Tips Mempersiapkan Pernikahan agar Sesuai Budget

mempersiapkan pernikahan
Waktu baca: 3 menit

Menikah merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh setiap orang. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk sebuah pernikahan, mulai dari mental hingga materi, khususnya biaya pernikahan. Untuk menikah, kamu membutuhkan biaya yang cukup besar agar bisa mengadakan acara pernikahan yang kamu inginkan. Bagi kamu yang merasa biaya untuk pernikahanmu masih minim, berikut ini beberapa tips dalam mempersiapkan pernikahan agar sesuai budget yang kamu miliki. 

Buat panitia yang terdiri dari keluarga dan sahabat

Tips mempersiapkan pernikahan agar sesuai budget yang pertama adalah tidak menggunakan jasa Wedding Organizer atau WO. Kamu bisa membuat panitia yang dibentuk dari keluarga atau sahabat kamu untuk mengatur acara di hari pernikahanmu. Dengan begitu, kamu bisa tetap mengatur semua hal untuk pernikahan sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, kamu juga bisa menghemat budget sekitar 20-30%. Lumayan, bukan?

Baca juga: Mempersiapkan Resepsi Pernikahan Tanpa WO, Mungkin Tidak Sih?

Lakukan pre-wedding sendiri

Bagi kamu yang ingin melakukan sesi pre-wedding namun memiliki budget yang terbatas, kamu bisa mengantisipasinya dengan cara mencari tempat yang bisa dijadikan spot untuk background foto pre-wedding. Kamu tidak perlu menyewa fotografer ataupun baju untuk melakukan sesi foto pre-wedding. Kamu hanya perlu menggunakan baju yang kamu punya dengan tema sederhana. Untuk fotografer, kamu bisa meminta salah satu keluarga atau sahabatmu untuk membantu proses foto pre-wedding ini. Dengan begitu, kamu bisa menghemat budget lebih banyak untuk pernikahanmu.

prewedding sendiri
Lakukan prewed kalian sendiri @muhraufan

Sewa baju pernikahan

Acara pernikahan hanya berlangsung selama satu hari. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu mengeluarkan budget terlalu banyak untuk baju yang akan kamu kenakan di hari pernikahanmu. Kamu hanya perlu menyewa baju pernikahan yang akan kamu pakai selama acara berlangsung. Sebab, saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan jasa penyewaan baju pernikahan yang sudah satu paket dengan pakaian orang tua mempelai. Budget untuk penyewaan baju tentu akan jauh lebih murah daripada membuat baju sendiri. Dengan begitu, kamu tidak usah menyiapkan budget lebih untuk urusan baju pengantin.

Manfaatkan dekorasi gratis dari layanan katering

Ada beberapa jasa katering yang memberikan potongan harga bahkan gratis dekorasi ketika kamu memesan makanan lebih dari minimal pemesanan porsi makanan di tempat tersebut. misalnya, suatu jasa katering akan memberikan jasa dekorasi gratis bagi klien-nya yang memesan makanan sebanyak 1000 porsi untuk hari pernikahannya. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menekan budget dalam acara pernikahanmu. Meskipun dekorasinya mungkin tidak seperti yang kamu inginkan, setidaknya kamu bisa menggunakannya jika budget yang kamu miliki benar-benar terbatas. Dengan memanfaatkan hal ini, kamu bisa menghemat biaya pernikahan hingga 50%. Sangat besar, bukan?

Minta teman untuk jadi seksi dokumentasi

Untuk jasa dokumentasi, kamu bisa meminta seorang teman yang memiliki kemampuan fotografi dan videografi yang baik. kamu bisa bernegosiasi dengan temanmu mengenai budget yang kamu miliki untuk biaya dokumentasi. Sebab, bernegosiasi dengan teman mungkin tidak akan sesulit bernegosiasi dengan fotografer profesional, bukan? Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan hasil foto yang memuaskan tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

mempersiapkan pernikahan
Minta bantuan sahabat kamu untuk menangkap momen spesial via @tronle_sg

Itulah beberapa tips untuk mempersiapkan pernikahan agar sesuai budget yang bisa kamu coba. Dengan menghemat budget untuk acara pernikahan, kamu bisa mengalokasikan budget yang tersisa untuk diinvestasikan dalam berbagai hal. Misalnya, seperti investasi milenial yang saat ini banyak dilakukan oleh para generasi milenial. Jika kamu menginvestasikan budget yang tersisa, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa yang akan datang dan bisa kamu gunakan untuk kebutuhanmu di masa tua nanti.

You may also like...

Leave a Reply