Tantangan Rajin Menabung yang Menarik Dicoba untuk Mencapai Kestabilan Keuangan

Tantangan Rajin Menabung yang Menarik Dicoba untuk Mencapai Kestabilan Keuangan
Tantangan Rajin Menabung yang Menarik Dicoba untuk Mencapai Kestabilan Keuangan. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Di media sosial, banyak sekali masyarakat yang mulai mencoba tantangan rajin menabung. Tentunya, ini menjadi kegiatan yang sangat positif. Karena, kegiatannya adalah mengajak siapa pun untuk mewujudkan hidup sejahtera di masa depan.

Melalui tantangan untuk menabung ini, setiap orang ditantang untuk menyisihkan sejumlah uang untuk ditabungkan. Kemudian, dibuatlah rentang waktu sampai akhirnya bisa terkumpul.

Untuk hadiahnya sendiri, seseorang yang berhasil mengumpulkannya bisa memanfaatkan tabungan tersebut untuk memenuhi keinginannya. Ini sekaligus menjadi reward bagi diri sendiri karena telah sukses menantang dirinya agar disiplin dalam menyimpan uang.

Challenges Menabung yang Bisa Dicoba

Ada banyak sekali ide mengenai tantangan rajin menabung tersebut. Di antara challenge yang bisa dicoba sebagai berikut:

1. Menabung Selama 30 Hari

Ini merupakan challenge yang menarik untuk diikuti. Yakni, menyisihkan uang selama 30 hari secara teratur.

Karena singkatnya waktu, peruntukan dari tabungan pun lebih sederhana. Contohnya adalah menargetkan liburan atau membeli sesuatu yang harganya lebih terjangkau.

Penerapannya pun sangat simpel. Kamu perlu menentukan kisaran uang yang akan terkumpul di satu bulan. Untuk memudahkannya, tetapkan tujuan keuangan seperti hendak digunakan membeli tiket konser.

Setelah menentukannya, mulailah untuk menghitung kisaran biaya yang akan ditabung di tiap harinya. Skemanya bisa dengan menyisihkan uang lebih besar di awal. Kemudian, semakin kecil di hari-hari berikutnya. Dengan catatan, jumlahnya dalam satu bulan sesuai target.

Atau, bisa juga menyisihkan uang dengan jumlah yang sama setiap harinya. Misalnya menyisihkan Rp20.000 per harinya. Maka dalam satu bulan, kamu akan memiliki uang tabungan sekitar Rp.600.000.

Baca juga: Cara Saldo Tabungan Bertambah dengan Cepat dan Mudah Dilakukan

2. Menabung Berdasarkan Angka Favorit

Kamu juga bisa menantang diri dengan menyisihkan uang berdasarkan angka favorit. Tepatnya, ini berlaku setiap bulannya.

Contohnya punya angka favorit 9 yang menggambarkan tanggal bertemu pasangan atau momen berharga dalam hidup. Sebagai pengingat, kamu terus melakukan hal-hal positif di tiap tanggal tersebut.

Salah satu kegiatan positifnya adalah menantang diri untuk menyimpan uang di tiap tanggal tersebut. Adapun jumlahnya bisa disesuaikan sendiri.

Sesuaikan saja dengan tujuan menabungmu. Dari sini, akan terlihat gambaran terkait jumlah uang yang sebaiknya disimpan.

Misalnya pada bulan Agustus menyimpan Rp100.000, di bulan berikutnya bisa kurang atau lebih. Bahkan, bisa juga sama. Asalkan bisa mencapai target seperti yang direncanakan.

3. Mengubah Uang Receh sebagai Tabungan

Mengubah Uang Receh sebagai Tabungan
Mengubah Uang Receh sebagai Tabungan. Photo by Pexels

Tantangan rajin menabung ini terlihat sepele, tetapi berpengaruh pada kestabilan keuangan. Karena kenyataannya, uang yang dinilai tidak berharga justru bisa memberikan banyak kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan.

Sebaliknya bila diabaikan, terkadang uang receh ini bisa menjadi ganjalan. Yakni, bisa mengacaukan keuangan. Alasannya, banyak orang yang mudah mengeluarkannya lantaran tidak dianggap penting.

Mulai saat ini, cobalah untuk memanfaatkan uang receh tersebut. Setiap memperoleh kembalian dari belanja atau semacamnya, langsung simpan ke dalam celengan.

Tentunya, kamu perlu menyediakan tempat khusus. Simpan di tempat yang mudah dijangkau. Ketika ada uang receh, langsung masukkan ke dalam tempat penyimpanan.

Biasanya, uang seperti ini tidak akan terpikir oleh seseorang. Secara otomatis, simpanan uang ini lebih aman. Ketika sudah mencapai 1 tahun atau lebih, uang receh yang awalnya dinilai tidak berharga akan terkumpul dengan jumlah yang besar.

4. Menabung dengan Berinvestasi

Tantangan yang bisa memberikan dampak luar biasa bagi peningkatan keuangan adalah menyimpan uang untuk investasi. Sederhananya, uang tersebut dialokasikan untuk berinvestasi.

Sekecil apa pun uang yang diinvestasikan, itu sangat bernilai di masa depan. Karena, investasi memberikan keuntungan atau imbal balik yang menjanjikan.

Produk-produk yang bisa dimanfaatkan adalah reksadana, saham, emas dan lain sebagainya. Ini bisa ditentukan sendiri sesuai kemampuan. Usahakan untuk berinvestasi dengan jangka waktu yang sesuai rencana.

5. Tantangan Tidak Makan di Luar Selama 1 Bulan

Challenge yang sangat menarik ini adalah menantang diri sendiri untuk tidak makan di luar selama 1 bulan penuh. Tantangan ini terlihat sederhana, tetapi praktiknya cukup sulit.

Butuh komitmen untuk melakukannya. Tetapi bila mampu menerapkannya, dampaknya sangat luar biasa bagi keuangan pribadi.

Betapa tidak, tantangan ini mendorong kamu untuk berlaku hemat. Begitu pula, meminimalkan kebocoran dana yang tidak terkendali selama berada di luar.

Sebagaimana diketahui bahwa makan di luar terlalu sering akan menghabiskan banyak biaya. Apalagi jika tidak ada kontrol seperti traktir teman, membeli jajanan atau minuman kekinian yang harganya mahal.

6. Challenge Menabung dengan Target Sendiri

Punya keinginan untuk mewujudkan sesuatu? Mulailah menantang diri untuk menyisihkan uang.

Sisihkan uang tersebut dan simpan ke dalam tabungan. Usahakan agar uang yang disisihkan ini bisa mencapai target. Misalnya ingin mengumpulkan uang Rp5 juta untuk membeli laptop tahun depan.

Di sini, mulailah untuk menghitung berapa besar uang yang harus disisihkan setiap bulannya. Kemudian, rutinkan untuk menyimpan sesuai jumlah yang ditetapkan. Setelah mencapai 1 tahun, uang yang terkumpul bisa digunakan untuk membeli laptop tersebut.

Itulah beberapa tantangan rajin menabung yang bisa dicoba. Semakin sering melakukannya, kamu akan terbiasa. Pada akhirnya, menabung akan menjadi sesuatu yang mudah dilakukan. Dan kestabilan keuangan pun bisa didapatkan. 

Mungkin Anda juga menyukai