Begini Cara-Cara Menghasilkan Uang dari Playstore

Tampilan google play store
Begini Cara-Cara Menghasilkan Uang dari Playstore. Photo by @mbaumi
Waktu baca: 4 menit

Cara menghasilkan uang dari playstore memanglah jadi daya tarik teknologi informasi saat ini di mata orang banyak. Kondisi itu karena aplikasi seluler hampir semua industri menggunakannya. Perusahaan ataupun perorangan bisa hasilkan uang dengan aplikasi seluler lewat berbagai macam cara.

Saat aplikasimu populer, serta peringkat tinggi pada toko aplikasi, akan hasilkan yang lebih banyak. Itu terutama karena dapatkan pendapatan iklan lebih banyak serta penjualan dalam aplikasi. 

Tak heran jika banyak orang bisa secara mudah memberikan pendapat jika playstore merupakan platform aplikasi yang terkemuka sekarang ini. Playstore merupakan tempat aman bagi para pengguna Android untuk dapatkan aplikasi. 

Sekarang, pasti kamu ingin ketahui cara mendapatkan uang dari platform playstore. Maka dari itu, lihat beberapa caranya di bawah ini!

10 Cara Menghasilkan uang dari Playstore

  1. Menjual Aplikasi

Cara tercepat untuk berikan dampak menghasilkan uang dari playstore adalah menjual aplikasi buatanmu. Walaupun begitu, jika ingin pengguna lebih memilih aplikasi yang berbayar dibandingkan aplikasi gratis, kamu perlu untuk tawarkan layanan jauh lebih baik pada aplikasi berbayar daripada di aplikasi yang gratis. 

Jika bisa membuat pengguna lebih suka aplikasi berbayar, maka kamu telah temukan cara tercepat untuk hasilkan yang dari aplikasi selain menjualnya. Namun faktanya, tak mudah berhasil dengan aplikasi berbayar. Kamu perlu untuk targetkan pasar yang spesifik sekali serta berikan solusi yang terbaik di sana. 

Jika kamu tak bisa selesaikan masalah yang spesifik sekali dari audiens target, serta melakukannya dengan cara paling baik dibandingkan orang lain coba, pengguna tak akan pilih aplikasimu. Tentang karakter konsumen aplikasi, mungkin juga baik untuk kamu ketahui jika pengguna iOS lebih cenderung beli aplikasi berbayar daripada pengguna Android.

Jadi, jika kamu ingin coba aplikasi berbayar menjadi cara hasilkan uang dari playstore, mungkin beralih ke appstore adalah ide bagus. 

  1. Lakukan In-App Purchase

Cara dapatkan uang dari playstore yang selanjutnya adalah melakukan In-App Purchase. In-App Purchase merupakan penjualan produk digital kepada penggunanya dari sebuah aplikasi. Maksudnya, pemilik aplikasi menjual sejumlah produk digital untuk sokong pengguna dalam jalankan aplikasi tersebut.

Contohnya aplikasi game. Mayoritas pengembang atau developer aplikasi game, akan jual berbagai jenis equipment dibutuhkan penggunanya untuk memainkan game tersebut. Misalnya senjata, karakter di dalam gema, pakaian. Bahkan pengembang pun menjual kenaikan level sebuah game. Itulah yang dinamakan dengan In-App Purchase. 

Harga dipatok untuk penjualan dari produk digital itu biasanya bervariasi. Mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Biasanya murah ataupun mahalnya produk digital ditentukan dari kelangkaan serta kebermanfaatan produk itu dalam sebuah permainan. 

Hal ini jadi ladang uang untuk kamu, karena tak jarang orang yang sudah kecanduan game, rela keluarkan kocek dalam. Mereka akan terus beli equipment dibutuhkan untuk memenangkan permainan. 

  1. Melakukan In-App Advertising

Terapkan In-App Advertising merupakan cara pengembang di dalam hasilkan yang dari aplikasi gratis yang dibuatnya di playstore. Dengan iklan terpasang di aplikasi, maka kamu bisa dapatkan sejumlah uang tambahan dari Google Adsense. Namun ketika menampilkan iklan, kamu harus pastikan para pengguna tak terganggu dengan adanya iklan itu. 

  1. Sponsorship

Bagi para pengembang aplikasi, kamu bisa dapatkan uang dari bentuk kerja sama dengan perusahaan yang ingin promosikan bisnis. Kerja sama ini biasanya dalam bentuk memunculkan karakter, gambar, logo, atau elemen-elemen grafis yang ada di aplikasi. 

Para pengembang nantinya akan dapat bayaran sesuai perjanjian selama kerja sama atau kampanye berlangsung. Bentuk sponsorship dapat dikatakan sebagai kerja sama di dalam bentuk pembiayaan pihak ketiga untuk pembuatan aplikasi. 

  1. Sediakan Sistem Subscription Aplikasi

Cara hasilkan uang dari playstore lainnya adalah dengan sediakan sistem subscription. Misalnya, ketika sedang mengunduh perangkat lunak edit foto, lalu aplikasi tersebut memberikan pilihan untukmu, kamu bisa akses fitur premium dengan cara berlangganan secara bulanan atau bayar beberapa biaya tertentu. 

Selain akan dapatkan akses lebih, para pengguna yang akan berlangganan subscription pun bisa memakai aplikasi tanpa harus terganggu adanya iklan. Jika sebuah aplikasi terasa bagus serta bermanfaat, maka pengguna-penggunanya akan rela untuk keluarkan uang. 

  1. Jual Stok Foto

Cara hasilkan uang dari playstore yang bisa selanjutnya kamu coba adalah dengan jual stok foto. Jika kamu memiliki hobi fotografi, tak ada salahnya coba keberuntungan dengan cara satu ini. Ada sejumlah aplikasi untuk jual stok foto, seperti Shutterstock Contributor, Contributor by Getty Images, dan lain sebagainya. 

Foto yang kamu hasilkan pastinya harus yang berkualitas dengan resolusi baik. Manfaatkan kamera yang kamu punya untuk ambil foto, lalu bisa edit sedikit supaya semakin menarik.

Terapkan pengetahuan teknik fotografi agar gambar dihasilkan menjadi lebih berkualitas. Sebab, foto-foto kamu hasilkan nanti akan dibeli pihak yang lain untuk berbagai macam kebutuhan. 

Baca juga: Menghasilkan Cuan dari Shutterstock

  1. Memakai Aplikasi Penghasil Uang

Jika kurang tertarik dengan cara-cara di atas, kamu bisa coba pilihan lain untuk dapatkan uang dari playstore. Salah satu caranya, dengan memakai aplikasi penghasil uang yang dapat diunduh pada playstore.

Pastinya, kamu tak akan bisa dapatkan uang hanya dengan mengunduh aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut mempunyai misi harus diselesaikan para penggunanya untuk mendapatkan poin. Poin itu yang nantinya akan dapat ditukarkan dengan yang jika sudah terkumpul. 

  1. Isi Survey Online Melalui Aplikasi

Ada banyak sekali cara hasilkan uang dari playstore. Selain memakai aplikasi penghasil uang, kamu pun bisa isi survey online melalui aplikasi yang bisa diunduh di playstore. Untuk yang ingin dapatkan keuangan tambahan, maka cara ini harus kamu lakukan sambil isi waktu luang. 

Umumnya, tiap perusahaan memerlukan opini dari masyarakat mengenai produknya supaya dapat lakukan inovasi. Nah, survei ini dipakai untuk himpun opini dari masyarakat luas untuk beragam kebutuhan.

Beberapa di antaranya bahkan rela bayar dengan jumlah tertentu agar mau untuk isi survey. Sejumlah contoh dari survey online yang bisa kamu coba seperti Google Opinion Rewards, YouGov, Swagbucks, dan lain sebagainya.

  1. Main Game Menghasilkan Uang

Mendapatkan uang hanya dengan main game adalah impian bagi orang banyak. Hal ini pastinya jadi impian orang-orang, apalagi anak muda penggemar game. Setiap gamer profesional bisa dapatkan yang dari ikuti ajang kompetisi main game di dalamnya berhadiah sampai jutaan rupiah. 

  1. Hasilkan Uang Lewat Media Sosial

Kamu bisa memakai media sosial sebagai cara hasilkan uang dari playstore. Sejumlah aplikasi media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan sejenisnya bisa kamu jadikan ladang untuk hasilkan uang. Kamu bisa melakukan banyak cara, seperti menjadi selebgram, mulai jualan online, content creator, influencer, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah beberapa cara menghasilkan uang dari playstore yang bisa dicoba olehmu. Semoga bermanfaat. 

Artikel Lainnya