Begini Caranya Meminta Endorsement dengan Baik ke Influencer

presentasi kepada influencer
Begini Caranya Meminta Endorsement dengan Baik ke Influencer. Photo by @windows
Waktu baca: 4 menit

Saat menjalankan sebuah usaha ataupun bisnis, pastinya semua strategi dan cara akan dilakukan untuk dapat mengembangkannya. Apalagi hidup di tengah dunia digital, dimana sosial media memegang peran yang cukup penting di kehidupan.

Maka dari itu, strategi endorsement sepertinya cukup menjanjikan dalam memasarkan sebuah produk. Namun, apa sebenarnya endorsement tersebut? Mengapa kian banyak diperbincangkan? Dan bagaimana caranya meminta endorsement dengan baik? Mari ulas penjelasan berikut.

Baca Juga: Exposure Influencer sebagai Pendongkrak Bisnis

Apa Itu Endorsement?

Seorang sedang memegang toa
Endorsement. Photo by Pexels

Sebagai pengguna aktif social media, sepertinya kata endorsement sudah tidak asing lagi di dengar. Apalagi dengan keberadaan influencer ataupun selebgram yang kian banyak saat ini. Pengguna aktif social media tentunya sudah biasa melihat influencer, public figure ataupun selebgram mempromosikan suatu produk, barang ataupun jasa di akun social medianya.

Tidak dapat dipungkiri, celotehan dari influencer, public figure hingga selebgram terkadang membuat kita sebagai pengikut setia akun social media-nya tergiur dengan produk yang dipromosikannya. Karena kita tahu, bahwa mereka tidak sembarang mempromosikan suatu produk. Pastinya ada endorsement antara pihak perusahaan produk tersebut dengan sang influencer.

Endorsement merupakan salah satu strategi marketing, dimana pihak perusahaan melakukan suatu hubungan kerja sama dengan seseorang yang memiliki banyak pengikut di social media. Segala tingkah laku hingga apa yang digunakan oleh seseorang dengan pengikut yang banyak di social media memiliki potensi besar untuk produk yang digunakannya mendapat perhatian banyak orang.

Endorsement umumnya merupakan hubungan kerja sama yang ketentuannya sudah di setujui oleh kedua belah pihak. Ketentuan itu termasuk produk yang diberikan, rate harga dari sang influencer serta konten apa yang akan dihasilkan dan seberapa banyak konten tersebut diproduksi nantinya.

Konten dari endorsement sendiri sangat beragam, biasanya berupa sebuah testimoni. Lalu apa bedanya dengan testimoni? Perlu kamu ketahui bahwa endorsement umunya membicarakan ataupun memasarkan produk dengan konotasi positif. Hal ini karena sudah adanya kesepakatan antara influencer yang bersangkutan dan pihak yang melakukan endorsement. Kesepakatan sudah seperti suatu hubungan bisnis yang bertujuan untuk menguntungkan kedua belah pihak.

Sedangkan testimoni pada umunnya bisa saja tidak terjadi kesepakatan. Semua orang bisa melakukan testimoni dengan menceritakan pengalamannya. Oleh karena itu, tidak ada keharusan untuk menyampaikan hal-hal yang sepenuhnya positif. Setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing. Bahkan saat melakukan testimoni, seseorang dapat mengatakan keburukan produk tersebut. Maka dari itu, terlihat jelas perbedaan antara endorsement dan testimoni. Endorsement lebih menjaga reputasi perusahaan atau bisnis yang bersangkutan.

Manfaat dari Endorsement

ilustrasi engagement meningkat
Meningkatkan engagement jadi manfaat endorsement. Photo by Pixabay

Tidak mungkin tampaknya jika endorsement dilakukan tanpa adanya manfaat yang menguntungkan. Berikut ini manfaat dari endorsement, antara lain;

  • Memperkenalkan Merek ke Publik

Pengikut di social media dari influencer, tentunya selalu memperhatikan gerak gerik hingga segala hal yang dipakai ataupun digunakan oleh influencer tersebut. Dengan melakukan endorsement, pengikut di social media dari influencer tersebut akan memperhatikan atau bahkan mencari tahu mengenai barang yang digunakan olehnya. Secara tidak langsung hal ini memperkenalkan merek ke mata publik.

  • Membuka Pelanggan dan Pasar Baru

Jangkauan dari pengikut influencer sangatlah beragam. Maka, dengan endorsement dapat membuka peluang untuk medapatkan pelanggan dan pasar baru.

  • Menjadi Media Promosi yang Efektif

Dimasa modern ini, siapa orang yang tidak menggunakan social media? Setidaknya seseorang memiliki akun di salah satu banyaknya platform social media saat ini. Dengan mobilitas pengguna social media kian meningkat setiap saat, maka endorsement menjadi sebuah media untuk mempromosikan suatu produk dengan cara yang efektif dan cepat.

  • Dapat Meningkatkan Penjualan

Segala macam bentuk promosi sudah pasti bertujuan utama untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, endorsement menjadi salah satu strategi ampuh untuk meningkatkan penjualan.

  • Promosi dengan Hemat Biaya

Siapa sangka, bahwa melakukan endorsement merupakan langkah untuk mempromosikan produk dengan biaya yang minim. Walaupun bentuk kerja sama endorsement sangat beragam, namun kamu dapat menekan biaya promosi tersebut. Hal ini tentunya dengan kesepakatan kedua belah pihak yang bersangkutan.

Seberapa Penting Endorsement untuk Bisnis

Keuntungan berbisnis online
Pentingnya endorsement untuk bisnis. Photo by Pexels

Begitu banyaknya manfaat dari endorsement, tentu saja hal ini menjadi metode penting untuk kredibilitas suatu bisnis. Hidup di era digital membuat endorsement menjadi salah satu strategi jitu untuk meningkatkan perkembangan suatu bisnis. Social media saat ini memegang peran penting di kehidupan. Tidak hanya untuk konsumsi pribadi semata, namun juga sebagai peluang besar bagi pemasaran suatu produk.

Faktanya, metode endorsement sudah banyak dibuktikan memiliki peran yang cukup efektif dalam melakukan suatu branding. Dapat disimpulkan bahwa, endorsement memiliki peran penting dalam strategi pemasaran di dunia digital.

Tips Memilih Endorser dengan Tepat

modal kecil untung besar.
Memilih influencer. Photo by Pixabay

Sebelum kamu melakukan endorsement, tentunya harus memilih terlebih dahulu siapa yang akan di endorse. Oleh karena itu, penting memilih endorser yang tepat agar hasilnya pun sesuai target. Berikut ini tips dalam memilih endorser, yaitu;

  • Kenali terlebih dahulu target market dari bisnismu.
  • Pastikan personal branding dari influencer yang menjadi endorser sesuai dengan produk yang kamu tawarkan.
  • Mengetahui terlebih dahulu mengenai data engagement dan insight influencer.
  • Pastikan kualitas konten tidak mengandung SARA.
  • Perhatikan kualitas foto dan video yang dihasilkan influencer yang dituju sesuai dengan standar dari bisnismu.

Cara Meminta Endorsement

cara meminta endorsement
Cara meminta endorsement kepada influencer. Photo by Pexels

Tidak semua influencer mau menerima tawaran endorsement yang diberikan lho! Karena endorsement bersifat hubungan bisnis, jadi sebagai pihak yang ingin menawarkan kerja sama berupa endorsement harus terlihat menjanjikan. Nah, berikut ini tips dan cara jitu meminta endorsement influencer:

  • Menghubungi pihak manajemen atau contact person influencer yang dituju.
  • Menjelaskan visi dan misi perusahaan.
  • Menjelaskan secara rinci mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Menanyakan seputar rate card dan juga engagement influencer yang dituju.
  • Menggunakan kata-kata yang baik dan professional.
  • Mengajukan terms and condition.
  • Melakukan kesepakatan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara meminta endorsement. Semmoga menambah wawasanmu TemanKlik!

Artikel Lainnya