Tips Menyiapkan Biaya Menikah dalam Waktu Setahun

biaya menikah yang harus disiapkan dalam waktu setahun
Waktu baca: 3 menit

Pernikahan menjadi salah satu momen penting yang sakral bagi setiap orang. Makanya untuk mengadakan prosesi pernikahan biasanya membutuhkan mental dan kondisi finansial yang kuat. Hal itu membuat para calon mempelai pusing memikirkannya. Apalagi jika acaranya akan digelar dalam waktu dekat.

Maka dari itu, agar kamu tidak kewalahan, persiapkan pernikahanmu dari jauh-jauh hari. Kebanyakan orang mempersiapkan pernikahan kira-kira setahun sebelum acara tersebut digelar. Memang waktu satu tahun tidaklah lama. Lalu bagaimana caranya agar bisa menyiapkan biaya menikah dalam waktu kurang lebih satu tahun itu? Berikut tips yang mungkin bisa kamu ikuti.

Kurangi biaya yang tidak penting

Kuangi biaya tak penting agar biaya menikah tidak berat.
Kurangi biaya yang tidak perlu agar biaya menikah tidak terlalu berat. Photo by @kellysikkema

Saat merencanakan setahun ke depan akan menikah, sebaiknya kamu mengurangi biaya-biaya yang tidak penting. Selain itu, kamu juga bisa mulai mencatat dan memeriksa hal-hal yang tidak penting untuk acaramu nanti. Jika menemukannya, lebih baik dicoret saja agar pengeluaranmu pun ikut berkurang.

Meminimalisir biaya pernikahan dengan mengurangi tamu undangan juga bisa dilakukan lho TemanKlik. Kamu cukup mengundang orang-orang tertentu seperti sahabat dekat, saudara, dan tetangga dekat saja. Dengan begitu kamu bisa mengurangi sebagian biaya catering, terlebih kamu dan pasanganmu bakal lebih irit tenaga karena tidak perlu bersalaman terlalu lama.

Manfaat jasa teman

Jasa teman digunakan untuk meringankan biaya menikah.
Manfaatkan jasa teman untuk menekan biaya. Photo by Pixabay

Saat akan menggelar acara pernikahan, pasti kamu mau tidak mau harus menyewa jasa penata rias, fotografer, dan wedding organizer yang mana membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, ini waktunya, jika kamu memiliki teman dengan keahlian yang dibutuhkan kamu bisa menggunakan jasa mereka.

Biasanya, sebagai teman, mereka pasti akan memberikan harga yang tidak terlalu mahal. Bahkan mungkin ada yang rela untuk tidak dibayar demi bisa berkontribusi saat momen bahagia sahabatnya. Sebagai gantinya, untuk mengapresiasi mereka, kamu bisa mempromosikan usahanya melalu media sosial.

Siapkan alternatif

Siapkan alternatif
Siapkan alternatif agar mendekati acara digelar tidak pusing. Photo by Pexels

Terkadang meski sudah menentukan segala persiapan untuk acara pernikahan seperti venue, dekorasi, dan katering, tidak jarang terjadi hal-hal yang diluar perkiraan. Untuk itu, sebaiknya kamu mempersiapkan banyak alternatif agar tidak terlalu repot saat salah satu hal itu tiba-tiba terjadi suatu kendala. Selain mengurangi kepanikan, dengan mempersiapkan dari jauh-jauh hari maka biaya yang dikeluarkan tidaklah besar dan bisa menyesuaikan dengan budget yang ada.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Pernikahan agar Sesuai Budget

Persiapkan seserahan sejak awal

Siapkan seserahan sejak awal
Seserahan dipersiapkan sejak awal agar tidak membebani nantinya. Photo by Rawpixel

Seserahan merupakan salah satu bagian penting dari pernikahan. Seserahan biasanya terdiri dari barang-barang yang diperlukan oleh pengantin wanita, seperti perlengkapan ibadah dan kosmetik. Meski begitu, seserahan bisa dikatakan lumayan menguras dompet karena barang yang diberikan tentu harus berkualitas.

Namun, untuk menekan biaya pengeluaran itu, kamu bisa cari informasi atau tips berbelanja agar bisa mendapatkan produk dengan kualitas bagus dan harga lebih murah. Hal itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan promo atau potongan harga pada momen-momen tertentu.

Punya bisnis sampingan

Bisnis sampingan
Bisnis sampingan bisa menambah pemasukan. Photo by Pixabay

Jika kamu memiliki waktu luang, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk membangun bisnis sampingan agar pemasukan bisa bertambah. Bisnis sampingan yang kamu pilih misalnya jualan produk di toko online atau bisa menjadi seorang reseller.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang freelancer jika memiliki kemampuan atau skill yang cukup. Misalnya kamu jago dalam hal desain, kamu bisas menjadi seorang freelance designer.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu mempersiapkan pernikahan dalam waktu kurang lebih satu tahun. Memang, pesta pernikahan hanya digelar antara satu atau dua hari. Tapi, membutuhkan persiapan yang sangat lama, bisa sampai berbulan-bulan. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu bekerja keras terlebih dahulu agar bisa menikmati momen perayaannya nanti.

You may also like...

Leave a Reply