Cara Mengakali Mahalnya Biaya Pernikahan Agar Nikah Tahun Ini

menghemat biaya pernikahan
Waktu baca: 3 menit

Biaya pernikahan belum mencukupi memang sering menjadi masalah tersendiri. Hal ini harus diakali bukan dibatalkan. Niat yang baik pasti ada solusi yang baik pula. Terlebih untuk menciptakan sebuah pesta pernikahan yang berkesan tidak harus mengeluarkan biaya yang mengesankan juga. Banyak hal yang bisa kamu akali supaya biaya pernikahan masih bisa memasuki akal. Apa saja yang bisa kamu akali untuk lebih hemat? Simak ulasannya di bawah ini: 

Cetak Undangan Sekarang Sudah Tidak Zaman, Kamu Bisa Cetak Undangan Online

Bila di lingkunganmu masih menggunakan undangan fisik, maka kamu harus tampil beda. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang sudah pesat seperti sekarang ini, menyebarkan undangan online lebih mudah bukan? Dengan undangan online ini kamu bisa menghemat biaya pernikahan. Kamu bisa mengirimkan orang-orang akan diundang dengan undangan berupa video atau berupa softcopy undanganmu. Namun tetap saja, untuk beberapa orang yang dihormati, kamu masih perlu menggunakan undangan fisik.

Menghemat Biaya Pernikahan dengan Undang Orang-Orang Terdekat Saja

Pernikahan yang berkesan tidak perlu menghadirkan orang yang sekiranya tidak kamu kenal. Hal ini justru akan membuat kamu merasa asing dengan pernikahan kamu sendiri. Undanglah keluarga dan kerabat dekat saja, hal ini akan membuat pernikahanmu lebih berkesan. Oh, kamu pun bisa mengundang teman-teman terdekatmu. Mereka tentu tidak ingin melewatkan momen pernikahanmu, bukan?

mengundang kerabat terdekat untuk pesta pernikahan
Mengundang kerabat terdekat membuat biaya pernikahan lebih murah via @alelmes

Kamu Bisa Meminta Bantuan Pada Teman ataupun Kerabatmu

Apabila ada kerabat atau teman yang memiliki keterampilan tertentu, misalnya salah satu teman kamu jago desain, maka mintalah bantuannya untuk mendesain undangan pernikahanmu. Atau, bila ada teman yang memiliki kemampuan dalam makeup atau fotografi, maka kamu bisa meminta bantuan mereka. Tak hanya mendapatkan harga teman, kamu juga akan lebih nyaman karena vendor pernikahan kamu adalah temanmu sendiri.

Kurangi Biaya Souvenir

Souvenir pernikahan kini menjadi salah satu simbol yang harus diperhatikan dengan seksama dalam sebuah pernikahan. Biaya pernikahan yang dibutuhkan untuk sebuah souvenir tentu tidak murah. Hal ini membuat kamu harus berpikir ulang untuk membuat souvenir. Pilihlah souvenir pernikahan yang bermanfaat namun harganya terjangkau. Kamu bisa membuatnya sendiri juga.

Memilih Waktu dan Hari yang Tepat untuk Pesta Pernikahan

Waktu yang paling tepat untuk menyelenggarakan pesta pernikahan adalah hari kerja. Hal ini karena pada hari kerja, biaya pernikahan yang bisa kamu pangkas cukup signifikan, terutama dalam sewa gedung. Sebab biasanya, sewa gedung di hari biasa lebih murah dibandingkan hari-hari libur.

Seragam Tidak Perlu Sama Persis untuk Menghemat Biaya Pernikahan

Bukankah saat satu keluarga memiliki seragam yang sama akan tampak sangat kompak, rapi dan lucu? Namun bila hal ini membutuhkan banyak biaya pernikahan, lebih baik tidak dilakukan. Untuk tampil kompak tidak perlu model seragam yang sama. Kamu bisa menentukan tema pernikahanmu dan meminta keluarga menggunakan warna yang sama dengan tema pernikahan kamu.

menghemat biaya pernikahan dengan pilihan gaun pernikahan
Seragam gak perlu sampai seragam, yang penting hati ini seragam via @sweeticecreamwedding

Venue Sederhana Sudah Cukup untuk Membuat Pernikahan yang Berkesan

Anda tentu sudah tahu bila pengeluaran besar biaya pernikahan terletak ada sewa gedung. Namun hal ini bisa kamu akali dengan venue yang sederhana saja. Kamu bisa menciptakan pernikahan yang berkesan hanya dengan memilih venue yang murah, seperti hutan pinus, side pool, kebun bunga dan lainnya. Yang terpenting, lokasi pernikahan yang kamu pilih itu aman, nyaman, dan memiliki akses yang mudah.  

Baca juga: Pengantin Baru, Kelola Angpao Pernikahan Kamu Dengan 5 Tips Ini

Mengakali suatu hal supaya mengeluarkan biaya yang lebih murah memang butuh pemikiran yang mendalam. Terlebih pernikahan merupakan awal untuk melanjutkan kehidupan. Untuk itu, pernikahan juga bisa menjadi sebuah awal untuk sebuah keputusan baru. Untuk hidup lebih baik ke depannya, kamu dan pasangan bisa merencanakan sebuah investasi ataupun asuransi jangka panjang yang bisa membuat hidup kamu dan pasangan terjamin.

You may also like...

Leave a Reply