3 Alasan Kamu Harus Lakukan Financial Check Up

Pentingnya financial check up
Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang tidak mengetahui kondisi keuangannya saat ini. Hal itu dikarenakan masih banyaknya orang yang tidak mau melakukan financial check up. Apa itu? Dilansir dari detik.com, financial check up merupakan pemeriksaan kesehatan keuanganmu yang dapat mendeteksi apakah ada indikasi masalah keuangan atau malah sudah mengalami masalah keuangan dan sejauh mana masalahnya.

Orang yang memiliki gaji besar tidak serta merta bisa membuatnya terbebas dari risiko masalah keuangan. Masih ada banyak kemungkinan untukmu mendapatkan masalah keuangan walaupun memiliki gaji besar. Penyebabnya ada kemungkinan cara mengelola keuangan yang kurang tepat. Bisa saja kamu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk hal-hal yang kurang penting. Akibatnya, kemungkinan merasakan kebangkrutan akan muncul sedikit demi sedikit.

Maka dari itu, financial check up penting karena kamu bisa mencatat segala hal yang berhubungan dengan keuangan dan kekayaan. Selain itu, banyak hal yang bisa diketahui seperti jumlah aset yang dimiliki dan adakah utang yang wajib dilunasi. Agar kamu mau melakukan hal itu, berikut dijelaskan alasan-alasannya agar kamu yakin dan perlu melakukan check up tersebut.

Mengetahui semua pemasukan dan pengeluaran

Pemasukan dan pengeluaran.
Alasan harus melakukan pengecekan finansial adalah mengetahui pemasukan dan pengeluaran. Photo by Rawpixel

Mungkin sebagian orang merasa terbebani dengan banyaknya pengeluaran untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Bahkan, ada yang merasakan pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Hal ini bisa saja terjadi bagi mereka yang tidak pernah melakukan pemeriksaan kondisi keuangan. Pemeriksaan itu sangat berguna untuk merekap ulang segala jenis pemasukan dan pengeluaran rutinmu. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengetahui pengeluaran apa saja yang membuat penghasilan terkuras habis. Tak hanya untuk mengetahui pengeluaran pokok, semua jenis pengeluaran baik unutk kebutuhan sekunder, tersier, maupu kegiatan bersenang-senang bisa kamu ketahui dengan melakukan pengecekan keuangan.

Baca juga: Cara mengatur keuangan dengan prinsip 10 – 20 – 30 – 40

Handal dalam mengendalikan keuangan

Handal dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan.
Salah satu keuntungan melakukan pengecekan finansial adalah handal dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan. Photo by @sharonmccutcheon

Setelah mengetahui semua jenis pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa dengan mudah memperkirakan nominal uang yang harus digunakan dalam sebulan. Jika dirasa pengeluaran terlalu besar daripada pemasukan, kamu bisa segera menyeleksi pengeluaran yang tidak penting. Tak jarang hasil dari seleksi tersebut bisa berimbas positif terhadap kondisi keuangan. Hasilnya kamu memiliki kelebihan uang yang bisa diinvestasikan. Jadi, saat secara rutin melakukan pengecekan, maka secara tidak langsung kamu menjadi pengelola keuangan yang baik serta dapat mengontrol jumlah penghasilan dan pengeluaran.

Merencanakan masa depan dengan baik

Masa depan lebih cerah dengan financial check up
Dengan pemeriksaan finansial, masa depanmu bisa menjadi lebih bahagia. Photo by @allentaylorjr

Dengan melakukan pengecekan kondisi finansial, kamu bisa mendapat gambaran mengenai kehidupanmu di masa yang akan datang. Kamu akan terbantu dalam hal persiapan kemampuan finansial di masa depan. Sebagai contoh, jika kamu memiliki rencana untuk menikahi pasanganmu, maka dengan melakukan pengecekan keuangan kamu dapat membuat rancangan dana yang dibutuhkan serta waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya.

Memang pengecekan kondisi finansial awalnya terlihat sepele. Namun, jika kamu bisa melakukannya dengan baik maka kamu bisa mengetahui siklus pemasukan dan pengeluaran yang makin terawasi dengan baik. Maka dari itu, jangan ragu untuk melakukan financial check up agar kehidupanmu makin tertata dan menjadi lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply