6 Tips Belanja Hemat Keperluan Natal Saat Pandemi

belanja hemat keperluan Natal
Tips belanja hemat keperluan Natal di masa pandemi. Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Hari raya Natal sebentar lagi akan tiba. Meski sedang menghadapi pandemi, Natal tetap harus dirayakan dengan penuh suka cita, meriah dan kehangatan bersama keluarga, saudara, dan kerabat dekat. Untuk memeriahkan perayaan tersebut, kamu harus belanja keperluan Natal. Tentunya dalam belanja harus tetap hemat untuk keperluan Natal, apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Memang banyak hal yang harus dibeli untuk keperluan Natal, mulai dari tampilan pohon Natal, kado Natal, baju, makan, dan masih banyak lainnya. Bisa dilihat dari daftar belanjaan di atas sudah tentu akan menghabiskan banyak budget.

Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa tips belanja hemat untuk keperluan Natal saat pandemi yang dikutip dari berbagai sumber. Simak penjelasannya di bawah ini TemanKlik!

Periksa perlatan dan perlengkapan Natal tahun lalu

belanja hemat keperluan Natal
Periksa kebutuhan Natal. Photo by Pixabay

Membeli barang baru memang menyenangkan. Namun, jika barang yang dibutuhkan masih ada di rumah dan kondisinya masih bagus, maka lebih baik gunakan barang-barang yang tersedia tersebut. Dengan begitu, tentu akan menghemat pengeluaran bulanan.

Cobalah untuk mengumpulkan dan cek satu per satu barang yang ingin digunakan dalam perayaan Natal seperti pohon Natal, hiasannya, hingga lampu-lampunya. Jika ada barang yang rusak, segera dicatat dan langsung beli barang tersebut.

Buat catatan belanja

Buat daftar belanja
Buat daftar belanja agar membeli barang yang dibutuhkan. Photo by Pixabay

Belanja tanpa catatan sudah tentu akan membuatmu bingung akan membeli apa hingga bisa memicu kamu jadi lebih boros. Untuk menghindari hal itu, sangat penting membuat catatan belanja terlebih dahulu agar belanja kebutuhan Natal tepat dan berjalan lancar. Dengan begitu, tidak menghabiskan budget yang besar.

Baca juga: 4 Solusi Cerdas Kontrol Belanja Bulanan Biar Kantong Aman

Survei kebutuhan di platform belanja online

Buat toko online
Survei kebutuhan di platform belanja online. Photo by Pexels

Saat semua barang belanjaan yang dibutuhkan sudah tercatat dengan lengkap, jangan langsung belanja ke toko atau mall. Manfaatkan berbagai platform belanja online untuk melakukan survei kebutuhan Natal.

Terlebih saat ini sudah banyak toko online yang menjual berbagai macam kebutuhan. Jadi, kamu lebih mudah dalam menemukan produk yang diinginkan. Jika sudah menemukan barang yang dibutuhkan, jangan langsung diorder. Gak ada salahnya untuk membandingkan dengan platform toko online lainnya.

Manfaatkan promo dan diskon

Manfaatkan promo dan diskon saat belanja. Photo by @Justinlim

Dalam berbelanja, tidak perlu buru-buru melakukan pembayaran. Kamu bisa menunggu banyak promo dan diskon yang akan diberikan oleh toko tersebut. Contohnya, kamu bisa melakukan pembayaran saat ada momen 12.12.

Jika tidak ada, kamu juga bisa memanfaatkan promo dan diskon yang diberikan melalui metode pembayaran yang ingin dilakukan, misalnya promo atau diskon yang diberikan oleh kartu kredit.

Belanja di mall di waktu yang tepat

belanja hemat keperluan natal
Belanja di waktu yang tepat. Photo by Pexels

Jika tidak menemukan barang yang kamu inginkan di platform online, kamu bisa mencari barang tersebut di mall. Namun, usahakan belanja di waktu yang tepat. Oleh karena di masa pandemi ini kita harus melakukan social distancing, hindari datang ke mall saat weekend. Sebab, weekend pasti banyak pengunjungnya. Lebih baik, pergi ke mall saat weekdays setelah jam kantor atau pekerjaanmu telah selesai.

Terapkan protokol kesehatan

Penerapan protokol kesehatan saat new normal.
Protokol kesehatan. Photo by Pexels

Jika sudah pasti akan belanja di mall, usahakan untuk menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker, jangan lupa cuci tangan, dan menuruti pihak mall untuk mengecek berapa suhu tubuhmu.

Selain itu, kamu juga melakukan pembayaran dengan cara non-tunai seperti debet, kartu kredit, atau dompet elektronik lainnya. Dengan begitu, kamu bisa aman dan terlindungi dari bahaya penularan virus secara tidak langsung. Selain itu, sudah tentu ada promo dan diskon yang diberikan jika pembayaran belanjamu menggunakan non-tunai.

Demikian beberapa tips belanja hemat untuk keperluan Natal di masa pandemi. Dengan begitu, kamu bisa lebih bahagia dalam merayakan Natal dan bisa bersiap menghadapi tahun depan dengan lebih baik lagi karena kondisi keuanganmu tidak berantakan.


Bagikan: