Bisnis Bareng Pasangan? Kenapa Enggak!

Bisnis bersama pasangan
Waktu baca: 2 menit

Banyak banget diantara kita yang ragu untuk bisnis bareng pasangan. Baik itu pacar, maupun suami ataupun istri sendiri. Bukan apa-apa membagi antara profesionalitas dan pribadi itu sulit lho. Eits, sulit jika kamu tidak memahami batas-batasannya. Semua akan mudah jika kamu menjalani tips-tips di bawah ini. Yuk jangan ragu bisnis bareng pasangan!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Bisnis Bareng Pasangan

Buat Komitmen

Hal utama dalam bisnis adalah komitmen. Meskipun kamu dan pasangan sudah saling percaya satu sama lain, soal bisnis ya bisnis. Kamu dan pasangan juga harus memiliki komitmen. Bisnis adalah hal yang serius dengan jangka waktu yang nggak sebentar. Agar hasil dari bisnismu maksimal, komitlah bersama pasanganmu untuk menjalani bisnis ini secara profesional. Komitmen ini termasuk dalam hal membuat pembagian tugas/kerja masing-masing. Kamu sudah mengetahui kelemahan dan kekurangan pasanganmu bukan? Nah, mulailah membuat job desk sesuai kemampuan pasangan.

Surat Perjanjian

Bukan apa-apa nih ya Teman Klik, meskipun kamu sudah menjalin hubungan sejak lama dan memutuskan untuk berbisnis, ya kembali lagi, bisnis ya bisnis. Surat perjanjian mesti kamu buat lho! Dalam bisnis memerlukan kesepakatan tertentu, seperti kesepakatan pembagian hasil dan lain sebagainya. Kamu harus benar-benar membaginya secara fair meskipun dengan pasanganmu sendiri.

Nah, jika kamu terlambat membuat surat perjanjian, bisa-bisa bisnismu bermasalah, hubungan percintaan pun bermasalah. Nggak banget kan ya! Yuk buruan deh dipikirkan perihal surat perjanjian ini.

Nggak ragu bisnis bareng pasangan via lead-better.com.au

Pembagian Tugas

Seperti yang telah tim KlikCair singgung di atas, ketika kamu sudah komitmen dan membuat surat perjanjian, mulailah membuat pembagian tugas sesuai passion masing-masing. Pembagian tugas ini harus jelas dan benar-benar mematuhi date of the time ya! Ya, hal ini berguna agar kalian saling menghargai satu sama lain dan juga bertanggung jawab atas amanah yang telah kalian emban.

Baca juga : 6 Cara Mengola Keuangan untuk Pengantin Baru

Transparan

Jika kamu memilih untuk menjalankan bisnis bersama pasangan, hal selanjutnya yang harus kamu terapkan adalah benar-benar terbuka atau transparan. Baik itu soal pemasukan dalam bisnis maupun kerugian dalam bisnis. Biasanya nih soal mengatur keuangan bisnis dijalani oleh pihak perempuan. Nah kamu jangan menutup-nutupi hasil yang telah didapatkan oleh bisnis kalian ya!

Profesional

Poin ini juga telah tim KlikCair singgung di atas. Walaupun kamu dan pasangan memiliki ikatan khusus, namun soal berbisnis kalian tetap harus profesional lho! Akan banyak rintangan dalam bisnis. Soal naik turun sudah pasti kalian temui, nah biasanya mood akan berubah nih. Kamu tidak boleh melewati batas profesionalmu ya! Pisahkanlah masalah pribadi dengan masalah bisnis. Biasanya beberapa pasangan akan sulit melewati ini. Namun, disitulah tingkat profesionalitas dan kekompakkanmu diuji.

Nah, jika kamu bisa menyeimbangkan keduanya, bisnis yang dijalankan akan berhasil. Sebaliknya, jika kamu tidak bisa bersikap profesional, maka hubungan bisnis serta hubungan kalian pun akan memburuk. So, semua hal poin-poin di atas harus saling berkontribusi ya Teman Klik. Kira-kira sudah siapkah kamu bisnis bareng pasangan?

You may also like...

Leave a Reply