Tips Hemat Uang Bagi yang Suka Makan di Luar

prinsip hemat makan di luar
Waktu baca: 3 menit

Uang makan menjadi salah satu pengeluaran besar tiap bulan yang dikeluarkan. Tidak tanggung-tanggung, jumlah budget untuk makan bisa mencapai hingga 50 persen dari total pengasilan perbulanmu. Apalagi buat kamu yang lebih senang makan di luar rumah. Terlebih dengan banyaknya ragam makanan yang ditawarkan serta harga yang bersaing, sudah pasti makan di luar akan lebih menguras banyak uangmu.

Hal itu senada dengan laporan yang dirilis oleh Qraved dengan judul Jakarta Dining Index 2013 menyatakan orang Indonesia mengunjungi restoran sebanyak 380 kali sepanjang tahun 2013 dengan biaya yang dihabiskan mencapai 1,5 miliar dollar Amerika atau sekitar Rp 17 triliun rupiah sesuai dengan kurs saat itu.

Maka dari itu, kamu harus bisa hemat saat memutuskan untuk makan di luar rumah. Agar bisa melakukan hal tersebut, kamu bisa ikuti beberapa tips di bawah ini.

Buat diet versi kamu sendiri

Buat diet versimu
Buat diet versimu sendiri. Photo by @jamievalmat

Saat ini, banyak orang yang melakukan diet dengan berbagai jenis. Contohnya, diet gula, diet kantong plastik, dan lain sebagainya. Dalam rangka mengurangi pengeluaranmu untuk makan di luar rumah, maka kamu bisa menciptakan diet makan di luar rumah selama satu bulan penuh. Dengan begitu, kamu bisa mulai mengatur jadwal memasak agar bisa mengurangi makan di luar.

Manfaatkan diskon dan promo

Manfaatkan promo atau diskon dengan baik,
Membayar menggunakan kartu kredit/debit menjadi salah satu cara memanfaatkan promo. Photo by Rawpixel

Dengan memutuskan makan di luar, artinya kamu sudah siap untuk menggelontorkan dana yang tidak sedikit. Agar biaya yang dikeluarkan tidak banyak, kamu bisa mulai memanfaatkan diskon dan promo yang tersedia di tiap restoran yang ingin kamu kunjungi. Kamu bisa cari tahu info tentang diskon atau promo di website dan media sosial restoran. Selain itu, bisa juga mengandalkan tanggal-tanggal penting seperti diskon Hari Kemerdekaan, diskon Hari Raya, dan lain-lain. Dengan begitu, pengeluaranmu akan lebih kecil dibandingkan tidak memanfaatkan diskon dan promo.

Fokus dengan makanan utama

Fokuskan untuk memesan makanan utama agar hemat makan di luar
Fokuskan untuk memesan makanan utama. Photo by @simplethemes

Terkadang yang membuatmu mengeluarkan uang berlebihan saat makan di restoran ialah memesan seluruh tahapan makanan yang dimulai dari makanan pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup. Agar kamu bisa lebih hemat, maka dari awal putuskan untuk makan makanan utama saja karena makanan itulah yang akan membuatmu kenyang. Dengan tidak memesan makanan pembuka dan penutup, setidaknya kamu telah menghemat Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu rupiah tergantung jenis restoran yang kamu datangi.

Makan bersama teman

Makan bersama
Makan bersama teman agar bisa sharing biayanya. Photo by Rawpixel

Beberapa tempat terkadang menyediakan paket menu makan besar. Jika ingin hemat, kamu bisa mengajak teman untuk berbagi paket menu makan besar itu. Selain itu, kamu dan temanmu bisa coba untuk memesan makanan yang berbeda agar bisa saling mencicipi makanan satu sama lain.

Bungkus makanan sisa

Bungkus makanan sisa jika kamu mau hemat makan di luar
Bungkus jika masih ada makanan sisa. Photo by Pexels

Jika saat makan kamu menyisakan makanan, kamu bisa meminta pihak restoran untuk membungkusnya. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan makanan yang dibungkus itu untuk dimakan saat lapar di rumah.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan agar bisa hemat saat memutuskan makan di luar. Jangan lupa untuk tetap berhemat agar kamu bisa memiliki dana untuk ditabung atau diinvestasikan. Dengan begitu, masa depanmu akan lebih terjamin.

You may also like...

Leave a Reply