Gaji 1 juta Bukan Alasan untuk Tidak Menabung

Seorang sedang menghitung menggunakan kalkulator
Gaji 1 juta Bukan Alasan untuk Tidak Menabung. Photo by @towfiqu999999
Waktu baca: 3 menit

Duh, susah banget deh buat nabung”, “Mustahil banget mau nabung, gaji aja cuman 1 juta”, “Gimana mau nabung, gaji perbulan aja sudah habis buat kebutuhan sehari-hari”, “Kira-kira gimana ya mengatur keuangannya biar bisa nabung disaat penghasilan hanya 1 juta”.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin sering terngiang-ngiang di kepalamu. Ingin menabung cuman dilema karena gaji sangat “nge-pas” buat kebutuhan sehari-hari. Tapi kamu tahu tidak bahwa sebenarnya kamu bisa tetap menabung. Penghasilan yang tidak besar bukan hambatan kamu untuk bisa menabung lho!  Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan agar dapat menabung dengan gaji 1 juta perbulan.

Baca Juga: Latihan Ini Bisa Kamu Pakai Sebagai Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Menabung

  • Gaya Hidup Sesuai Penghasilan
Gaya hidup tidak sesuai budget.
Gaya hidup sesuai penghasilan. Photo by @freestocks

Gaya hidup menjadi aspek yang paling berpengaruh dalam pengeluaran keuangan. Tidak baik jika pengeluaran untuk gaya hidupmu melebihi dari penghasilan yang kamu peroleh. Jika kamu berpenghasilan 1 juta perbulan, usahakan pengeluaranmu sehari-hari sesuai dengan kapasitas.

Memang terasa sulit untuk mengubah gaya hidup. Apalagi harus menghilangkan kebiasaan-kebiasaan harianmu. Sebenarnya banyak hal yang tidak perlu kamu hilangkan. Daripada menghilangkannya, kamu bisa mengubahnya dengan opsi yang lebih terjangkau.

Misalkan kamu suka membeli kopi di kedai kopi, kamu bisa mengantinya dengan membeli kopi sachet dan menyedu nya dirumah. Tentunya perbedaan harga antara kopi di kedai kopi dengan kamu menyedu sendiri dirumah sangatlah jauh. Disisi lain kamu tetap bisa menikmati kopi setiap harinya. Pengeluaran kamu juga tidak akan terlalu besar.

  • Mempunyai Catatan Keuangan
Setumpuk uang kertas dan handphone
Melakukan pencatatan keuangan. Photo by Pixabay

Berpenghasilan besar maupun kecil, memiliki catatan keuangan merupakan hal yang penting. Saat kamu memiliki catatan keuangan, kamu tahu dana kamu di alokasikan kemana saja. Apakah pengeluaranmu bulan ini melebihi budget? Atau ada penggunaan dana yang tidak terduga? Dan sebagainya.

Catatan keuangan bisa menjadi landasan untuk memperbaiki sistem manajemen keuanganmu. Jika bulan ini kamu banyak pengeluaran diluar budget bulanan, kamu bisa memperbaiki manajemen keuanganmu untuk bulan depan.

  • Memisahkan Rekening Tabungan Dengan Rekening Dana Harian
Buku rekening dan kalkulator
Memisahkan rekening tabungan dengan rekening harian. Photo by Pixabay

Memisahkan rekening khusus untuk tabungan dengan rekening dana harianmu menjadi langkah yang baik untuk menabung. Kamu bisa memasukan beberapa persen dari gaji bulananmu ke rekening khusus. Rekening khusus tabungan tidak akan tercampur dengan dana harianmu. Maka potensi untuk terpakainya dana tabunganmu menjadi lebih kecil.

  • Membeli Sesuatu sesuai Kebutuhan bukan Keinginan
Keranjang belanja.
Beli barang sesuai kebutuhan. Photo by Pexels

Hindari membeli sesuatu yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Jika barang yang kamu beli hanya sesuai dengan keinginan bukan kebutuhan, tentunya akan membuang uangmu dengan sia-sia.

Bahkan saat kamu membeli barang sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa berperan sebagai discount hunter. Saat ini banyak barang-barang sesuai kebutuhanmu yang menawarkan potongan harga. Baik belanja online ataupun langsung ke toko secara langsung. Berbelanja saat ada potongan harga juga dapat menjadi celah untuk kamu lebih hemat.

  • Berinvestasi
Investasi tanah.
Berinvestasi. Photo by Republika

Tentunya kamu tidak hanya tinggal diam kan? Kamu pasti ingin mengembangkan dana yang kamu punya. Walaupun keuntungannya tidak instan, namun berinvestasi masih bisa jadi hal yang kamu andalkan. Berinvestasi baik untuk jangka waktu yang panjang.

Kamu dapat menginvestasikan dana tabungan milikmu untuk diinvestasikan. Pilihlah instrumen investasi yang sesuai denganmu. Dengan berinvestasi, tabungan yang kamu miliki akan berkembang.

Banyak cara untuk menabung. Walaupun memiliki penghasilan 1 juta perbulan, kamu tetap bisa menyisihkan gajimu untuk ditabung. Memiliki kontrol yang ketat akan dirimu sendiri menjadi kunci kamu dapat menabung.

Selamat mencoba cara menabung gaji 1 juta!

Artikel Lainnya