saat nanti akan berhasil mendapatkan kesenangan.

Persis selayaknya pepatah berakit-berakit ke hulu berenang-renang kemudian bukan?

b. Selalu Berusaha Tak Pernah Kalah

Prinsip selanjutnya adalah berusaha untuk tak pernah kalah. Artinya orang Cina akan selalu bersemangat guna memajukan bisnis miliknya. Kompetitor bisnis akan menjadi acuan dalam meraih kesuksesan yang serupa bahkan jika bisa lebih baik lagi.

4. Tidak Menyerah Pada Nasib

Prinsip bisnis orang Cina berikutnya adalah memiliki sikap untuk tak mudah menyerah. Yaitu orang Cina akan selalu tak gampang loyo dan pasrah ketika menghadapi suatu keadaan yang tak ideal dalam perjalanan bisnisnya.

Rintangan dalam bisnis artinya adalah kesempatan untuk mendapatkan pelajaran dari kesalahan yang terjadi. Untuk itu harus berusaha mencari jalan keluar atau solusi terbaik bagi bisnis yang sedang dikembangkan tersebut.

Orang Cina selalu punya pandangan positif akan masa depan bisnisnya, sekaligus percaya jika kehidupan layaknya roda yang berputar. Jika sekarang ini kondisinya sedang ada di bawah maka nanti melalui kerja keras serta usaha, posisinya akan pindah ke atas.

5. Memegang Prinsip Hidup Nenek Moyang

Prinsip bisnis orang Cina yang kelima adalah selalu memegang prinsip hidup yang merupakan warisan nenek moyangnya. Dengan memegang prinsip hidup yang diwariskan turun temurun tersebut, maka banyak orang Cina yang mampu meraih kesuksesannya.

Kedua prinsip hidup orang Cina yang berguna dalam mengembangkan bisnis adalah keyakinan akan balasan atas perbuatan. Serta satu lagi adalah meyakini untuk tak menyia-nyiakan waktu karena waktu adalah uang.

a. Siapa yang Menanam, Dia yang Menuai

Orang Tionghoa atau Cina memiliki prinsip give and take, bukan take and give sebagaimana pandangan umum lainnya. Ini artinya dalam bisnis orang Cina akan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumennya demi mendapatkan imbalan yang lebih besar.

Jadi agar berbuah keuntungan maka pebisnis Cina akan berusaha untuk memberi dulu. Dengan mau melakukannya, maka uang kecil akan masuk yang mana akan disusul pendapatan yang lebih besar ke depannya.

Contohnya, penyediaan layanan serta kualitas produk yang bermutu. Dengan melakukan give seperti ini maka pelanggan akan menjadi percaya sehingga kedepannya take yang diperoleh akan jauh lebih besar.

b. Waktu adalah Uang

Selanjutnya, prinsip hidup yang juga sangat relevan penerapannya dalam bidang bisnis orang Cina adalah time is money. Dengan memegang prinsip tersebut secara teguh, maka orang Cina akan selalu bekerja keras setiap saat demi pengembangan usaha miliknya.

Setiap saat akan menjadi waktu yang berharga bagi orang Cina yang sedang mengembangkan bisnis. Tak ada di dalam kamusnya untuk bersantai dan bermalas-malasan hingga impian yang dibangun pada awal perjalanan dapat teraih.

Cara berpikir orang cina inilah yang membuat orang Cina selalu tampak bekerja keras tanpa kenal waktu dimanapun. Oleh karena itu tak heran jika kamu banyak temui keluarga-keluarga Cina yang bekerja non stop dari Senin hingga Minggu.

Hal tersebut karena orang Cina sangat menghargai waktu dan waktu adalah kesempatan untuk menghasilkan uang.Wah ternyata prinsip bisnis orang Cina memang keren ya. Tak heran jika hal tersebut membuat orang Cina memiliki etos kerja yang super serta selalu mampu meraih sukses dimanapun bisnis miliknya dikembangkan.

Mungkin Anda juga menyukai