10 Cara Jitu Menabung Harian yang Harus Ditiru Agar Keuanganmu Aman

Ilustrasi menabung harian
10 Cara Jitu Menabung Harian yang Harus Ditiru Agar Keuanganmu Aman. Photo by @spanic
Waktu baca: 3 menit

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menabung. Ada yang menabung secara harian, mingguan, ataupun bulanan. “Perlahan namun pasti” mungkin istilah ini bisa kamu gunakan saat ingin menabung harian. Bagi kamu yang merasa bahwa menabung secara bulanan terasa sulit, kamu bisa mencoba menabung secara harian. Memang menabung secara harian terasa sedikt, namun kalau dilakukan secara konsisten tetap membuahkan hasil yang lumayan lho!

Selain itu, kelebihan dari menabung harian kamu tidak akan terasa berat menyisihkan dana untuk ditabung. Karena biasanya dana yang disisihkan tiap harinya bukan jumlah yang banyak. Tapi sebagai pemula, harus mulai darimana dulu ya? Berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan saat kamu berancana untuk menabung secara harian.

Baca Juga: Gaji 1 juta Bukan Alasan untuk Tidak Menabung

10 Tips Menabung Harian

ilustrasi menabung harian.
Tips menabung harian Photo by Pexels
  • Tentukan Apa Tujuan Kamu Menabung

Menentukan tujuan kamu menabung bisa menjadi motivasi kamu lho! Apakah kamu menabung untuk mengejar suatu target atau kamu menabung demi kestabilitasan keuangan di masa depan. Saat kamu mengetahui apa tujuan utama kamu menabung, tentunya akan menjadi doronganmu untuk lebih giat menabung. Tidak hanya itu, kamu akan lebih konsisten untuk kedepannya.

  • Memulai Menabung dengan Nominal Kecil

Salah satu keuntungan menabung harian adalah nominalnya yang kecil. Kamu tidak akan merasa berat menyisihkan dana untuk kamu tabung. Kamu bisa memulainya dengan nominal sekecil apapun sesuai dengan kemampuanmu.

  • Tentukan Dimana Tempat Menabung

Karena kamu berencana menabung harian, tentunya akan terasa repot jika harus menaruh uangmu di bank setiap harinya. Kamu bisa menentukan tempat menabung yang memudahkan kamu untuk menyimpan danamu tiap harinya. Kamu bisa menggunakan celengan, ataupun dompet khusus untuk menyimpan tabungan harianmu.

  • Menyimpan Wadah Tempat Menabung dengan Aman

Pastikan kamu menyimpan tabunganmu di tempat yang aman. Walaupun kamu sudah mengumpulkan uang tabunganmu setiap hari di celengan ataupun di dompet, pastikan tempat tersebut aman. Sebagai refrensi, kamu bisa menaruh celengan di dalam lemari yang dapat kamu kunci.

  • Memindahkan Tabungan ke Rekening

Mungkin terasa sedikit repot jika kamu memasukan uang tabunganmu setiap hari ke bank. Namun di sisi lain terasa tidak aman jika uang tabunganmu tidak kamu simpan ke dalam rekeningmu. Agar tidak terasa repot namun tetap aman, kamu dapat memindahkan hasil uang tabungan harianmu ke dalam rekening selama seminggu sekali ataupun sebulan sekali.

  • Mengatur Gaya Hidup

Gaya hidup kamu sangat berdampak dengan pengeluaran keuanganmu setiap harinya. Disaat kamu memiliki tekad untuk menabung setiap hari, gaya hidup kamu harus juga diatur. Pastikan gaya hidupmu tidak melebihi pendapatanmu. Jika gaya hidup mu teratur dan sesuai dengan pendapatan yang kamu peroleh, tentunya menyisihkan uang setiap hari untuk di tabung tidak akan terasa berat.

  • Mengurangi Belanja Hal yang Tidak Dibutuhkan

Mengatur mindset untuk tidak berbelanja barang yang tidak dibutuhkan dapat memperlancar proses kamu menabung. Mulailah untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Coba kamu bayangkan, bahwa sebenarnya dana yang kamu keluarkan untuk belanjaan yang tidak kamu butuhkan bisa kamu tabung saja.

  • Mulai Meningkatkan Nominalnya

Saat kamu sudah mulai konsisten untuk menabung tiap harinya, saatnya mengembangkan tabunganmu. Kamu dapat memulainya dengan meningkatkan nominalnya. Tidak perlu drastis meningkatkannya ke angka yang besar. Kamu bisa memulainya secara bertahap.

  • Memanfaatkan Potongan Harga

Memanfaatkan potongan harga saat berbelanja dapat menjadi “life hack” saat menabung. Tentunya pengeluaran kamu menjadi lebih sedikit dari biasanya. Banyak potongan-potongan harga yang ditawarkan. Cara-cara potongan harga juga sangat beragam. Ada yang memberikan discount, cashback, ataupun sistem buy one get one. Aneka program potongan harga ini tentunya memberikan kamu keuntungan.

  • Tidak Berhutang

Salah satu hambatan terbesar saat kamu mencoba menabung adalah berhutang. Tentunya akan sulit bagimu untuk menabung jika kamu terlilit hutang. Penggunaan kartu kredit juga sebaiknya kamu hindari. Disaat kamu tidak dapat membayar tagihan kartu kreditmu, tentunya akan berdampak dengan proses kamu menabung.

Menabung setiap hari bisa menjadi opsi kamu untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Langkah-langkahnya pun juga tidak sulit untuk dijalani. Memang tidak mudah juga pada awalnya, tapi bukan menjadi alasan kamu untuk tidak mencoba tips menabung harian ini ya!

Artikel Lainnya