Exposure Influencer sebagai Pendongkrak Bisnis

Ilustrasi seorang influencer sedang mempromosikan produk
Exposure Influencer sebagai Pendongkrak Bisnis. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

“Siapa sih yang tidak punya social media?”. Diantara beragamnya jenis social media, setidaknya setiap orang memiliki salah satu akun. Entah itu Instagram, Facebook, Twitter, Tik tok, Youtube dan lainnya. Peran social media saat ini membantu setiap orang untuk berkomunikasi dengan cepat, oleh karena itu susah bagi suatu individu untuk tidak memiliki social media.

Peran social media yang menyampaikan pesan ke banyak orang dengan cepat menjadi sebuah peluang untuk dunia bisnis lho! Apalagi kalau kamu memiliki banyak pengikut di akun social media-mu. Tentunya dalam menyampaikan sebuah pesan jangkaunnya akan lebih luas.

Orang yang memiliki pengikut dan perhatian dengan jumlah banyak di akun social media nya memiliki sebutan sebagai influencer. Sebagai pelaku bisnis, berkerja sama dengan influencer dapat menjadi exposure bagi bisnis yang kamu jalani. Mengapa influencer dapat memberikan exposure bisnis? Apa sebenarnya exposure influencer? Apakah hal tersebut menguntungkan kedua belah pihak? Yuk, kupas tuntas mengenai exposure influencer!

Baca Juga: 7 Cara Cerdik untuk Meningatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

Apa Itu Exposure

Ilustrasi influencer sedang mempromosikan produk
Pengertian exposure. Photo by Pexels

Exposure merupakan keuntungan berupa popularitas yang didapatkan dari suatu brand atau perusahaan. Dapat dikatakan, exposure ini seperti “brand awareness”. Lalu apa hubungannya exposure dengan influencer?

Seseorang dapat dikatakan sebagai influencer jika akun social media nya mendapatkan banyak pengikut dan juga perhatian dari pengikutnya. Segala aktivitas yang di unggah di social media nya pun mendapatkan respon dari banyak orang. Karena banyaknya “perhatian” dari orang-orang, pebisnis memberikan produk ataupun jasanya ke influencer. Produk atau jasa yang diberikan ini akan di posting oleh influencer di akun social media nya. Dengan begitu, produk atau jasa tersebut akan mendapatkan “brand awareness” dari pengikut di akun social media influencer tersebut.

Brand awareness yang diberikan influencer ini bisa berbentuk berbagai macam konten. Biasanya seorang influencer akan memberikan sebuah “review” akan produk dan jasa yang ditawarkan oleh pebisnis.

Cara Menentukan Influencer yang Akan Memberikan Exposure

Tulisan influencer
Influencer pilihan. Photo by @diggitymarketing
  • Tentukan Influencer Sesuai dengan Bisnismu

Penting untuk kamu ingat bahwa jangan asal pilih influencer. Walaupun influencer tersebut memiliki pengikut yang banyak dan lainnnya, tapi kamu harus memastikan apakah produk atau jasa yang kamu tawarkan sesuai dengan personal branding dan kontennya. Setiap influencer memiliki personal branding nya masing-masing. Personal branding ini juga yang menetukan konten seperti apa yang selalu di post di akun social media nya. Apakah personal branding dari influencer tersebut membahas konten fashion, makanan, game, otomotif, beauty tips atau lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih influencer sesuai dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

  • Riset Audiens

Sebagai pelaku bisnis tentunya kamu tahu betul siapa target audiens mu. Saat kamu ingin melakukan exposure influencer, pastikan kamu melakukan riset akan audiens influencer yang akan berkerja sama denganmu. Akan sia-sia rasanya jika audiens dari influencer yang berkerja sama denganmu tidak memenuhi target pasar bisnis yang kamu jalani.

  • Menentukan Jenis Exposure yang Kamu Inginkan

Setelah melakukan riset audiens, kini saatnya kamu menentukan exposure yang cocok untuk mengembangkan bisnismu. Sebagai contohnya Instagram. Banyak tools yang dapat dimanfaatkan di Instagram. Apakah produk atau jasa yang kamu tawarkan akan di tampilkan di Instagram Story, Feeds, IGTV, Live Video ataupun Reels.

  • Memastikan Konten yang Dihasilkan Berkualitas Tinggi

Tentunya kamu ingin mendapatkan hasil yang baik. Hasil yang baik ini dapat diraih dengan hasil produksi konten yang baik. Konten yang diproduksi harus menarik dan mengikat audiensnya. Sebelum kamu memutuskan untuk berkerja sama dengan influencer, pastikan terlebih dahulu konten-konten yang dihasilkan oleh influencer tersebut sesuai dengan ekspetasimu.

Banyak keuntungan yang dapat dirasakan oleh pebisnis melalui exposure influencer. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum memulainya ya. Hal ini agar dapat mencapai target sesuai dengan ekspetasimu.

Artikel Lainnya