Apa itu IFRS, Tujuan, Kelebihan dan Penerapannya

Apa itu IFRS
Apa itu IFRS, Tujuan, Kelebihan dan Penerapannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Dalam sebuah perusahaan dibutuhkan penyusunan laporan keuangan secara rutin yang lebih mudah dipahami dengan IFRS. Apa itu IFRS merupakan standar akuntansi global yang bentuknya mirip satu sama lain.

Adanya standar yang hampir sama ini akan mempermudahmu untuk memahaminya. Jika masih bingung dan meraba-raba akan IFRS ini, bisa cek secara detail dalam artikel berikut ini.

Apa Itu IFRS?

IFRS singkatan dari International Financial Reporting Standard yang diakui sebagai standar akuntansi internasional. IFRS berguna untuk menciptakan bahasa akuntansi secara umum sehingga laporan lebih konsisten dan mudah dipahami untuk semua perusahaan.

IFRS akan menjadikan sebuah laporan keuangan baik secara lokal dan internasional dengan standar yang hampir sama. Bahasa dari bahasan laporan keuangan ini mirip antara satu dengan yang lainnya. 

Hal pokok adanya standar akuntansi keuangan di Indonesia antara lain:

  • Elemen laporan informasi keuangan dan lainnya.
  • Berfungsi sebagai standar memutuskan catatan transaksi aset, modal, biaya dan pendapatan.
  • Pengukuran dan penilaian komponen laporan keuangan.
  • Pengakuan elemen keuangan agar tertulis dengan jelas dalam setiap laporannya.
  • Sajian laporan keuangan dengan berbagai info yang relevan. Misalnya laba rugi dan neraca yang memudahkan pembaca.

Apa artinya IFRS dalam setiap perencanaan selalu terdapat laporan keuangan dalam bisnis. Bukan hanya laporan biasa saja karena kamu dapat menemukan standar tertentu dalam laporan tersebut guna memberi manfaat lebih banyak dalam kancah bisnis perusahaan. 

Tujuan IFRS

Tujuan IFRS mencakup banyak kepentingan perusahaan untuk melesat menjadi lebih baik lagi. Laporan keuangan menjadi salah satu hal penting untuk mengetahui keuntungan dan kerugian sebuah bisnis.

Sangat wajar jika laporan menjadi standar kegiatan yang harus ada baik lingkup bisnis kecil atau multinasional. Maka wajar adanya jika apa itu IFRS sering diungkapkan dalam karakteristik utama sebuah bisnis.

Adapun tujuan dari IFRS dapat kamu simak secara lengkap di bawah ini:

1. Penentu Nasib Perusahaan 

Dapat dikatakan IFRS menjadi penentu nasib perusahaan. Artinya adalah:

  • Apakah perusahaan berkembang atau malah merugi. 
  • Dari laporan akan didapatkan berapa laba jika ada dan berapa rugi jika memang market sedang tidak baik.
  • Dari sinilah sebuah produktivitas berkembang sesuai kebutuhan konsumen. Akan anjlok atau bertumbuh tergantung dari laporan keuangan yang dihitung secara transparan.

2. Analisa Perusahaan

Adanya rumus analisis menentukan sejauh mana perusahaan berkembang. Analisa dibutuhkan setelah adanya hasil laporan keuangan untuk menentukan rugi tidaknya sebuah bisnis berjalan.

3. Mudah Dipahami

Adanya IFRS memudahkan orang yang tidak paham akuntansi menjadi lebih mengerti isi laporan tersebut secara awam. Standar yang ada dalam IFRS dapat menjadikan keuangan perusahaan lebih mudah terbaca.

4. Memudahkan Menggaet Investor

Daya banding lebih mudah didapatkan dalam lingkup internasional. Hal ini memungkingkan kemudahan dalam menggaet investor dikarenakan laporan serba transparan dan apa adanya. 

Biasanya investor menyukai berbagai laporan yang transparan untuk melihat sejauh mana kinerja perusahaan tersebut. Apakah aman untuk dijajaki dalam kerjasama atau tidak.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan dan Cara Menghitungnya

Kelebihan IFRS

Setelah kamu mengetahui apa itu IFRS selanjutnya membahas akan kelebihannya. Secara lengkap kelebihan tersebut adalah:

1. Kualitas  Laporan Keuangan

Kualitas keuangan yang  menggunakan IFRS tentu memiliki kualitas laporan keuangan yang dapat diandalkan. Standar keuangan internasional memicu perkembangan perusahaan lebih baik lagi karena laporan jelas dan transparan.

2. Arus Modal Berjalan Lancar

Setiap laporan keuangan dirancang oleh divisi keuangan yang paham akan keluar masuknya dana perusahaan. Dengan demikian adanya hambatan dapat diminimalisir sesegera mungkin. 

Modal dari investor akan aman digunakan dengan baik karena laporannya jelas. Kemana modal yang digunakan akan memberikan pengembangan signifikan secara konkret dan lebih rinci.

3. Efisiensi Dana

Untuk menghasilkan laporan keuangan secara maksimal, perusahaana biasanya mengeluarkan biaya besar. Akan tetapi dengan mengetahui apa itu IFRS dan tujuan serta kelebihannya efisiensi dana terjamin.

Dengan IFRS laporan keuangan secara standar internasional didapatkan. Akan menghemat biaya terutama perusahaan besar dengan kerumitan laporan keuangannya.

4. Profesional

Baik perusahaan besar atau kecil, adanya laporan standar IFRS akan membentuk profesionalitas yang mumpuni. Laporan akan dapat dilihat tingkat lokal atau internasional secara optimal. Meskipun pengerjaannya ekstra, hasilnya tak diragukan lagi.

Penerapan IFRS di Indonesia

Bagaimana penerapan IFRS di Indonesia untuk saat ini? IFRS dibuat di awal untuk akuntansi global dengan standar kualitas tinggi.

Perlu diketahui IFRS bukan merupakan satu-satunya yang ada sebagai standar akuntansi di dunia perusahaan. Akan tetapi terdapat banyak negara termasuk Indonesia yang menggunakan standar IFRS.

Standar laporan keuangan berlaku di Indonesia baik bisnis secara domestik atau internasional. Berlaku mulai tahun 2012 sejak Indonesia menjadi bagian dari IFAC (International Federation of Accountants). 

Sistem yang telah ada digunakan dalam industri perbankan, asuransi hingga BUMN. 

Perbedaan IFRS dan PSAK

Apa itu IFRS menjadi pembanding yang relevan terhadap PSAK. Dalam akuntansi internasional digunakan IFRS dan Akuntansi Indonesia dengan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan). 

Bukan sembarangan saja karena PSAK ini dibuat ahli yang tergabung di Ikatan Akuntansi Indonesia. Perbedaan antara IFRS akuntansi dan PSAK dapat kamu lihat dengan lengkap di bawah ini.

1. Laporan Neraca

Pada intinya kedua laporan neraca dengan sistem yang hampir mirip ini memiliki sedikit hal berbeda, yaitu:

  • Dalam PSAK menampilkan aset lancar dan tidak lancar sehingga terlihat mana aset yang dapat dikembangkan atau perlu evaluasi.
  • Dalam IFRS tidak perlu ada tapi penyusunan likuiditas lebih relevan untuk laporan lengkap dalam hal keuangan.

2. Laporan Kinerja Keuangan

Sebuah transparansi laporan keuangan dibutuhkan untuk mengetahui laba rugi dan evaluasi berkelanjutan.

  • PSAK harus menampilkan laba dan rugi dalam keuangan laporan perusahaan. 
  • IFRS demikian adanya tetap menampilkan laba rugi akan tetapi laporannya lebih komprehensif. Dari sini akan terlihat secara umum bagaimana transparansi keuangan laporan perusahaan.

3. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi terkait metode langsung atau tidak langsung saja. Ada standar tersendiri yang disesuaikan dengan metode tersebut.

  • PSAK menampilkan laporan laba rugi dengan item perhitungan dan metode secara langsung.
  • IFRS menampilkan laporan laba rugi dengan memilih salah satu format dari dua format yang telah tersedia.

4. Laporan Arus Kas

  • PSAK dengan metode langsung dengan format item langsung hitungan yang berbeda.
  • IFRS menggunakan metode hitungan langsung atau tidak langsung

Perbedaan dalam dua metode tidak menjadikan masalah. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri baik di kancah bisnis lokal maupun internasional.

Mengetahui apa itu IFRS dan tujuan serta kelebihannya memang luar biasa sekali. Perusahaan dapat memaksimalkan produktivitas dari laporan keuangan yang sangat berkualitas.

Artikel Lainnya