Keuntungan dan Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Gadai sertifikat rumah di Pegadaian
Keuntungan dan Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Saat kamu membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan mendadak dapat mencari solusi terbaik. Salah satu caranya dengan gadai sertifikat rumah di Pegadaian. 

Pegadaian memberi banyak keuntungan dengan cara mudah guna mendapatkan uang dengan cepat karena terdesak kebutuhan. Namun, untuk melakukannya perlu tahu cara dan syarat yang harus disiapkan terlebih dahulu.

Keuntungan Menjaminkan Sertifikat Rumah di Pegadaian

Pegadaian merupakan anak perusahaan BRI (Bank Rakyat Indonesia) yang bergerak di bidang emas, pembiayaan dan aneka jasa. Di Pegadaian kamu dapat melakukan gadai barang atau bentuk sertifikat untuk ditukar dengan uang.

Jika kamu belum memiliki pengalaman yang berhubungan dengan Pegadaian lebih baik mengetahui keuntungan menjaminkan sertifikat ini. 

1. Terpercaya

Pegadaian adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang telah berdiri selama puluhan tahun. Kredibilitasnya tak perlu diragukan lagi. Sistem yang digunakan sangat mumpuni dan tidak perlu takut tertipu.

2. Bunga Ringan

Keuntungan gadai sertifikat rumah pegadaian berikutnya adalah bunga relatif ringan dan terjangkau.

4. Akurat 

Pegadaian memiliki aturan dalam pengukuran nilai barang atau sertifikat. Dengan demikian tak  perlu salah hitung dengan sistem yang telah ada.

5. Dana Cepat Cair

Selain itu pencairan dana lebih cepat sehingga kamu dapat menggunakannya saat membutuhkan.

Keuntungan yang ada memberikan kemudahan bagi kamu yang mendapatkan dana cepat. Masalah yang dihadapi akan teratasi dengan baik karena Pegadaian memberikan layanan praktis sehingga memudahkan pihak terkait.

Baca juga: Memahami Lebih Dalam Tentang Pinjaman Menggunakan Agunan

Risiko Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Ada keuntungan tentunya ada resiko yang perlu diketahui Ketika kamu memutuskan melakukan gadai sertifikat rumah syariah ini, perlu diperhatikan resiko yang bisa terjadi, antara lain:

1. Kerja Keras Mengembalikan

Resiko pertama tentunya kamu harus bekerja keras dapat mengembalikan uang yang diperoleh dari pegadaian. Jika hanya ada tanggungan di satu tempat saja tidak masalah, tapi jika masih ada tanggungan lain, ini dapat menciptakan stres mencari tambahan penghasilan.

2. Tak Mampu Mengembalikan

Resiko berikutnya tak mampu memenuhi keuangan yang telah disepakati. Akhirnya sertifikat tidak dapat ditarik kembali karena tidak mampu membayar dana yang telah dipinjamkan.

3. Dana yang Didapat Sedikit

Tentunya dana yang didapatkan tergantung dari tingkat nilai harga dari sertifikat itu sendiri. Sebelumnya Pegadaian akan melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan harga dan kemudian dana yang dapat dicairkan.

Untuk itu perlu kehati-hatian dan perhitungan ketika memutuskan untuk gadai sertifikat di Pegadaian. Apa yang dilakukan dapat ditangani dengan baik dan sertifikat dapat kamu tarik kembali setelah mampu mengembalikan uangnya.

Adapun cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian melalui beberapa tahap, yaitu:

  • Mendatangi kantor Pegadaian terdekat dan jangan lupa sekalian membawa dokumen yang dibutuhkan seperti syarat di atas.
  • Mengisi formulir secara lengkap dan benar.
  • Pihak Pegadaian menentukan nilai jumlah rumah. Jika gadai sertifikat rumah tanpa survey, biasanya tetap akan dilakukan survey terlebih dahulu.  
  • Apabila pengajuan disetujui dana akan cair dalam jangka waktu 1-5 hari.
  • Dana tersebut dapat tunai atau memilih untuk ditransfer ke nomor rekening milik kamu.

Apakah pengajuan ini dapat tanpa survey, tetap saja biasanya dilakukan survey. Hal itu untuk menentukan keakuratan dan pihak Pegadaian menentukan dana yang dapat dicairkan. 

Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Apabila kebutuhan sangat mendesak dan membutuhkan pencairan dana dalam waktu singkat, kamu dapat gadai sertifikat. Adapun syarat gadai sertifikat rumah di Pegadaian agar cepat mengajukan pencairan dana adalah sebagai berikut:

1. WNI

Syarat utama adalah WNI atau Warga Negara Indonesia. Dengan demikian warga negara asing tidak dapat melakukan ajuan gadai di Pegadaian.

2. KTP

Syarat gadai yang dibutuhkan berikutnya adalah fotokopi KTP. Pastikan nama dan data sama dengan Kartu Keluarga.

3. Kartu Keluarga

Kartu Keluarga atau KK dibutuhkan dalam bentuk fotokopi dan pastikan data terbaru dari KK yang dipergunakan, ya.

4. Surat Nikah

Fotokopi surat nikah perlu kamu siapkan jika telah menikah.

5. Surat Keterangan Domisili

Sertakan pula surat keterangan domisili jika kamu domisili di daerah lain yang berbeda dengan alamat KTP.

6. IMB

Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan atau IMB perlu kamu siapkan juga untuk kelengkapan dokumennya.

7. Fotokopi PBB

Pajak Bumi dan Bangunan disiapkan fotokopinya.

8. SKU

SKU merupakan Surat Keterangan Usaha yang harus kamu siapkan guna kelengkapan dokumen ini.

9. Sertifikat Asli

Sertifikat asli menjadi penting karena akan disimpan di Pegadaian.

Jika dokumen dan syarat di atas terpenuhi dapat melakukan gadai sertifikat rumah. Dokumen lengkap akan memudahkan pihak Pegadaian melakukan proses pencairan dana lebih cepat. 

Tentu dana cair setelah diterima pengajuannya. Perlu diingat, jangan sampai sertifikat yang diajukan atas nama orang lain. 

Tips Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian Diterima

Apabila belum pengalaman gadai sertifikat rumah di Pegadaian perlu mengetahui tips supaya pengajuan diterima. Tips ini penting agar Pegadaian dapat memprosesnya dengan cepat dan lancar.

Beberapa tips yang perlu kamu ketahui dapat cek lengkap di bawah ini.

1. Dokumen Lengkap

Salah satu tips utama yang perlu kamu penuhi adalah kelengkapan dokumen. Sebagai surat yang bisa digadaikan di Pegadaian harus terpenuhi agar proses cepat dan dana lebih mudah dicairkan.

Sayang juga rasanya kalau sudah repot mengurus kelengkapan dokumen, ternyata ada yang tertinggal atau namanya tidak sesuai dengan nama kamu. Tentu hal ini menjadi hambatan dan pulang dari tempat gadai tanpa menghasilkan sesuatu.

2. Nominal Pinjaman

Berapa nominal dari yang diharapkan dari Pegadaian tetap diperhitungkan dengan sertifikat tanah yang akan diajukan. Jangan sampai nominalnya terlalu tinggi sehingga pihak Pegadaian tidak menerima ajuan gadai.

Meskipun Pegadaian mengatasi masalah untuk mendapatkan cairan dana secara cepat, kamu tetap harus menyesuaikannya. Dengan jumlah nominal yang sesuai kemungkinan diterima lebih besar.

3. Penghasilan

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jumlah penghasilan bulanan atau harian. Jika kamu mendapatkan penghasilan harian, kalikan atau rerata dalam satu bulan. Dari total penghasilan sebulan ini dapat melihat sejauh mana kemampuan untuk mengangsurnya.

Tips di atas dapat dilakukan agar Pegadaian menerima ajuan gadai sertifikat rumah yang diinginkan. Meski belum pengalaman, dengan mengetahui tips-nya kemungkinan besar Pegadaian memberikan acc dan dana cair dengan  cepat.

Selain itu perlu jujur ke pihak Pegadaian akan kebutuhan dana yang diinginkan. Tidak perlu malu bilang apa adanya jika dana dipergunakan untuk biaya sekolah anak, menambah modal usaha atau kebutuhan lain.Dengan tahu cara, syarat dan tips gadai sertifikat rumah di pegadaian, dana yang dibutuhkan cair dengan cepat. Masalah keuangan yang dihadapi dapat teratasi dengan baik.

Artikel Lainnya