Tips Atur Keuangan untuk Me Time Hemat

Me time hemat
Waktu baca: 2 menit

Sebagai seorang yang memiliki rutinitas sehari-hari, pasti membutuhkan waktu istirahat untuk memanjakan diri atau me time. Dalam menjalani me time, biasanya akan melakukan kegiatan yang disukai seperti belanja, jalan-jalan, makan, main game dan masih banyak hal lainnya.

Namun dalam menjalankan kegiatan tersebut, kamu harus siap merogoh kocek yang sangat dalam. Apalagi saat tujuan utama untuk me time adalah memenuhi gengsi. Contohnya saja kamu memaksakan liburan ke luar negeri padahal gajimu pas-pasan. Sehingga mau tidak mau, untuk memenuhi gengsi, kamu akan mulai berutang.

Maka dari itu, dalam menjalankan me time kamu harus bisa hemat. Berikut perencanaan keuangan me time agar hemat yang bisa kamu terapkan.

Pilih kegiatan yang diinginkan

Pilih kegiatan me time agar hemat
Pilih kegiatan yang kamu inginkan. Photo by Pexels

Tentukan jenis me time yang akan dipilih dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti tingkat kesenangan dan manfaat yang didapatkan setelah melakukan hal itu. Selain itu, sesuaikan dengan kemampuanmu sendiri dalam menjalankan kegiatan tersebut.

Saat uangmu terbatas, jangan pilih kegiatan yang menghabiskan uang. Maka dari itu kamu benar-benar harus tahu kegiatan mana yang memang memanjakan dirimu. Dengan begitu, keuanganmu akan tetap aman dan me time bisa memberi efek yang positif untuk jiwa dan ragamu.

Siapkan dana

Siapkan dana me time.
Siapkan dana untuk me time. Photo by Pixabay

Setelah memutuskan akan melakukan kegiatan yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dana yang dibutuhkan. Buat rencana budget yang dibutuhkan dan segera mulai untuk menabung. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah menyisihkan uang dari penghasilan bulananmu. Idealnya, alokasi dana untuk kegiatan me time ialah kurang dari 10 persen penghasilan bulananmu. Dan yang terpenting, jangan sampai memotong budget untuk keperluan yang lebih penting.

Manfaatkan promo

Agar pengeluaranmu lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo atau diskon yang sedang tersedia. Dengan begitu, budget me time tidak habis dan bisa dimanfaatkan untuk me time selanjutnya atau mungkin diinvestasikan terlebih dahulu agar bisa bermanfaat untuk masa depanmu nanti.

Hindari penggunaan kartu kredit

Hindari kartu kredit
Jangan gunakan kartu kredit untuk me time. Photo by @ostshem

Saat memanjakan diri, biasanya pengeluaran akan membengkak. Apalagi jika kamu menggunakan kartu kredit. Kamu tidak akan sadar telah menghabiskan beratus-ratus bahkan berjuta-juta hanya untuk memanjakan dirimu sendiri.

Usahakan untuk mengutamakan menggunakan uang tunai saat memanjakan diri. Hal itu dilakukan agar kamu bisa mengerem pengeluaran saat uang di dompet sudah mulai menipis. Namun, hal itu kembali ke pribadi masing-masing. Intinya, kamu harus komitmen dan disiplin dalam menggunakan uang untuk me time.

Memanjakan diri memang sudah jadi kebutuhan tiap orang. Namun sudah pasti hal itu akan berimbas dengan kondisi keuanganmu. Maka dari itu, sudah saatnya untuk merencanakan dengan cermat kegiatan me time yang ingin kamu lakukan agar hemat dan tidak mengganggu kestabilan keuanganmu.

You may also like...

Leave a Reply