Cara Mengelola Halaman Facebook dengan Tepat dan Benar

Cara Mengelola Halaman Facebook
Cara Mengelola Halaman Facebook dengan Tepat dan Benar. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Buat yang punya bisnis pasti tak asing dengan nama Facebook, namun apakah familiar dengan halaman Facebook? Jika jawabannya belum maka sangat disayangkan. Padahal dengan cara mengelola halaman Facebook yang tepat dapat membantu bisnis berkembang.

Sebenarnya cara bikin fanspage Facebook itu tak sulit. Akan tetapi banyak pengguna FB yang kebetulan juga pebisnis ternyata salah dalam penerapannya. Kebanyakan cukup memakai akun Facebook pribadi sebagai sarana promosi dan penjualan bisnis miliknya.

Nah di tulisan kali ini, Kamu dapat menemukan penjelasan mengenai hal tersebut. Mulai dari apa itu halaman Facebook, manfaat bagi bisnis hingga cara mengelola halaman Facebook serta tips meroketkan FP milik kamu. Penasaran? Yuk segera baca uraian di bawah ini!

Apa itu Fanspage Facebook?

Fanspage adalah istilah yang dikenal dalam media sosial, khususnya Facebook. Melalui fanspage Facebook ini maka seorang konsumen akan mendapatkan informasi detail mengenai suatu brand produk. 

Umumnya fanspage juga akan digunakan sebagai sarana untuk membagi konten yang berguna, alat branding hingga penjualan produk. Dari situ kamu pasti paham jika fanspage Facebook sangat spesifik sekali memang diciptakan untuk membantu para pemilik bisnis.

Berbeda sekali dengan facebook personal yang sudah pasti hanya akan berisi konten tentang kehidupan seseorang. Mulai dari opini acak terhadap suatu peristiwa, membagikan cerita liburannya atau sebagai tempat berbagi foto diri dan atau bersama orang-orang terdekat.

Melalui fanspage Kamu akan dapat mengatur konten yang berkaitan dengan produk bisnis secara lebih terarah. Semisal informasi menarik untuk mendapatkan engagement dengan konsumen, edukasi customer hingga promosi dan hard selling. 

Jadi melalui cara mengelola halaman Facebook yang tepat, maka bisnis milik Kamu akan dapat ikut terangkat.

Baca juga: Youtube Sebagai Sumber Penghasilan? Ini Dia Caranya!

Pentingnya Bisnis Memiliki Fanspage Facebook

Melalui Fanspage Facebook maka Kamu akan dapat memperoleh keuntungan bagi bisnis yang sedang dijalankan. Apa sajakah keuntungannya?

1. Mengetahui Target Audiens

Melalui penggunaan Facebook fanspage maka kamu akan tahu target audiens telah tercapai atau tidak. Hal tersebut bisa diperoleh melalui fitur insight yang sudah disediakan oleh pihak pengembang FB. 

Dari fitur insight maka detail tentang demografi, waktu aktif serta jenis konten favorit akan dapat diketahui dengan mudah. Dengan demikian pemilik FP akan bisa menciptakan konten yang lebih spesifik guna menembak target lebih tepat sasaran.

2. Merencanakan Isi Konten

Dengan berbagai fitur yang ada, cara mengelola halaman Facebook jadi maksimal untuk membantu peningkatan bisnis. Salah satu fitur yang dapat digunakan selain insight adalah fitur penjadwalan konten. 

Melalui fitur tersebut maka pemilik bisnis dapat membuat konten yang akan diposting secara lebih terarah. Tentu saja kedekatan dengan audiens diharapkan akan dapat tercapai karenanya.

3. Jumlah Fans Tidak Terbatas

Jika pada akhirnya bisnis milik Kamu berkembang, maka tak perlu bingung lagi karena tidak ada batasan jumlah follower di Facebook fanspage. Berbeda sekali dengan Facebook personal yang membatasi jumlah pertemanan hanya sampai pada angka 5000 follower saja.

4. Meningkatkan Profesionalitas

Keberadaan fanspage di Facebook juga akan meningkatkan branding sebuah bisnis yang sedang dibuat agar tampak profesional. Jelas saja, karena semua konten yang ada di fanspage semua tertata dan terarah demi pencapaian engagement yang baik.

Semua konten murni hanya akan berisi detail produk atau konten bermanfaat lainnya, tanpa ada postingan yang berisi curhatan pribadi atau foto sedang sibuk momong anak. Tentu dengan begitu maka image bisnis sebagai ahli di bidang yang sedang dibangun akan dapat tercapai.

5. Mendapatkan Feedback Serta Kontak Konsumen

Melalui Halaman FB, konsumen produk akan lebih mudah jika ingin menyampaikan sesuatu hal yang berkaitan dengan produk bisnis. Bahkan konsumen juga akan mudah untuk menyampaikan feedback.

Yang mana ketika feedback yang diberikan bersifat positif maka akan menjadi semacam promosi tak langsung bagi bisnis yang Kamu miliki. Menarik bukan?

Cara Membuat Fanspage di Facebook

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat fanspage di Facebook, yaitu:

1. Buatlah Akun

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentunya memastikan jika Kamu telah memiliki akun Facebook pribadi. Jika belum, maka buatlah terlebih dahulu. 
  • Setelah akun FB pribadi siap, maka masuklah pada menu Pengaturan. Kemudian scroll ke arah bawah hingga menemukan menu Halaman.
  • Tekanlah tombol menu Halaman tersebut, kemudian tekan opsi Buat.
  • Selanjutnya Kamu harus mengisi Nama Halaman yang akan dibuat, pilih kategori umum dan kategori populer, akhiri dengan menekan tombol Buat.

2. Pasang Foto Brand

Setelah Halaman FB telah berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil beserta foto sampulnya sekaligus. Usahakan untuk memilih foto profil yang mewakili karakter produk milikmu. Jika sudah, tekan tombol Simpan.

3. Lengkapilah Data Pribadi

Langkah terakhir, lengkapi data berupa nomor kontak, alamat bisnis serta beberapa hal penting lainnya. Lengkapi pula foto fisik toko agar konsumen percaya jika bisnis ini bukan abal-abal.

Jangan lupa sertakan juga deskripsi halaman Facebook. Untuk contoh deskripsi halaman Facebook Kamu dapat cari inspirasi dari beberapa Halaman FB yang sudah terkenal. Jika sudah, maka mulailah untuk melakukan posting konten untuk memperkenalkan produk bisnis.  

Kamu juga bisa menambahkan admin guna mengelola FP. Cara menambahkan admin halaman facebook sangat mudah, Kamu bisa googling untuk mencari tahu detailnya.

Tips Agar Fanspage Bisnis Cepat Populer

Cara mengelola halaman Facebook bertujuan agar Fanspage cepat meraih hati banyak orang. Jika begitu, langkah apa yang harus dilakukan?

1. Nama Fanspage Harus Menarik

Cara mengelola halaman Facebook yang pertama adalah memilih nama yang unik. Hal ini akan membuat produk akan dapat dikenali dengan baik serta menarik minat orang untuk mencari tahu, meski ada banyak produk yang sama di pasaran.

2. Undang Banyak Teman

Jangan sungkan untuk mengundang banyak teman yang ada di dalam daftar pertemanan Facebook personal untuk mengikuti dan menyukai FP bisnis milik Kamu. 

Caranya, kamu bisa melakukan posting ulang konten menarik dari feed FP agar dapat muncul ke dalam feed FB pribadi. Atau bisa juga dengan secara langsung meminta follower pribadi untuk mengikuti dan menyukai FB milik Kamu.

3. Perkenalkan Fanspage Ke FB Personal 

Sah saja untuk memperkenalkan FP bisnis Kamu pada timeline FB personal. Dengan cara tersebut maka semua teman di dalam daftar kontak FB akan tahu secara langsung akan bisnis yang sedang Kamu kembangkan.

Jangan lupa posting juga jenis produk dari bisnis tersebut. Berikan foto yang menarik berikut informasi detail tentangnya.

4. Gunakan Fitur Berbayar

Cara mengelola halaman Facebook agar populer berikutnya adalah memanfaatkan fitur berbayar yang bernama Facebook Ads. Melalui fitur ini maka bisnis kamu akan dibantu untuk dapat menjangkau konsumen secara lebih intens dan luas.

5. Isi Dengan Konten Fresh dan Menarik

Gunakan cara mengelola halaman Facebook agar tidak terkesan membosankan. Yaitu melalui pemostingan konten yang variatif. Sesekali isilah FP dengan konten yang bersifat jenaka, storytelling atau isu yang sedang happening. Demikianlah uraian tentang cara mengelola halaman Facebook, semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya