Beranda Youtube Jelajahi Video untuk Dapat Ilmu Baru

Beranda Youtube Jelajahi Video
Beranda Youtube Jelajahi Video untuk Dapat Ilmu Baru. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Adaptasi new normal membuat orang tua harus semakin jeli memberikan materi pelajaran yang mudah dimengerti oleh anak didik. Hal ini karena berkurangnya intensitas belajar di sekolah yang biasanya disampaikan oleh guru. Saat ini media pembelajaran serba bisa seperti beranda youtube jelajahi video jenis apapun. Namun, ada baiknya kamu sebagai orang tua tetap mengawasi ketika buah hati sedang menonton youtube. Saat ini perkembangan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi warna baru dalam dunia pendidikan.

Media pembelajaran ini bahkan memiliki karakteristik yang cukup berbeda dibandingkan dengan media pembelajaran yang umum kita kenal. Youtube sebagai media informasi dan pembelajaran terbaru menjadi perhatian khusus karena setiap siswa bebas memilih beranda youtube jelajahi video yang diinginkan.

Media pembelajaran terbaru memiliki beberapa ciri – ciri diantaranya kemudahan akses yang dapat dinikmati setiap orang, kemudahan keterhubungan antar penggunanya serta aspek interaktivitas dan penggunaan youtube sebagai karakter yang terbuka dan sangat mudah ditemukan dimanapun.

Baca juga: Mengetahui Gaya Pengelolaan Keuangan dari Zodiak

Awalnya youtube merupakan sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk saling membagikan video hingga menonton serta memuat vudeo tersebut. Sebenarnya youtube ada sebagai bukti adanya perkembangan teknologi internet dari sisi read only web menjadi read write web. Jadi, jika di awalnya internet hanya memungkinkan penggunanya untuk membaca, saat ini internet sudah mampu menjadi sarana untuk membuat bahan bacaan serta menyebarkan bahan bacaan tersebut ke siapapun.

Berbagai studi menunjukkan bahwa penikmat tontonan youtube meningkat sebesar 40 hingga 60% per harinya. Jumlah peningkatan yang cukup signifikan ini umumnya berasal dari kalangan berusia 12 hingga 17 tahun. Berdasarkan penemuan tersebut tentunya ada baiknya untuk menggunakan youtube sebagai sarana pembelajaran untuk anak didik.
Banyak orang menggunakan youtube sebagai sumber untuk memuat berbagai jenis media pembelajaran misalnya catatan harian berupa video, simulasi dan stimulasi berdasarkan urutan pembelajaran. Selain itu untuk anak usia sekolah dasar akan lebih mudah menerima informasi melalui video dibandingkan mendengarkan guru bercerita. Hal ini karena ilmu yang ditanamkan dengan menggunakan metode visual akan lebih mudah ditangkap oleh anak didik.

Saat ini penggunaan strategi pembelajaran baru seperti youtube memiliki pangsa pasar tersendiri, karena semakin menarik video yang diberikan melalui beranda youtube jelajahi video maka murid akan semakin tertarik karena merasa tidak sedang belajar namun sedang bermain. Banyak anak didik yang cukup malas menerima pelajaran secara konvensional karena dianggap kurang menyenangkan.

Seperti yang kita tahu bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi yang ada dalam diri anak didik agar anak didik mampu menjadi manusia yang beriman serta bertaqwa, memiliki bakti luhur, cakap, berilmu, kreatif, mandiri serta mampu menjadi warga negara yang demokratis.Youtube hingga saat ini memiliki peranan penting sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional tersebut. Bahkan, youtube sangat memberikan kemudahan akses bagi siapapun yang ingin mengambil video guna mengadaptasikannya dalam media pembelajaran seperti bebas mencari dan mengambil video apapun guna pembelajaran.

Kunci kesuksesan penggunaan media pembelajaran yakni mampu melibatkan mental anak didik di dalamya sehingga anak didik merasa terlibat langsung secara intensif terkait dengan materi dan metode pengajaran yang digunakan. Selain itu sebagai pengajar juga harus memperhatikan kualitas video yang ditampilkan agar nantinya tidak akan mengganggu kelancaran proses belajar mengajar. Apabila video yang ditampilkan sering terputus maka nantinya mood siswa pun menjadi buruk.

Mungkin Anda juga menyukai