Manfaat Investasi di Masa Depan yang Bisa Kamu Rasakan

Manfaat investasi yang bisa kamu rasakan.
Waktu baca: 3 menit

Saat ini, investasi menjadi tren dikalangan anak muda. Terlebih dengan minimal investasi yang kecil dan jenis instrumen investasi beragam membuat orang-orang mulai berbondong-bondong untuk melakukan investasi. Namun perlu diketahui, setiap instrumen investasi memiliki cara kerja, risiko dan keuntungan yang berbeda-beda. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya setiap instrumen investasi sudah pasti memiliki fundamental yang sama yaitu mengalokasikan sejumlah uang dengan harapan nilainya bisa bertambah dari waktu ke waktu. Dengan berinvestasi, kamu bisa meraih penghasilan tambahan dari uang yang sudah diinvestasikan. Adapun agar bisa merasakan manfaat investasi di masa depan, setidaknya kamu harus rutin berinvestasi sekali dalam sebulan.

Berikut manfaat investasi yang didapatkan di masa yang akan datang jika kamu rutin melakukan investasi.

Terhindar dari tekanan inflasi

Investasi menghindarkan dari tekanan inflasi.
Manfaat investasi ialah menghindari tekanan inflasi. Photo by Rawpixels.com

Tekanan inflasi setiap tahun terjadi. Dengan berinvestasi, kamu bisa terhindar dari tekanan tersebut. Namun, kamu harus bisa mempertimbangkan jenis investasi dengan baik, terlebih kini rata-rata tingkat suku bunga tabungan terbilang rendah dan sulit. Hal itu dilakukan agar kamu tidak merasakan tekanan yang begitu tinggi saat inflasi terjadi.

Biaya menikah bisa terpenuhi

Investasi membantumu menyiapkan dana pernikahan.
Dengan berinvestasi, biaya nikahmu bisa terpenuhi. Photo by Pixabay.com

Biaya menikah dari tahun ke tahun bisa dibilang mengalami kenaikan atau makin mahal. Bagi kamu yang masih lajang atau akan segera mempersunting pasangan, kamu harus menyiapkan dana dengan jumlah yang tidak sedikit. Bisa jadi ratusan juta harus dikeluarkan untuk acaranya nanti. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kamu berinvestasi. Dengan begitu, uangmu perlahan-lahan akan bertumbuh, sehingga dana untuk persiapan menikah bisa terpenuhi dan kamu tidak perlu utang sana-sini untuk mengadakan acara pernikahan sesuai dengan keinginanmu dan pasangan.

Memiliki dana pensiun

Bagi kamu yang masih muda, alangkah baiknya sudah mempersiapkan dana untuk menghadapi pensiun. Memang terlihat sepele, tapi dampaknya akan sangat besar jika kamu memikirkan dana pensiun sejak dini. Semakin dini kamu persiapkan dana pensiun, maka semakin banyak pula dana yang kamu miliki saat masa tua nanti. Maka dari itu, mumpung masih memiliki banyak waktu kamu bisa mulai berinvestasi.

Memiliki dana pendidikan untuk anak

Investasi membantu persiapkan dana pendidikan anak.
Investasi bisa membantumu mempersiapkan dana pendidikan untuk anak. Photo by @santiverdi

Tak bisa dihindarkan bahwa biaya pendidikan tiap tahunnya meningkat. Maka dari itu, dengan berinvestasi kamu bisa membantu persiapan dana pendidikan untuk anakmu di masa yang akan datang.

Baca juga: Persiapkan Dana Pendidikan Anak untuk Masa Depan Lebih Baik

Mencapai kebebasan finansial

Kebebasan finansial maksudnya ialah keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang cukup untuk segala kebutuhan hidpu tanpa harus aktif bekerja agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Dari pengertian di atas, sudah pasti semua orang ingin mencapai kebebasan finansial. Salah satu cara untuk bisa mendekat ke posisi tersebut ialah dengan berinvestasi. Dengan rutin berinvestasi, kebebasan finansial makin bisa dirasakan di masa yang akan datang.

Itulah manfaat investasi yang bisa kamu rasakan. Di masa depan, kamu tidak perlu memikirkan masalah finansial jika sudah berinvestasi sejak dini. Selain itu, kekayaanmu juga semakin banyak loh. Jadi, kenapa tidak berinvestasi mulai dari saat ini?

You may also like...

Leave a Reply